Uncategorized

Nostalgia!! Cara Membuat Arum Manis Rambut Nenek

Written by Ackles · 2 min read >

Cara Membuat Arum Manis Rambut Nenek dan beberapa pembahasan tentang arum manis.

 

Apa Itu Arum Manis

cara membuat arum manis rambut nenek

Permen, kembang gula, atau bonbon adalah camilan berbasis gula yang tak lekang oleh waktu dan tak pernah kehilangan penggemar. Dari anak-anak hingga orangtua sering kali tak mampu menghindari daya tarik kembang gula yang sangat menggoda.

Kembang gula terus berkembang, termasuk dalam hal rasa. Kembang gula juga bisa dibilang sebagai penganan universal. Semua bangsa mengenalnya dalam berbagai bentuk. Kembang gula adalah lambang kegembiraan.

Tentang pembuat kembang gula yang membawa keceriaan digambarkan almarhum Samuel George Davis Jr, atau lebih dikenal sebagai Sammy Davis Jr, dalam Candy Man.

Lagu inipun mendunia. Jenis kembang gula yang di masa lalu mudah ditemui di pasar malam atau di depan gerbang SD atau SMP tak lain adalah arum manis dan gulali.

Kedua jenis penganan ini berbahan dasar sama, gula pasir, namun diolah berbeda dan akhirnya menjadi bentuk yang berbeda pula. Arum manis di negeri ini — disebut cotton candy atau fairy floss di belahan bumi lain — adalah gula pasir yang diberi pewarna makanan kemudian dipanaskan sambil diputar.

Saat berputar, bilah bambu kecil ikut dalam putaran itu untuk menjaring ampas dari gula yang ‘pecah’ dan menjadi seperti kapas yang disangga dengan bilah bambu tadi.

Barangkali banyak yang belum tahu, bahwa kembang gula kapas ini sebenarnya sudah dikenal bangsa Italia sejak sekitar abad ke-15. Pada abad ke-19, pembuat kembang gula William Morrison dan John C Wharton menciptakan mesin peleleh gula pasir menggunakan gaya sentrifugal untuk mendorong penciptaan kapas-kapas gula.

Selain arum manis, gulali adalah makanan serba gula yang mengingatkan kita pada masa kanak-kanak. Gulali lebih mirip lolipop, meski tentu dengan rasa yang berbeda. Gulali 100 persen terbuat dari gula pasir yang dilelehkan dalam wajan besar dan kemudian dijual menggunakan wajan kecil, dibawa berkeliling dengan pikulan.

Penjual bisa membuat gulali menjadi bentuk apa pun, seperti pesawat terbang, bebek, bunga, dan lainnya. Perbaiki mesin Di Jakarta dan sekitarnya, sudah sulit menemukan kedua jenis kembang gula tadi. Beruntung, akhir pekan lalu, Warta Kota menemukan dua pedagang kembang gula itu di halaman Taman Fatahillah, Jakarta Barat.

Mereka ikut dalam acara Atraksi Wisata Kota Tua (AWKT) 2008. Meski kedua pedagang, yakni Salim dan Dadang, bukanlah pedagang yang turun-temurun, setidaknya mereka menjual cemilan masa lalu yang sudah dikenal orang secara turun-temurun.

Salim, pedagang arum manis, sehari-hari masih bisa ditemui di depan sekolah Marsudirini, Matraman, Jakarta Timur. Satu bungkus arum manis dijual Rp 2.000. Rasa manis dengan tekstur lembut langsung menari-nari di lidah. Sebuah rasa dari masa lalu.

Pria asal Bumiayu, Jawa Tengah, ini memang belum lama berdagang arum manis tradisional. Ia baru memulai sekitar empat tahun lalu, sepulang dari Papua sebagai buruh bangunan.

Tapi karena keahlian di bidang listrik, maka sepulang dari Papua ia memperbaiki cara kerja mesin pembuat arum manis lantas berdagang menggunakan mesin ala Salim.

Sementara itu Dadang, asal Garut, sudah berdagang gulali selama lima tahun. Sehari-hari ia mangkal di TK Al Abidin, Pondokbambu. “Makanan begini biasanya yang suka, ya anak-anak. Kadang-kadang juga orang dewasa,” katanya.

Meski tidak ada pendahulunya yang berdagang gulali, ia tahu betul gulali adalah makanan tempo dulu yang juga biasa ia makan di waktu kecil.

Jangan lupa baca juga artikel tentang cara membuat gulali gula pasir.

 

Cara Membuat Arum Manis Rambut Nenek

cara membuat arum manis rambut nenek

Bahan 1 :

  • Minyak goreng 125 ml
  • Tepung terigu 125 gram (bisa diganti menggunakan tepung gandum atau bisa dicampur keduanya)
  • Bubuk vanila secukupnya (opsional)

Bahan 2 :

  • Gula pasir kualitas bagus 500 gram
  • Air 400 ml
  • Perisa vanila secukupnya (opsional)

Cara Membuat Arumanis Rambut Nenek :

  1. Panaskan minyak dengan api sedang, lalu masukkan tepung. Aduk hingga rata.
  2. Masukkan sedikit saja bubuk vanila (opsional), lalu  kalian masak hingga berubah warna menjadi warna kecokelatan. Matikan api, sisihkan.
  3. Sembil menunggu vanilanya dingin, mari kita buat adonan gulalinya dulu dengan menggunakan wajan antilengket. Kemudian kalian Lelehkan gula pasir dengan air 400 ml, kemuadian panaskan dengan api yang sedang kurang lebih sekitar 20-22 menit. Sesekali aduk agar gula tidak menempel.
  4. Tekstur gula untuk pembuatan rambut nenek harus pas jangan kurang jangan lebih,dan tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras juga. Dan Jika gulanya sudah mengental dan warnanya juga sudah berubah kecokelatan, matikan api.
  5.  Siapkan wadah berisi air dingin, lalu letakkan wajannya di atasnya sambil kalian aduk-aduk gulali hingga berbentuk bulat atau bola-bola.
  6. Setelah itu Angkat gulali dan letakkan ke dalam kneading board. Lalu kalian Tarik beberapa kali hingga teksturnya lentur, kemudian di bentuk menjadi lingkaran besar.
  7. kalian Lumuri dengan adonan tepung dan minyak yang sudah dingin,bentuklah dengan cara dilipat hingga membentuk angka 8 dan sambil terus ditarik-tarik.
  8.  ulangi langkah-langkah tadi hingga gulali membentuk helaian-helaian panjang yang tipis

Bagaimana? Tertarik? Anda dapat mencobannya sendiri dirumah lo. Selamat mencoba dan semoga sukses dengan arum manis rambut nenek Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.