Uncategorized

Cara Memulai Usaha Percetakan Rumahan?

Written by Ackle · 3 min read >

 

Usaha percetakan rumahan merupakan keliru satu usaha yang cukup banyak digeluti masyarakat. Tak jauh berbeda bersama dengan usaha percetakan skala besar, usaha percetakan yang dijalankan di tempat tinggal pun menawarkan keuntungan menggiurkan.

Selain itu, usaha ini pun tidak butuh banyak biaya. Hanya berbekal printer, Anda udah bisa mengawali usaha percetakan rumahan.

 

Keunggulan Usaha Percetakan Rumahan

Serupa bersama dengan usaha lainnya, usaha percetakan di tempat tinggal pun punyai sejumlah keunggulan. Bisa dibilang keistimewaan inilah yang menjadi energi tarik usaha percetakan. Adapun keistimewaan tersebut, antara lain sebagai berikut.

 

1. Mudah Dijalankan

Untuk menjalankan usaha cetak rumahan Anda tidak kudu mahir mengoperasikan aplikasi editing. Selama Anda mengetahui dasarnya, Anda tidak bakal kesulitan. Namun, bakal lebih baik jika Anda konsisten menaikkan skill editing. Dijamin, usaha yang Anda melakukan semakin berkembang pesat.

 

2. Modal Minim

Hanya bersama dengan modal di bawah sepuluh juta saja, Anda udah bisa menjalankan usaha percetakan kecil-kecilan di rumah.
Modal tersebut bisa digunakan untuk membeli alat yang dibutuhkan, layaknya komputer, printer, tinta, kertas HVS atau kertas foto, etalase, dan lainnya. Dengan alat sederhana, Anda bisa meraup potensi keuntungan yang tak terhingga. Sangat menarik, bukan?

 

3. Tidak Perlu Sewa Tempat

Tak bisa dimungkiri bahwa daerah menjadi keliru satu alasan orang mengurungkan kemauan mengawali usaha. Kebanyakan orang hanya terpaku pada daerah strategis tanpa memikirkan alternatif lain. Asalkan tempat tinggal Anda mudah diakses dan bisa dijangkau kendaraan, udah cukup. Anda pun tidak kudu mengeluarkan duwit sewa.

 

4. Banyak Pilihan

Usaha percetakan tidak hanya terbatas pada cetak dokumen saja, melainkan juga di dalam wujud lain, layaknya formulir, foto, kaos, banner, spanduk, brosur, poster, kalender, mug, percetakan buku, dan undangan. Dengan banyaknya pilihan, Anda semakin mudah untuk pilih type usaha percetakan rumahan yang paling tepat.

 

5. Pangsa Pasar Luas

Pangsa pasar usaha percetakan sangat luas. Banyak orang yang butuh jasa cetak, mulai dari dokumen, foto, undangan, poster, banner, sampai kalender. Bahkan, di sementara tertentu, seumpama kenaikan kelas, jasa cetak foto dan dokumen banyak dibutuhkan. Tak heran di sementara ini omzet meningkat pesat sampai dua kali lipat dari hari biasa.

 

6. Usaha Percetakan Rumahan Tidak Dipengaruhi Musim

Sebagaimana Anda ketahui, banyak orang yang kerap gunakan musim untuk meraup keuntungan. Setelah musim berganti, usaha pun selesai. Namun, usaha percetakan rumahan bukanlah usaha yang terpengaruh musim. Usaha ini bisa dijalankan selama setahun penuh.

ak hanya itu saja, usaha percetakan pun tergolong usaha yang tidak mudah basi. Dengan kata lain, usaha ini selalu diperlukan dan tidak dibatasi waktu. Anda pun tidak bakal merugi sebab bahan baku yang digunakan punyai era panjang.

 

 

7. Keuntungan Besar

Mengingat usaha ini tidak mudah basi dan selalu dibutuhkan, maka keuntungan yang di tawarkan pun menjadi tidak terbatas. Anda bisa mendapatkan omzet sampai jutaan di dalam sebulan. Bahkan, tak sedikit pelaku usaha percetakan di tempat tinggal yang bisa capai puluhan juta setiap bulan. Dengan catatan, Anda menjalankan usaha ini bersama dengan berkelanjutan dan melindungi kualitas.

 

Hal Penting Sebelum Memulai Usaha Percetakan Rumahan

Jika Anda tertarik dan dambakan terjun di dalam dunia bisnis, terlebih usaha percetakan, maka Anda kudu memperhatikan sejumlah hal. Adapun hal tersebut, antara lain sebagai berikut.

 

1. Jenis Jasa

Hal paling utama sebelum akan mengawali usaha percetakan rumahan adalah pilih type jasa yang bakal Anda tawarkan. Di awal usaha sebaiknya Anda berfokus pada satu atau dua type jasa yang saling berhubungan. Misalnya, jasa cetak dokumen bersama dengan cetak foto.

Usaha ini punyai keterkaitan dan tidak butuh alat pendukung lain. Singkatnya, hanya bersama dengan satu printer saja cukup.

Berbeda jika Anda membuka usaha cetak dokumen bersama dengan cetak kaos. Jika Anda pilih type usaha ini, Anda butuh printer tertentu untuk mencetak kaos.

 

Tidak kasus jika Anda punyai dana lebih, tapi bagi Anda yang terganjal dana, pilih jasa cetak yang saling perihal adalah solusi terbaik. Setelah usaha Anda berkembang pesat, Anda bisa merambah usaha cetak type lainnya.

 

 

2. Pemilihan Alat

Disadari atau tidak, pemilihan alat sangat memengaruhi hasil cetakan. Tentu kualitas cetakan bersama dengan printer ekonomis berbeda bersama dengan hasil cetakan gunakan printer kelas menengah atau atas. Memang, Anda kudu mengeluarkan duwit cukup banyak di awal, tapi hasilnya sebanding bersama dengan keuntungan yang bakal Anda dapatkan nantinya.

Ingat, kualitas cetakan yang bagus pun menjadi kunci keberhasilan usaha ini. Orang tidak segan membayar sedikit lebih mahal demi mendapatkan hasil cetakan berkwalitas tinggi. Hasil cetakan yang bagus pun bakal memicu usaha Anda semakin dikenal luas.

 

3. Harga Jual

Hal setelah itu yang kudu Anda melakukan sebelum akan mengawali usaha percetakan rumahan adalah pilih harga jual. Sebaiknya melakukan penelitian pasar lebih pernah untuk mengetahui harga yang dipatok pesaing Anda.

Hindari mematok harga yang sangat rendah atau sangat tinggi. Harga yang sangat rendah tidak hanya merugikan Anda, melainkan juga memicu kompetisi tidak sehat. Sementar jika harga sangat mahal, konsumen bakal mulai enggan gunakan jasa cetak Anda.

 

4. Pelayanan

Jika Anda dambakan memikat hati konsumen, Anda kudu mengimbuhkan layanan ekstra. Ketika pelanggan datang, pastikan untuk tersenyum. Sikap ramah bakal memicu pelanggan mulai dihargai. Jika konsumen mengalami kesulitan, jangan segan untuk memberinya bantuan.

Selain itu, pastikan kualitas produk Anda terjaga dan selesai pas waktu. Meskipun terlihat sepele, hal ini bakal menaikkan kepercayaan pelanggan.

 

 

5. Promosi

Satu kembali hal yang kudu diperhatikan, yakni promosi. Sebuah usaha tidak bakal mendapatkan hasil maksimal tanpa promosi. Ada banyak metode pemasaran yang bisa Anda terapkan. Salah satunya bersama dengan mengimbuhkan diskon.

Misalnya, gratis potongan Rp20.000,00 bersama dengan sedikitnya pembelian Rp150.000,00. Bisa juga bersama dengan mengimbuhkan gratis cetak satu kali bersama dengan kuota tertentu.
Manfaatkan fasilitas sosial untuk menjaring calon konsumen. Cara ini terbukti ampuh untuk menjangkau konsumen di seluruh daerah. Asyiknya, Anda tidak kudu mengeluarkan banyak modal untuk berpromosi lewat fasilitas sosial, jika Anda gunakan pemasaran iklan premium.

Jika Anda punyai anggaran dana lebih, jangan curiga untuk memicu sebuah website. Selain bisa digunakan sebagai fasilitas untuk memasarkan usaha Anda, bersama dengan punyai website, usaha Anda terlihat lebih profesional. Secara tidak langsung hal ini bakal menaikkan kepercayaan konsumen pada usaha percetakan rumahan yang Anda kelola.

 

 

6. Lakukan Inovasi pada Usaha Percetakan

Inovasi diperlukan sehingga usaha Anda selalu berkembang, meskipun banyak bermunculan saingan baru. Misalnya, jika Anda membuka usaha cetak dokumen, Anda bisa merambah usaha lain yang tetap terkait, layaknya fotokopi dan usaha alat tulis.

Tak kudu kuatir soal biaya, sebab kini terdapat printer yang sedia kan fitur lengkap, mulai dari scan, cetak dokumen, sampai fotokopi.

 

7. Sudahkah Menggunakan Sistem Kasir?

Hal ini seringkali dilupakan oleh para pemilik usaha. Padahal, punyai sistem kasir sendiri sangat perlu sebab bisa menopang para pemilik usahah untuk memperlancar operasional sehari-hari, mulai dari terima pesanan masuk, mencatat laporan penjualan, melakukan kesimpulan penjualan, mengelola inventaris, dan tetap banyak lagi.
Untuk sistem kasir sendiri Anda tak kudu bingung sebab Anda bisa gunakan Moka, sistem Point of Sale multiplatform berbasis cloud yang bisa mengintegrasikan laporan penjualan secara real-time.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *