Teknologi

Proteksi DGPT pada Trafo Daya Untuk Menghindari Berbagai Gangguan

Sangat penting untuk Anda ketika tinggal di sebuah hunian vertikal misalnya seperti Apartemen untuk mempertimbangkan DGPT Trafo. Pasalnya melakukan proteksi DGPT pada...

Written by Ackles · 1 min read >
dgpt trafo

Sangat penting untuk Anda ketika tinggal di sebuah hunian vertikal misalnya seperti Apartemen untuk mempertimbangkan DGPT Trafo. Pasalnya melakukan proteksi DGPT pada apartemen sebagai cara terbaik untuk menjaga kestabilannya.

DGPT Trafo sendiri adalah peralatan listrik yang sangat penting untuk mendistribusikan daya listrik. Untuk itu, karena memiliki peranan yang sangat penting maka perlu dilakukan perawatan yang baik sehingga bisa bekerja dengan maksimal.

Melakukan proteksi pada Trafo Daya sangat penting untuk mengatasi gangguan yang sering terjadi. Ada beberapa jenis masalah yang sering terjadi pada DGPT Trafo diantaranya adalah:

Kebocoran

Satu hal yang paling sering terjadi adalah Purifying Oli Trafo yang menyebabkan kebocoran pada selang dan pipa mesin. Sehingga hal ini bisa menyebabkan udara terjebak pada trafo. Jika udara terjebak pada trafo maka akan menyebabkan Oli Pada pada core sehingga akan menyebabkan masalah pada sirip Radiator.

Perubahan Suhu

Jika terjadi perubahan suhu yang berubah drastis pada Oli Trafo, maka ini bisa menyebabkan Oli Trafo dan hal ini menjadi indikator level oli pada proteksi DGPT Trafo yang akhirnya akan mengalami pengurangan volume. Dan kondisi ini biasanya akan sering dialami pada trafo yang telah lama tak digunakan.

Terjadi Short di dalam belitan

Terjadinya short di dalam belitan pada saat Trafo sendang On dan Short Inter Turn bisa menyebabkan terjadinya flashover. Hal ni bisa menyebabkan timbulnya gas pada tangki Trafo. Dalam kondisi ini maka melakukan proteksi trafo bisa bekerja dengan maksimal dan akhirnya memerintahkan Shunt Trip Coil pada panel TM untuk off.

Masalah tersebut sangat sering terjadi, untuk itu melakukan proteksi DGPT Trafo menjadi sangat penting. Namun jika Anda memang tidak memiliki keahlian dan kemampuan dalam hal ini. Maka ada baiknya untuk melakukan konsultasi pada pihak yang lebih berpengalaman dalam bidangnya.

Dengan demikian, maka Anda tak perlu merasa khawatir dengan kerusakan yang terjadi karena seorang ahli dalam bidang DGPT Trafo ini nantinya yang akan melakukannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.