Wisata

Daya tarik Keraton Kanoman Cirebon

Liburan menyenangkan tidak harus selalu menghabiskan waktu mengunjungi tempat menyenangkan atau menikmati alam secara langsung. Bagi pengguna jasa travel jakarta cirebon liburan...

Written by admincideronline · 1 min read >

Liburan menyenangkan tidak harus selalu menghabiskan waktu mengunjungi tempat menyenangkan atau menikmati alam secara langsung. Bagi pengguna jasa travel jakarta cirebon liburan asyik bisa juga dilakukan dengan mengunjuni tempat yang meiliki sejarah bangsa.

keraton kanoman cirebon nalatra.com

Bila anda sedang atau berencana mengisi waktu liburan nanti, jangan lupa untuk menyempatkan waktu bekunjung ke keraton kanoman yang berada di pusat kota. Tempat ini merupakan peninggalan sejarah perjuangan indonesia dan menjadi cikal bakal terbentuknya kota cirebon seperti sekarang ini.

Tentang Keraton Kanoman

Keraton Kanoman berdiri sekitar tahun 1588 Masehi. tempat ini dibangun atas inisiasi dari cucu sunan gunung jati yang bergelar Sultan Kanoman I. Dokumentasi sajarah berdirinya keraton ini diabadikan dalam prasasti yang diletakan tepat di depan pintu Pandopa Jinem.

Secara histori keraton kanoman ini berdiri sebagai akibat dari kebijakan Ki ageung Tirtayasa yang saat itu memangku jabatan tertinggi di kesultanan banten.

Anda yang tertarik dengan benda sejarah pasti betah berada Di keraton ini, Diantara peninggalah yang paling banyak menarik perhatian pengunjung adalah Kereta kebesaran dari sunan gunung jati yang diceri nama Paksi Naga Liman.

Paksi naga liman adalah kereta kencana yang dibuat dari kayu sawo buah karya dari pangeran losari.  penyebutan nama kendaraan tersebut karena bentuk nya yang merefleksikan naga, burung dan gajah yang dipersenjatai trisula.

Anda yang belum pernah mendatangi Kraton Kanoman Cirebon silahkan arahkan kendaraan anda ke Kelurahan Pekalipan, Kecamatan Kanoman Utara, Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Dari tempat ini anda bisa sekaligus mengunjungi Kraton Kasepuhan yang hanya berjarak sekitar 600 meter saja.

Diantara peninggalan kerajaan masa lampau, Keraton Kanoman Cirebon merupakan salah satu yang masih melestarikan kebiasaan atau pakem. Tak heran seringkali ada event khusus yang diselenggarakan di tempat ini. Bila musim lebaran tiba setiap tahun pasti dilaksanakan tradisi Grebeg Syawal dan tradisi lain yang diselenggarakan sesuai dengan tanggal dan bulan tertentu.

Benda sejarah yang mungkin menjadi daya tarik utama dari Keraton kanoman Cirebon adalah hiasan dinding dari piring keramik khas tiongkok. Pada halaman keraton ada sebuah patung berbentuk harimau perlambang penguasa tanah sunda kali itu yakni Prabu Siliwangi.

Nah, itulah sekelumit tentang keraton kanoman cirebon. Semoga waktu liburan yang akan datang anda bisa singgah ditempat ini.