kesehatan

Mengenal Beberapa Macam Metode Sterilisasi Dalam Berbagai Bidang

Written by admincideronline · 1 min read >

Sterilisasi merupakan proses menghilangkan mikro organisme patogen yang berada pada satu alat atau dalam media tertentu dengan menggunakan prosedur, cara atau metode tertentu. Ada beberapa macam metode sterilisasi, yang bergantung pada benda yang disterilkan. Artikel ini akan membahas secara singkat tentang beberapa macam metode sterilisasi yang digunakan di berbagai kebutuhan.

Macam Metode Sterilisasi

Terdapat tiga macam kategori metode sterilisasi yang umum digunakan di berbagai tempat yaitu sterilisasi fisik, sterilisasi mekanik dan kimiawi. Berikut penjelasan masing – masing.

1. Sterilisasi Fisik

Metode sterilisasi fisik yaitu metode sterilisasi dengan pemanasan. Metode sterilisasi fisik sendiri terdiri dari beberapa metode lagi :

  • Metode Panas Kering

Yaitu metode sterilisasi (pemanasan) yang dilakukan dengan menggunakan panas kering. Apa yang dimaksud dengan panas kering ? Yaitu panas yang diradiasikan dari elemen pemanas di udara atau secara oksidasi. Metode ini dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut dengan sterilisator kering. Alat ini memiliki sistem kerja seperti oven.

  • Metode Panas Uap

Sama – sama menggunakan pemanasan, namun yang digunakan dalam metode ini adalah panas uap. Yakni panas yang dihasilkan dari uap air yang mendidih. Biasanya metode ini dipadukan dengan tekanan yang tinggi dalam sebuah bejana bertekanan yang disebut dengan Autoclave.

  • Radiasi Sinar UV

Metode sterilisasi fisik berikut, tidak sama dengan dua metode sebelumnya metode panas uap dan panas kering. Dalam metode ini yang digunakan adalah sinar UV yang memancar. Metode ini digunakan untuk mensterilisasi ruangan.

2. Sterilisasi Mekanik

Sterilisasi mekanik merupakan sterilisasi yang dilakukan dengan filterisasi. Metode ini digunakan untuk mensterilkan zat cair dari mikro organisme yang terdapat di dalamnya dengan menggunakan keras filter berukuran mikro (sangat kecil).

3. Sterilisasi Kimiawi

Proses sterilisasi secara kimiawi paling banyak dilakukan orang. Termasuk juga oleh kita. Saya dan anda pernah melakukannya. Paling simpel adalah mencuci tangan dengan menggunakan cairan desinfektan atau sabun anti bakteri. Intinya adalah sterilisasi ini disebut sterilisasi kimiawi karena dilakukan dengan menggunakan bahan – bahan kimia yang bersifat desinfektan dan antibakteri.

Itulah beberapa macam metode metode sterilisasi yang umum dilakukan di berbagai bidang. Seperti di rumah sakit, klinik, laboratorium, industri, perikanan dan peternakan. Sekian, hanya ini yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat !