Teknologi

Beberapa Pembangkit Listrik Terbesar di Indonesia

Power plant Indonesia adalah fasilitas penghasil energi listrik yang banyak digunakan untuk kebutuhan komersial dan industri. Ada macam-macam jenis pembangkitan listrik yang ada...

Written by Ackles · 1 min read >
power plant indonesia

Power plant Indonesia adalah fasilitas penghasil energi listrik yang banyak digunakan untuk kebutuhan komersial dan industri. Ada macam-macam jenis pembangkitan listrik yang ada di Indonesia seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU), Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), dan lain-lain.

Di Indonesia ada beberapa pembangkit listrik terbesar yang telah tersebar di berbagai penjuru daerah. Apa saja itu? berikut daftarnya.

PLTU Paiton

PLTU Paiton adalah salah satu power plant Indonesia yang sempat mendominasi kapasitas power plan Indonesia. Lokasinya yang terletak di Desa Binor, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur ini memiliki total kapasitas energi sebesar 4.600 megawatt.

PLTU Paiton dikelola oleh PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) dan diklaim sebagai pembangkit tenaga listrik terbesar yang ada di Indonesia karena dapat menyuplai listrik di pulau-pulau besar seperti Jawa dan Bali. Dengan kapasitas sebesar itu, PLTU Paiton juga diklaim sebagai pembangkit listrik terbesar di ASEAN.

PLTU Jawa 7

Selanjutnya pembangkit listrik terbesar di Indonesia yang dikelola oleh PT PJB adalah PLTU Jawa 7. PLTU ini berlokasi di Desa Terate, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Provinsi Banten yang memiliki kapasitas 2 x 1.000 megawatt.

Selain disebut sebagai pembangkit listrik terbesar di Indonesia, PLTU ini dinilai strategis karena memakai teknologi ultra super critical boiler dengan bahan bakar batubara kalori rendah. Teknologi tersebut memiliki efisiensi yang tinggi dan lebih ramah lingkungan.

PLTA Cirata

Indonesia juga memiliki PLTA terbesar yang berada di kawasan Waduk Cirata. Waduk Cirata disebut sebagai salah satu PLTA terbesar di Indonesia dimana kemampuan dayanya mencapai sebesar 1.008 megawatt dengan kemampuan listrik sebesar 1.428 gigawatt per tahun.

PLTA Cirata sepenuhnya dikelola oleh PT PJB dimana waduk ini berlokasi di kabupaten Cianjur, Purwakarta, dan Bandung Barat. Untuk memenuhi kebutuhan listrik di pulau Jawa dan Bali. Tak hanya itu, waduk cirata juga adalah salah satu power plant Indonesia yang digunakan untuk pemanfaatan tenaga air di sungai Citarum.

Itulah beberapa pembangkit listrik terbesar yang ada di Indonesia. Saat ini, PT PJB memiliki 8 pembangkit listrik yang dikelola khususnya di pulau Jawa dan Bali. Cek selengkapnya melalui website https://www.ptpjb.com/ untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

wind power plant indonesia

Wind Power Plant Indonesia

Ackles in Teknologi
  ·   1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.