Fashion

Cincin Tunangan dan Cincin Kawin, Apa Bedanya?

Baik cincin kawin atau cincin tunangan sama bermakna penting untuk sepasang pengantin. Namun, sesungguhnya apakah bedanya antara ke-2 nya, ya? Dan apa...

Written by Ackle · 1 min read >
Cincin Tunangan dan Cincin Kawin, Apa Bedanya?

Cincin Tunangan dan Cincin Kawin, Apa Bedanya?

Baik cincin kawin atau cincin tunangan sama bermakna penting untuk sepasang pengantin. Namun, sesungguhnya apakah bedanya antara ke-2 nya, ya? Dan apa tiap pasangan harus pilih cincin tunangan dan cincin kawin yang berbeda atau terpisah?

Untuk mendapati jawabnya, baca dahulu penuturannya berikut ini, yok! Anda bisa juga peroleh cincin tunangan atau cincin kawin emas putih dengan Frank & co. harga 2021 yang berkompetisi dan design elok untuk memperbaiki peristiwa khusus Anda dan pasangan.

Ketidaksamaan Cincin Tunangan dan Cincin Kawin

Pada dasarnya, ketidaksamaan antara cincin tunangan dan cincin kawin ialah peristiwa atau kapan cincin diberi. Sesuai namanya, cincin tunangan diberi dan dikenai untuk pertama kalinya di saat peristiwa pertunangan atau lamaran. Saat itu, cincin kawin dipertukarkan di antara mempelai wanita dan pria di hari pernikahan.

Baik cincin tunangan atau cincin kawin sama sebagai lambang cinta dan loyalitas. Namun, arti dibalik cincin tunangan lebih ke arah pada peristiwa di saat sepasang pacar putuskan jika mereka akan menikah. Sedang pada cincin kawin, cincin itu sebagai wakil ikatan sah pernikahan antara sepasang pacar.

Dari sisi design, cincin kawin umumnya condong lebih sederhana diperbandingkan cincin tunangan. Bahkan juga, seringkali cincin kawin cuman sebagai cincin logam mulia tanpa hiasan batu sama sekalipun. Kalaulah ada, umumnya batu mulia itu terpasang dengan style solitaire, alias cuman ada satu butir batu saja. Selain itu, ukuran batunya umumnya kecil.

Saat itu, cincin tunangan umumnya punyai design yang lebih “semarak” diperbandingkan cincin kawin. Ukuran batu mulianya juga seringkali lebih besar. Dan walau adat cincin tunangan ialah cincin bertahtakan batu berlian, Anda pun masih tetap dapat bebas pilih batu mulia yang lain untuk cincin tunangan, kok.

Apa Cincin Tunangan dan Cincin Kawin Harus Berlainan?

Meskipun adat yang berkembang dalam masyarakat Barat biasanya memperlihatkan jika wanita mempunyai dua cincin berlainan – sebagai catatan tambahan, cincin pertunangan umumnya cuman dikasih ke wanita – tidak berarti Anda jangan memakai cincin yang serupa untuk tunangan dan pernikahan, kok.

Pada akhirannya, keputusan apa Anda akan beli cincin tunangan dan cincin kawin yang lain pasti kembali dalam diri Anda dan pasangan masing-masing, seperti hasrat, keperluan, sampai anggaran. Karena, beli cincin tunangan dan cincin kawin sekalian pasti memerlukan dana semakin besar diperbandingkan cuman beli satu cincin, kan? Apalagi, tidak ada kelirunya bila Anda menggunakan cincin pertunangan sebagai cincin kawin.

Sedang bila Anda dan pasangan sudah mempersiapkan bujet extra untuk cincin tunangan dan cincin kawin, Anda dapat pikirkan untuk pesan bridal set. Istilah itu merujuk pada satu set cincin yang terdiri dari tiga cincin berlainan: satu cincin tunangan (untuk wanita), dan dua cincin kawin.

Dengan beli bridal set, Anda dan pasangan juga bisa pilih set cincin yang bentuknya matching dan dapat lengkapi keduanya. Umumnya, bridal set mempunyai warna logam pada cincin yang serupa hingga semua bisa kelihatan seragam.

Tetapi, bila Anda ingin beli secara terpisah, hal itu sebagai gagasan menarik. Apa lagi bila Anda dan pasangan mempunyai hasrat yang lain. Dengan demikian, Anda dapat tentukan cincin yang betul-betul sesuai selera Anda, dan pasangan juga dapat pilih sendiri cincin dengan design dan warna yang 100 % cocok dengan kemauannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *