Berita, kesehatan, Kuliner, Teknologi

Bisnis Keripik Pisang Aneka Rasa untuk Para Ibu Rumah Tangga

Ide Bisnis Keripik Pisang Peluang Usaha Ide bisnis keripik pisang aneka rasa ini adalah salah satu usaha yang mempunyai nilai plus karena...

Written by Ackles · 2 min read >
bisnis keripik pisang aneka rasa

Ide Bisnis Keripik Pisang

Peluang Usaha

Ide bisnis keripik pisang aneka rasa ini adalah salah satu usaha yang mempunyai nilai plus karena sangat mudah untuk memulainya, mudah untuk membuatnya dan mudah untuk mengembangkannya. Keripik pisang ini adalah termasuk jenis makanan yang sederhana dan merakyat. Hampir seluruh orang menyukai keripik yang satu ini. Bahkan semakin tahun semakin bermacam-macam rasanya. Berbagai macam varian rasa sudah banyak terjual. Perkembangan keripik yang semakin meningkat menjadi tolok ukur bahwasanya keripik pisang ini mampu bersaing dan bertahan sampai detik ini dengan berbagai macam variasinya. Bahkan saat ini keripik pisang bisa berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Permintaan pasar yang semakin meningkat menjadi peluangnya menjadi kian meluas. Tentu saja kita perlu mengapresiasi sekali usaha para pebisnis keripik pisang ini yang bisa mempertahankan eksistensinya dengan mengkreasikan berbagai rasa hingga saat ini.

Sebenarnya apa sih yang membuat usaha keripik pisang ini menjanjikan untuk dijadikan pilihan sebagai peluang usaha yang mampu memberikan keuntungan besar? Nah karena sudah terbukti nyata apabila ide bisnis keripik pisang aneka rasa telah bisa bersaing dan bertahan hingga saat ini. Bahan dasar yang tersedia sangat melimpah disekitar kita. Berbagai jenis pisang bisa untuk bahan pembuatan keripik. Misalnya seperti pisang ambon, pisang kepok, pisang tanduk dan pisang nangka.

Modal Usaha

Modal usaha yang dibutuhkan untuk mengelola usaha keripik pisang ini pun dapat dibilang cukup kecil sehingga cocok sekali untuk anda para ibu rumah tangga yang sedang mencari peluang usaha yang menjanjikan. Bahkan harga bahan dasar yang relatif stabil menjadikan keuntungan tersendiri pada para pengusaha keripik yang satu ini.

Selain hal yang menjadikan ide bisnis keripik pisang aneka rasa bisa memberikan keuntungan yang menjanjikan. Ada beberapa hal yang menjadikan usaha ini mempunyai peluang yang cerah. Salah satu alasannya ialah karena makanan keripik pisang ini adalah camilan sehat yang mempunyai berbagai macam kandungan gizi dan vitamin. Berbagai manfaat dari makanan ini tidak akan banyak tertimbun oleh berbagai macam bumbu ataupun bahan lainya karena 90% bahannya adalah buah asli. Sehingga bisa terpastikan jika tidak akan mengurangi kandungan gizi dan rasa dari buah tersebut.

Bahan dan Cara Membuat Keripik Pisang Aneka Rasa

bisnis keripik pisang aneka rasa

Bahan-Bahan Membuat Keripik Pisang

  • Pisang kapok mengkal (2 sisir pisang)
  • Minyak goreng secukupnya
  • Baking soda 1 sdt
  • Garam 2 sdm
  • Margarin sckpnya
  • Aneka bumbu bubuk gurih, pedas, asin, jagung bakar, balado, dan keju
  • Aneka bumbu bubuk manis, coklat, matcha, strawberry, melon

Cara Membuat Keripik Pisang

  1. Pertama yaitu kupas pisang yang mengkal, untuk pertama-tama olesi tangan terlebih dahulu dengan menggunakan minyak goreng supaya tidak lengket terkena getah pisang.
  2. Sesudah terkupas semuanya, lalu rendam selama beberapa menit dalam air yang sebelumnya sudah untuk melarutkan garam sebanyak 1 sdm. Dan selanjutnya iris tipis atau tebal sesuai selera pisang yang sudah direndam tadi menggunakan pisau atau alat sisiran.
  3. Sesudah pisang terpotong semuanya maka langkah selanjutnya yaitu taburkan baking soda sebanyak 1 sdt. Diamkan selama 30 menit supaya keripik pisang terasa renyah ketika dinikmati.
  4. Selanjutnya diamkan lalu bilas dengan air bersih. Setelah itu rendam pisang dengan menggunakan air bersih kembali.
  5. Kemudian langkah selanjutnya yaitu dengan menaburkan potongan pisang dengan garam 1 sdm secukupnya. Tidak perlu terlalu banyak karena nantinya akan ditambah varian rasa.
  6. Setelah selesai kemudian goreng dengan minyak panas dengan tambahan margarin dalam minyak supaya gurih. Gunakan api sedang supaya kerenyahan dan warna pisang bisa merata. Sesekali aduk serta kecilkan kompor. Tunggu sampai keripik matang lalu kemudian angkat.
  7. Setelah itu tiriskan, maka langkah selanjutnya dengan menaburkan masing masing aneka bumbu manis atau gurih sesuai dengan selera masing-masing.
  8. Setelah bumbu tercampur merata, tunggu sampai keripik pisang dingin dan langkah selanjutnya yaitu mengemas keripik pisang ini dengan kemasan yang sudah anda siapkan sebelumnya.

Demikian tadi cara sederhana membuat keripik pisang aneka rasa, semoga ide bisnis keripik pisang aneka rasa untuk ibu rumah tangga ini dapat bermanfaat. Semoga bisa membantu anda untuk memberikan inspirasi untuk mengembangkan usaha keripik. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika membuat keripik pisang ini.

Peluang Ide Bisnis Keripik Pisang

bisnis keripik pisang aneka rasa

Nah ide bisnis keripik pisang aneka rasa ini tentu sangat menggiurkan untuk anda semua coba bukan? Saat ini coba anda pikir jika anda bisa mengembangkan dan mengambil peluang usaha yang satu ini tentu anda dapat mengkreasikannya dengan berbagai macam variasi rasa sesuai selera anda dan bisa mengeksplor ide-ide lainnya yang lebih jauh lagi. Tidak perlu bingung bagaimana cara memulainya dan bagaimana cara membuatnya. Semuanya tidak sulit anda hanya perlu sedikit belajar cara membuatnya dan untuk selanjutnya dapat anda kembangkan sendiri sesuai dengan keinginan anda.

Nah apabila anda pintar dalam mengambil peluang dan mengembangkannya maka usaha ini dapat anda jadikan sebagai ladang untuk menghasilkan keuntungan yang pastinya tidak main-main.

Tips Pengolahan

Untuk mencoba usaha keripik pisang sebenarnya seluruh pisang bisa untuk membuat keripik pisang seperti pisang ambon, pisang nangka, pisang ambon, pisang tanduk dan pisang kepok. Tetapi menurut beberapa pengusaha keripik pisang dari sekian banyak jenis pisang hanya pisang kapok yang paling cocok dan bagus untuk membuat keripik karena rasa serta teksturnya mendukung. Nah satu lagi ketika anda menaburkan bumbu jangan tunggu hingga pisang menjadi kering baru menaburkan bumbu karena bisa mengurangi daya rekat bumbu yang menempel pada pisang. Jadi taburkan bumbu ketika sedang meniriskan pisang dan ketika masih hangat atau panas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.