Teknologi

Wind Power Plant Indonesia

Pernahkah Anda mendengar tentang Wind Power Plant Indonesia. Ini adalah salah satu sumber listrik terbarukan yang belakangan ini sedang digalakkan oleh pemerintah....

Written by Ackles · 1 min read >
wind power plant indonesia

Pernahkah Anda mendengar tentang Wind Power Plant Indonesia. Ini adalah salah satu sumber listrik terbarukan yang belakangan ini sedang digalakkan oleh pemerintah.

Apa Itu wind power plant

Wind Power Plant Indonesia dengan menggunakan wind turbin adalah sumber energi yang memanfaatkan angin. Bisa dikatakan teknologi turbin angin ini termasuk salah satu teknologi yang ramah lingkungan, bebas polusi dan juga bersih. Tidak hanya itu, teknologi yang satu ini mempunyai cost operasional yang terbilang murah, walau investasi di awal terbilang agak mahal.

Cara kerja wind power plant

Adapun cara kerja dari wind Power Plant Indonesia kali ini adalah dengan memanfaatkan aliran angin, dengan menggunakan turbin. Turbin tersebut akan dibentuk dengan memperhatikan sifat-sifat aerodinamika atau juga disebut dengan aerofoil. Tekniknya seperti desain pesawat terbang, dimana angin akan mengalir di permukaan turbin, dan akan menghasilkan daya angkat/ lift force, di bagian sudu turbin. Gaya angkat ini yang nantinya akan membuat sudu pada turbin bergerak.

Adapun karakteristik angin yang akan digunakan adalah yang mengalir secara laminar, atau mengalir secara teratur, dengan kecepatan 4 m /s hingga 25 m/s. Dengan adanya minimal dan maksimal kecepatan seperti ini, membuat mayoritas turbin dibuat di daerah dengan lahan yang luas dan tanpa adanya bangunan lain di sekitarnya. Apabila turbin di bangun di kawasan perkotaan, maka aliran angin akan terganggu, dan menghasilkan turbulen atau mengalir secara acak. Hasilnya sulit untuk menghasilkan daya angkat.

Lokasi wind power plant di Indonesia

Di Indonesia sendiri salah satu Project Power Plant Indonesia adalah membangun beberapa Wind Turbin. Salah satu yang sudah berhasil adalah PLTB (Pembngkit Listrik Tenaga Bayu), yang berlokasi di desa Mattirotasi, kab Sidrap, Sulawesi Tengah. Pembangkit yang satu mempunyai kapasitas yang besar, hingga sekitar 75 MW, yang berasal dari 30 Turbin, yang tersebar di lahan sekitar 100 Ha.

Selain itu ada juga daerah lain di Indonesia yang juga mulai menggunakan PLTB tersebut. Antara lain PLTB Tolo di Jeneponto, dan juga PLTB Ciemas di Sukabumi.

Sebenarnya masih ada banyak daerah yang mempunyai potensi, untuk dijadikan sebagai PLTB. Tapi tentu saja, hal-hal tersebut tidak dapat dibuat secara langsung, akan ada kalkulasi budget dan persiapan lahan yang tepat untuk membuat sebuah Power  Plant Indonesia. Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang energi terbarukan tersebut, kunjungi saja https://www.ptpjb.com/, tidak hanya energi, bahkan layanan yang ditawarkan pun akan mudah Anda ketahui secara lebih jelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.