Jasa, Uncategorized

Perbedaan Kantor Jasa Akuntan dan Kantor Akuntan Publik

Sudahkah Anda tahu tentang di mana letak perbedaan antara Kantor Jasa Akuntansi (KJA) dan Kantor Akuntan Publik (KAP)? Dan manakah yang lebih...

Written by Ackles · 1 min read >

Sudahkah Anda tahu tentang di mana letak perbedaan antara Kantor Jasa Akuntansi (KJA) dan Kantor Akuntan Publik (KAP)? Dan manakah yang lebih baik digunakan oleh perusahaan Anda untuk menerima jasa akuntansi keuangan? Simak pemaparan berikut ini.

Secara sederhana, Kantor Akuntan Publik adalah badan usaha yang menjadi wadah bagi para akuntan publik untuk memberikan jasa akuntannya. Sedangkan, Kantor Jasa Akuntan(si) dapat berupa badan usaha atau hanya perorangan yang tentunya telah menjadi anggota IAI dan mendapat ijin dari Menteri Keuangan untuk menjalankan usaha dan memberikan jasa sebagai akuntan.

Perbedaan utama antara Kantor Akuntan Publik (KAP) dan Kantor Jasa Akuntansi (KJA) adalah pada bidang jasa yang dapat melayani dan menangani. Kantor Akuntan Publik (KAP) dapat melayani baik bidang akuntansi jasa asuransi maupun non-asuransi. Sedangkan Kantor Jasa Akuntansi (KJA) hanya mengutamakan bidang jasa non-asuransi yang dapat membantu peningkatan kualitas internal perusahaan mulai dari pembukuan keuangan, komplikasi beberapa laporan keuangan, perpajakan, sistem informasi akuntansi, dan lain-lain.

Perbedaan lain yang dapat ditemukan antara KAP dan KJA adalah terletak pada ranah atau tingkat perusahaan yang dapat dijangkau. KAP biasanya hanya menjangkau perusahaan menengah ke atas, dan belum mampu untuk menjangkau perusahaan kecil atau bawah seperti UMKM. Sedangkan, Kantor Jasa Akuntansi dapat memasuki ranah perusahaan-perusahaan kecil, UMKM hingga perusahaan menengah ke atas lainnya.

Kemudian, kinerja KAP tidak terlalu fleksibel, mengingat bahwa sebuah KAP terikat oleh Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP). Sedangkan, KJA lebih fleksibel, tetap memiliki kekuatan hukum, serta diawasi oleh pemerintah dan lembaga profesi akuntan. Selain itu, gaji akuntan yang memiliki KJA bisa jadi lebih banyak.

Keberadaan Kantor Akuntan Publik biasanya hanya dapat ditemui di kota-kota besar, dan belum tentu ada di daerah-daerah kecil. Sedangkan, Kantor Jasa Akuntan tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia baik daerah kecil maupun kota-kota besar, sehingga lebih mudah dijangkau dan jasanya lebih mudah digunakan.

Antara menggunakan jasa Kantor Akuntan Publik maupun Kantor Jasa Akuntansi, semuanya balik lagi pada kebutuhan Anda. Tetapi, jika Anda mencari satu tempat yang dapat sekaligus memberikan layanan KAP dan KJA untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, sudah pasti ConsultPro.ID jawabannya. Hubungi nomor 0822-40-500-400 untuk informasi lebih jauh tentang urusan akuntansi perusahaan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.