Bisnis

Fungsi Pallet Plastik di Industri Logistik Pergudangan

Dalam industri logistik terutama di bagian pergudangan, terdapat salah satu benda yang sering digunakan bernama Pallet. Siapa yang tidak tahu dengan benda...

Written by Ackles · 1 min read >
Fungsi Pallet Plastik di Industri Logistik Pergudangan

Dalam industri logistik terutama di bagian pergudangan, terdapat salah satu benda yang sering digunakan bernama Pallet. Siapa yang tidak tahu dengan benda satu ini? Bagi kamu yang bekerja di bagian pergudangan atau stok barang pasti sudah familiar dengan nama Pallet, bukan? Ya, Pallet memiliki fungsi untuk mengangkut beban dengan kapasitas tertentu sesuai dengan ukuran dari Pallet itu sendiri.

Dalam sejarah perkembangannya, Pallet memiliki tiga jenis kategori yakni Pallet kertas, Pallet kayu, hingga Pallet plastik. Pada pembahasan ini, akan di kulik secara tuntas tentang Pallet plastik mulai dari pengertian dan fungsi utama Pallet jenis ini di industri logistik terutama di bagian pergudangan. Penasaran apa saja fungsi Pallet yang terbuat dari plastik di industri logistik pergudangan? Simak pembahasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Fungsi Pallet Plastik di Pergudangan

Membahas mengenai pergudangan, tentu kamu akan berpikir tentang barang atau stok barang, bukan? Tentu saja hal tersebut juga berhubungan dengan angkut-mengangkut barang. Pallet dalam pergudangan memiliki fungsi tersebut, yakni berfungsi sebagai alat menyokong atau mengangkut beban berat pada barang yang ada di area industri logistik pergudangan. Biasanya, Pallet plastik digunakan terutama oleh para perusahaan besar. Mengapa demikian? Karena melihat harga serta keunggulan dari Pallet berbahan plastik, perusahaan-perusahaan tersebut tentu lebih memilih Pallet jenis ini daripada Pallet  kayu.

Sebenarnya, Pallet sendiri memiliki tiga jenis menurut sejarah perkembangannya, yaitu mulai dari Pallet kertas, kayu, hingga yang saat ini sering digunakan adalah Pallet berbahan dasar plastik.

Penggunaan Pallet jenis ini dan mulai ditinggalnya Pallet kayu bukanlah tanpa sebab yang jelas. Karena banyak orang meyakini bahwa plastic pallet memiliki keunggulan tersendiri apabila dibandingkan dengan Pallet kayu. Berbicara tentang keunggulan, bagaimana jika kita membahas sekilas keunggulan dari Pallet ini?

Keunggulan Pallet Plastik

1. Bahannya Mudah Dibersihkan

Harus kamu ketahui bahwa alasan perusahaan banyak memakai Pallet berbahan plastik salah satunya adalah karena sifatnya yang mudah untuk dibersihkan. Fungsi penting penggunaan Pallet juga termasuk menjaga kebersihan dari barang yang diangkut.

2. Ringan dan Praktis

Berbeda dengan Pallet kayu, Pallet yang berbahan dasar plastik lebih ringan dan dianggap lebih praktis dibawa kemana saja. Hal ini tentu menjadi acuan yang sangat penting suatu Pallet dapat dianggap lebih efektif dan efisien.

3.  Memiliki Berbagai Variasi Ukuran

Ketiga, plastic pallet juga mempunyai beragam variasi ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan suatu perusahaan pergudangan. Kelebihan yang satu ini tentu sangat penting mengingat stok barang dengan berbagai ukuran yang tidak dapat diprediksi bisa dijawab dengan bentuk variasi Pallet berbahan plastik tersebut.

Metode Beban Berat Plastic Pallet

Setelah mengetahui tentang kelebihan atau keunggulan dari Pallet yang satu ini, kamu juga harus tahu apa saja metode beban berat yang terdiri atas tiga metode. Tentu saja ketiga metode ini penting agar fungsi Pallet plastik di industri pergudangan dapat berjalan dengan baik. Berikut tiga metode beban berat yang harus kamu ketahui,

  1. Beban Menyusun atau Static Load (Metode beban di mana plastic pallet berguna sebagai alas untuk barang-barang yang tersusun di atasnya).
  2. Beban Dinamis atau Dynamic Load (Metode beban yang menggunakan tangan sebagai bantuan untuk menyokong Pallet berbahan plastik).
  3. Beban Rak Pallet atau Racking Load (Sesuai dengan namanya, Pallet berbahan plastik berfungsi untuk menyokong barang dan membentuknya seperti rak).

Demikian informasi singkat tentang fungsi plastic pallet dalam industri logistik pergudangan yang perlu kamu ketahui. Dari penjabaran tersebut, dapat disimpulkan bahwa fungsi Pallet jenis ini dapat berjalan dengan baik karena keunggulan yang dimilikinya serta pengetahuan tentang metode beban berat dari Pallet tersebut.

Cara Mudah Cek Kesehatan Keuangan

Ackles in Bisnis
  ·   1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.