Uncategorized

Makna Warna dalam Komunikasi Non Verbal

Written by Ackle · 2 min read >

Tahukah anda bahwa ternyata terdapat arti warna dalam komunikasi non verbal yang seringkali tidak kami sadari? Ya, komunikasi non verbal merupakan salah satu bentuk komunikasi di mana di dalamnya amat mungkin kami untuk memberikan sesuatu tanpa wajib diucapkan.

Bentuk komunikasi ini umumnya ditunjukkan bersama gunakan isyarat-isyarat khusus yang tidak wajib disuarakan. Lebih uniknya lagi, pesan senantiasa dapat tersampaikan bersama baik andaikan kami sanggup gunakan tehnik komunikasi non verbal yang tepat.

Salah satu faktor keberhasilan dalam pemanfaatan komunikasi nonverbal adalah pemanfaatan medianya yang tepat. Komponen berasal dari fasilitas berikut salah satunya adalah warna.

makna Warna dalam logo  dalam komunikasi non verbal sanggup menambahkan arti atau isyarat-isyarat tertentu. Contoh yang paling mudah adalah, disaat kami lihat coretan bersama tinta warna merah pada postingan kita, maka itu sanggup diambil kesimpulan sebagai sebuah isyarat agresif.

Kita juga mungkin kerap mendengar bahwa kami wajib hindari menulis bersama warna merah sebab warna berikut sanggup menambahkan kesan yang terlampau agresif. Berikut ini adalah sebagian macam arti berasal dari warna yang sanggup kami ketahui agar kami sanggup menyisipkannya dalam bentuk komunikasi non verbal yang dapat kami buat:

 

Warna Merah

Warna merah terlampau pas digunakan disaat kami dapat memperlihatkan nuansa yang agresif, berani dan mencolok. Warna merah ini mengandung arti keberanian, tingkat keyakinan diri yang baik dan juga menginginkan menarik pusat perhatian.

Dalam komunikasi non verbal bersifat fasilitas gambar, pemanfaatan warna merah sanggup digunakan untuk memicu gambar berikut menarik perhatian orang lain. (Baca juga: Fungsi kontak mata dalam komunikasi non verbal)

 

Warna Hijau

Warna hijau miliki arti mengenai kesejukan, kedamaian dan kesegaran. Warna hijau ini sanggup dibilang sebagai sesuatu yang menentramkan. Penggunaannya dalam komunikasi non verbal sanggup dilaksanakan terlebih pada saat kami dapat menyimbolkan kesan yang damai dan juga nuansa yang segar. Tentu saja, ini wajib sesuai bersama tujuan komunikasi non verbal yang dapat dilakukan.

Warna Biru

Makna warna biru miliki kesan dan nuansa yang sifatnya ketenangan dan harapan. Kita sanggup gunakan warna biru terlebih saat dapat menambahkan informasi yang berat tapi menginginkan agar penerima pesan mendapatkannya bersama baik. Perbedaan komunikasi verbal dan non verbal sebetulnya juga dalam pemanfaatan fasilitas seperti ini.

 

Warna Kuning

Warna kuning sebetulnya juga merupakan warna yang sanggup menjadi pusat perhatian. Hampir mirip bersama warna merah, hanya saja warna kuning ini umumnya dapat lebih mencolok. Warna kuning dapat menambahkan arti keyakinan diri tanpa mempunyai sikap yang agresif di dalamnya. Kuning juga sanggup digunakan pada saat kami dapat memberikan sesuatu yang sifatnya ceria dan menyenangkan.

 

Warna Pink

Warna pink atau merah muda terlampau sama bersama nuansa feminin. Warna ini sanggup mencitrakan sesuatu yang sifatnya lembut dan kewanitaan. Selain itu, pink juga mengandung arti warna dalam komunikasi non verbal sebagai sesuatu yang romantis. Ini sanggup digunakan juga untuk menambahkan gambaran romansa.

 

Warna Ungu

Hampir mirip bersama warna pink, warna ungu juga mengandung nuansa yang romantis. Hanya saja, warna ungu umumnya digunakan untuk memunculkan gairah. Komunikasi non verbal yang gunakan warna ungu terlampau pas terlebih kecuali kami dapat menambahkan sesuatu yang sifatnya semangat.

 

Warna Hitam

Hitam adalah warna yang netral. Biasanya bentuk ini lebih melukiskan citra yang netral dan juga tidak berlebihan. Warna hitam sanggup digunakan juga sebagai simbol kedukaan atau kesedihan kecuali dipakai sebagai warna yang dominan.

Warna Putih

Sama halnya bersama waran hitam, warna putih juga merupakan warna yang netral. Warna ini sanggup digunakan juga terlebih andaikan kami menginginkan menambahkan kesan atau kondisi yang suci dan sakral. Warna putih sanggup dikombinasikan bersama apa saja. Yang jelas, arti warna dalam komunikasi non verbal sanggup menjadi lebih damai disaat tersedia unsur putih di dalamnya.

Demikian penjelasan berkaitan apa saja arti warna dalam komunikasi non verbal yang biasa diterapkan untuk menghasilkan sebuah komunikasi yang efisien pun persuasif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *