Uncategorized

Cara Mengolah Sampah Botol Bekas

Cara mengolah sampah botol plastik yaitu dengan merubahnya menjadi berbagai bentuk yang memiliki fungsi berbeda. Ataupun merubahnya menjadi sebuah kerajinan tangan yang...

Written by Ackles · 2 min read >
mengolah sampah botol

Cara mengolah sampah botol plastik yaitu dengan merubahnya menjadi berbagai bentuk yang memiliki fungsi berbeda. Ataupun merubahnya menjadi sebuah kerajinan tangan yang bisa digunkan sebagai hiasan rumah.

 

Dampak Sampah Botol Bagi Lingkungan

Bahaya sampah plastik bagi lingkungan adalah bisa menimbulkan polusi udara. Pembakaran plastik di udara terbuka menyebabkan pencemaran lingkungan akibat pelepasan bahan kimia beracun. Udara yang tercemar, jika dihirup oleh manusia dan hewan, akan mempengaruhi kesehatan mereka dan dapat menyebabkan gangguan pernapasan.

 

Cara Mengolah Sampah Botol

Daur ulang plastik menjadi teknik berkreasi yang kian hari kian digemari. Selain mudah dikerjakan, ternyata hobi ini bisa dijadikan usaha kerajinan dari botol plastik bekas yang sangat potensial. Berikt ini contoh dari daur ulang sampah botol:

1. Pot Tanaman Gantung Lucu

Ide daur ulang sampah plastik yang pertama ini cocok untuk yang memelihara tanaman hias di dalam rumah. Kamu bisa coba daur ulang botol bekas minuman berukuran 1 liter dan mengubahnya menjadi pot gantung lucu. Tinggal potong bagian bawah botol, tambahkan tali gantungan, lalu lukis dengan cat warna sesuai keinginan, deh. Kerajinan dari botol bekas ini sangat mudah ditiru,

2. Tempat Pensil dari Botol Plastik Bekas

Masih ada banyak cara untuk membuat kerajinan dari botol bekas yang bisa kamu coba. Misalnya, kamu bisa mengubah botol bekas menjadi wadah tempat pensil warna yang unik bagi anak-anak di rumah. Agar lebih menarik, kamu bisa mewarnai botol berdasarkan masing-masing pensil warna yang ada. Anak pasti akan semakin betah belajar dan mewarnai.

3. Kerajinan Bunga Hias dari Botol Bekas

Kerajinan botol bekas juga bisa kamu gunakan sebagai hiasan untuk mempercantik rumah, lho. Misalnya, kamu bisa daur ulang plastik jadi rangkaian bunga-bunga aneka warna yang indah. Caranya pun mudah, botol tinggal digunting berbentuk lancip pada ujung-ujungnya menyerupai kelopak bunga. Setelah itu, kamu bisa mewarnai sesuai keinginan. Jangan lupa tambahkan tangkai dan daunnya ya.

4. Wadah Aksesori dari Limbah Plastik

Bentuk botol bekas yang berongga luas sangat cocok digunakan untuk wadah berbagai aksesori di rumah.

Bagaimana cara membuatnya? Cukup potong bagian atas atau bawah bodi botol sesuai keinginan, rapikan, lalu hias, dan jadi deh wadah aksesori. Wadah aksesori dari botol bekas bisa kamu gunakan untuk menyimpan alat rias hingga berbagai perhiasan seperti cincin dan anting. Yuk, segera coba sendiri dirumah.

5. Jadikan Helikopter Mainan

Daur ulang sampah plastik botol bekas juga bisa menjadi ajang mengasah dan mengajari anak kreatifitas dalam membuat kerajinan. Salah satu cara paling mudah yaitu mengajari anak membuat mainan helikopter dari botol bekas. Bahan yang dibutuhkan hanya botol bekas, sedotan, serta bola pingpong, ditambah gunting dan lem. Selain diajari soal kreativitas, anak juga bisa sekaligus belajar cara mendaur ulang sampah dan menjaga lingkungan.

 6. Mainan Robot

Cara daur ulang plastik botol bekas yang kedua ini dijamin membuat anak di rumah senang. Dengan sedikit usaha dan kreativitas, botol bekas pun bisa dijadikan mainan robot-robotan yang keren. Tak sulit kok membuatnya. Kamu hanya butuh botol bekas, lem, gunting, dan juga kreatifitas. Biar lebih seru, ajak juga anak belajar membuat kerajinan dari botol plastik bekas ini, ya.

7. Perahu Hasil Kerajinan Botol Plastik

Tom Davies, seorang warga Selandia Baru yang tinggal di Fiji menjadi penggagas perahu dari kerajinan botol plastik ini. Sebanyak 600 botol plastik bekas dibutuhkan untuk membuat perahu berukuran 4,5×1,4 meter ini. Caranya cukup sederhana, 600 botol plastik bekas tersebut digabungkan sekaligus dengan lem khusus. Menurut Davies, perahu botol plastik bekas ini diklaim mampu menahan beban tiga orang pria Fiji dewasa.

Mungkin itu saja yang bisa saya contohkan, sebenarnya masih banyak lagi yang bisa kalian buat itu tergantung tingkat ke kreatifan kalian masing masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.