Uncategorized

Cara Membuat Kue Sagon Dari Tepung Beras

Written by Ackles · 1 min read >

Cara Membuat Kue Sagon Dari Tepung Beras , pada artikel kali ini, saya akan memberitahu kamu tentang resep cara membuat kue sagon dari tepung beras atau  yang bisa dihidangkan oleh siapapun dengan rasa yang begitu benar-benar lezat dan enak, praktis mudah dan yang pastinya sungguh sangat enak dan cocok di mulut.

Sejarah atau asal usul datanga nya atau adanya kue sagon ini sendiri tidak atau belum diketahui kehadirannya. Kue sagon ini selalu menghiasi setiap sisi meja makanan atau hidangan.

Bersandingan juga dengan makanan keripik rangginang dan juga di gabung dengan kacang goreng, keripik bawang, saat lebaran tiba dan menjadi sajian saat lebaran.

Bahkan juga setelah itu kacang goreng, keripik bawang, Kue Sagon sendiri merupakan suatu makanan kue kering yang memang wajib ada di setiap meja. Kue Sagon adalah kue yang termasuk dalam kue kering yang berasal dari Betawi atau khas betawi.

Nama kue sagon ini sendiri diambil dari sebuah bentuk kue nya sendiri yang mirip agak dengan sagon tersebut. Dengan ciri khas dan rasa yang benar benar gurih dan juga campur rasa manis merupakan salah satu daya Tarik tersendiri termasuk tambahan dari kue sagon ini sendiri.

Cara Membuat Kue Sagon Dari Tepung Beras

1. Resep Kue Sagon Khas Betawi

Cara Membuat Kue Sagon Tepung Beras

Kue ini terbuat dari tepung beras putih, kelapa, tepung sagu dan bahan lainnya. Bagi daerah Betawi dan sekitarnya, kue ini merupakan suatu kewajiban pada saat lebaran, kue tersebut harus ada bersama kacang goreng. Selain di sajikan saat hari raya,

kue ini juga disajikan pada acara-acara hajat lainnya. Kue ini umumnya disajikan bersama rengginang dan  kacang goreng saat acara spesial, seperti ketika lebaran atau hajatan. Berikut resep sagon khas betawi nya.

Bahan-Bahan :

  • Siapkan 150 gram gula pasir
  • Gunakan 600 gram tepung beras
  • Gunakan 120 gram tepung ketan
  • Ambil ½ sdt soda kue
  • Ambil 2 butir kuning telur
  • Siapkan 100 gram margarin
  • Ambil ½ sdt garam
  • Siapkan 400 ml santan kelapa kental
  • Gunakan 600 ml minyak goreng

Proses Membuat sagon Khas Betawi :

  1. Ayak semua tepung beras putih dan tepung ketan hingga benra-benar halus dan tercampur rata.
  2. Ambil tempat yang lain atau wadah, masukkan kuning telur da kocok, tambahkan margarin, masukkan gula pasir, dan tambahkan garam lalu aduk semua bahan sampai benar-benar lembut.
  3. Masukkan tepung beras putih dan tepung ketan yang sudah halus dan sudah selesai diayak. Lalu aduk keduanya sambil masukkan santan kelapa secara perlahan-lahan.
  4. Lalu cetak lah adonan yang sudah jadi tadi dengan menggunakan sebuah cetakan kue semprit. Buat lah sebuah adonan tersebut agar benar-benar panjang dan letakkan adonan di atas wadah yang datar.
  5. Jika sudah selesai goreng adonan yang sudah di cetak dalam minyak yang sudah di panas kan hingga adonan berwarna agak kecoklatan. Angkat adonan dan biarkan hingga adonan kue dingin, kemudian masukkan kue ke dalam stoples camilan dan kue siap di sajikan.

Nah tadi adalah bahan-bahan dan Resep Membuat  Dari Tepung Beras yang wajib kalian coba dirumah ya, Sebenarnya sih masih banyak resep-resep lain yang bisa kalian pelajari dan search diberbagai Media.

kalian wajib membuatnya karena bahan-bahan yang digunakan mudah dicari ditoko-toko yang biasa kalian kunjungi seperti mall dan lain-lain.

Mungkin pada artikel kali ini cukup segitu yang dapat saya share, jika ada kata atau penulisan huruf saya minta maaf. Semoga sehat selalu, sukses truss, selamat mencoba dan sampai jumpa kembali.

saya akhiri, Assalamualaikum wr. wb …..

Resep Ayam Untuk Mie Ayam Lezat

Ackles in Uncategorized
  ·   3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.