kesehatan

Berapa Masa Kadaluarsa Obat Herbal? Simak disini

Obat herbal yang dibuat dari bahan baku alami yang dipercaya memiliki manfaat bagi penanganan masalah kesehatan dan telah digunakan selama bertahun-tahun. Adanya...

Written by Ackles · 1 min read >
masa kadaluarsa obat herbal

Obat herbal yang dibuat dari bahan baku alami yang dipercaya memiliki manfaat bagi penanganan masalah kesehatan dan telah digunakan selama bertahun-tahun. Adanya perkembangan mutu menjadikan obat herbal semakin aman karena adanya Badan Pengawas Obat dan Makanan yang berfungsi untuk mengetahui apakah obat tersebut layak dikonsumsi seperti obat herbal terstandar dan fitofarmaka. Agar tidak terjadi komplikasi atau gangguan yang serius sebaiknya perhatikan masa kadaluarsa obat herbal dan beberapa hal penting lainnya.

Tanggal Kadaluarsa

Setiap obat herbal yang sudah melalui uji praklinis maupun uji klinis yang telah diijinkan beredar oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memiliki tanggal kadaluarsa kurang lebih 1 hingga 2 tahun. Namun, bagi obat herbal tradisional memiliki masa kadaluarsa yang lebih singkat tergantung tempat penyimpanannya. Umumnya obat tradisional yang tidak melalui uji ilmiah dapat dikonsumsi dalam kurun waktu 1 hingga 2 hari seperti jamu.

Masa kadaluarsa adalah tanggal dimana obat tersebut dianggap efektif dan aman untuk digunakan konsumen. Setelah melewati masa kadaluarsa obat herbal maka keamanan dan keefektifan obat akan berkurang dan memiliki kemungkinan menyebabkan permasalahan kesehatan. Sehingga tidak disarankan mengkonsumsi obat yang sudah kadaluarsa.

Setiap obat herbal yang memiliki ijin BPOM telah memiliki tanggal kadaluarsa yang ditentukan oleh produsen maupun farmasi sebelum obat tersebut beredar dan dapat digunakan selama mengikuti instruksi dan disimpan pada tempat yang sesuai.

Beyond Use Date (BUD)

Selain masa kadaluarsa setiap obat baik obat herbal maupun obat kimia yang memiliki ijin BPOM memiliki tangga BUD. Atau batas penggunaan obat setelah obat tersebut dibuka atau pertama kali digunakan. Beberapa obat herbal yang berbentuk sirup hanya dapat dikonsumsi selama 14 hari setelah kemasan obat tersebut dibuka. Selain itu tempat penyimpanan juga sangat berpengaruh terhadap beyond use date.

Apabila disimpan pada suhu ruangan obat herbal memiliki batas penggunaan yang lebih singkat dibanding obat herbal yang disimpan dalam lemari pendingin.

Secara singkat masa kadaluarsa adalah masa dimana obat tersebut dapat digunakan secara aman. Dan memiliki manfaat selama kemasan obat tersebut belum dibuka. Namun, apabila sudah dibuka, konsumen hanya dapat menggunakan obat tersebut sebelum masa beyond use date. Untuk itu, selalu perhatikan instruksi yang terdapat pada kemasan baik obat kimia maupun obat herbal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.