Uncategorized

Trik Jualan Makanan Biar Laris Manis

Saat ini sering kita mendengar tentang kisah sukses para pengusaha makanan, baik melalui media internet maupun langsung melihat pengusaha tersebut. Salah satu...

Written by Ackles · 3 min read >
trik jualan makanan biar laris

Saat ini sering kita mendengar tentang kisah sukses para pengusaha makanan, baik melalui media internet maupun langsung melihat pengusaha tersebut. Salah satu hal yang menjadikan mereka sukses adalah pastinya sudah tentu trik jualan makanan biar laris serta keahlian mereka dalam melakukan promosi.

Usaha makanan tentunya merupakan sebuah usaha yang tak akan pernah ada hentinya. Selagi masih ada manusia maka usaha ini akan terus berkembang kedepannya. Sementara itu, jumlah populasi manusia terus bertambah dari tahun ke tahun.

Berikut Trik Jualan Makanan Biar Laris Manis :

1. Menjaga Kualitas Produk Dapat Meningkatkan Rasa Percaya Konsumen

Menjaga kualitas makanan merupakan faktor pertama yang paling penting agar promosi dapat terus berjalan sukses. Untuk itu, Anda perlu menjalankan aktivitas Quality Control yang meliputi :

  • Memastikan rasa makanan yang enak
  • Menjaga tampilan produk tetap bersih, menarik dan rapi.
  • Memastikan bahan baku yang digunakan berkualitas sesuai standar kesehatan

Menjaga kualitas makanan bisa membantu meningkatkan rasa percaya konsumen. Sehingga konsumen akan selalu membeli produk Anda ketika dihadapkan pada produk yang sama di pasaran. Itulah alasan mengapa pentingnya dalam menjaga kualitas makanan merupakan poin pertama yang harus Anda perhatikan. Selain itu, menjaga kualitas produk juga dapat menjaga nama baik brand Anda.

2. Mengikuti Even Dapat Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness merupakan Salah satu strategi jitu yang dapat meningkatkan penjualan produk Anda. Biasanya pengusaha besar menggunakan media iklan dengan jumlah yang banyak melalui internet maupun televisi. Nah sebagai pengusaha makanan, Anda dapat memanfaatkan kegiatan bazar atau event lainnya sebagai ajang promosi Anda.

Anda juga bisa memanfaatkan even tersebut untuk memberikan harga yang spesial atau diskon khusus. Strategi ini dapat memberikan Anda banyak konsumen baru. Silahkan Anda cari even yang ada, manfaatkan kemudian lakukan promosi secara intensif agar brand produk Anda menjadi terkenal.

3. Memanfaatkan Media Online Untuk Promosi

Pengguna internet di Indonesia sangatlah tinggi. Ini tentu hal tersebut menjadi peluang emas bagi Anda untuk melakukan promosi. Anda bisa menjangkau banyak konsumen dari manapun. Promosi metode online sangat bervariasi, tergantung dari budget dan kemampuan milik anda. Namun yang jelas, promosi dengan media online seperti memanfaatkan media sosial terkenal lebih mudah dan murah jika dibandingkan dengan menggunakan media televisi.

Anda hanya perlu menggunakan smartphone dan paket internet. Harga paket internet saat ini juga sudah sangat bersahabat. Jadi tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan media online untuk melakukan promosi.

4. Bedakan Produk Anda Dengan Kompetitor Untuk Menciptakan Permintaan Yang Tinggi

Agar produk milik Anda cepat laku dan disukai oleh para konsumen, maka harus buat sesuatu yang berbeda dari produk milik pesaing Anda. Berikan pertanyaan seperti berikut ini untuk membuat perbedaan.

  • Apakah produk yang dibuat memiliki sesuatu yang baru dari yang lain?
  • Apakah memberikan keuntungan tersendiri untuk konsumen dari segi uang, waktu atau usaha?
  • Apakah dibuat dengan cara berbeda?
  • Apakah lebih sehat dari segi bahan?
  • Tampilan lebih menarik?

Jadi pastikanlah bahwa produk milik Anda adalah produk pilihan terbaik. Cara ini dapat membuat konsumen lebih memilih produk Anda ketimbang para pesaing Anda. Silahkan Anda buat strategi tersendiri agar produk Anda dapat bersaing dengan yang lain.

5. Buat Slogan Yang Menarik Agar Konsumen Selalu Ingat Produk Anda

Ada satu teknik yang unik nan menarik dan sering digunakan oleh perusahaan besar. Teknik yang digunakan berupa slogan yang gampang dan mudah diingat konsumen. Contoh coba perhatikan slogan yang satu ini “Indomie Seleraku”. Slogan tersebut mudah untuk diingat bukan?

Cara ini cukup efektif agar promosi Anda dapat berjalan dengan lancar. Anda dapat memasang slogan pada kemasan produk Anda atau pada setiap iklan audio maupun video yang Anda buat. Buat slogan yang cocok dengan produk Anda, carilah kata yang paling simple dan unik atau kata yang lazim digunakan yang tentunya sesuai dengan produk. Anda dapat belajar membuat slogan dari perusahaan makanan terkenal.

6.  Coba Berikan Sampel Agar Konsumen Kenal

Suatu produk dapat dipercaya konsumen ketika produk tersebut Banyak dikenal. Caranya adalah dengan memberikan sampel makanan atau produk gratis untuk dicoba terlebih dahulu. Dengan cara yang satu ini konsumen dapat menjadi semakin percaya dan yakin dengan produk milik Anda. Bukan hanya produk makanan, produk seperti mobil juga memanfaatkan teknik tersebut seperti dengan melakukan test drive dan lain sebagainya.

7. Berikan reward pada konsumen loyal Anda

Tentunya akan ada konsumen yang begitu loyal dengan produk Anda. Dengan kata lain, konsumen tersebut menjadi pelanggan setia yang Anda miliki. Nah agar konsumen tersebut tetap setia pada produk Anda, Anda dapat memberikan hadiah berupa diskon khusus atau pelayanan khusus.

Sebagai contoh Anda memberikan redward berupa satu produk setiap 10 pembelian berikutnya. Hal ini justru dapat memancing para konsumen lain untuk ikut mendapatkan hadiah tersebut. Ini merupakan strategi yang cukup efektif. Namun masih perlu pertimbangan kembali, apakah profit yang Anda dapatkan akan tetap berjalan dengan lancar.

8. Menyebarkan Brosur atau Stiker Agar Produk Anda Semakin Terkenal

Cara lain yang dapat dilakukan untuk membuat promosi semakin sukses adalah dengan membuat selebaran atau brosur tentang produk Anda. Buat desain selebaran atau brosur yang unik dan menarik. Seperti yang telah disebutkan diatas, pada brosur tersebut buat juga slogan yang sesuai dan mudah di ingat.

Cara ini terbilang cukup efektif untuk mendatangkan pelanggan baru. Anda juga dapat menambahkan kelebihan dari produk milik Anda pada selebaran tersebut, seperti menambah apa saja resep yang tersedia, menambah bahan unggulan yang digunakan dan lain sebagainya.

9. Tingkatkan Kualitas Layanan Untuk Menarik Hati Konsumen

Faktor dari pelayanan juga memegang peranan penting dalam menjalankan bisnis. Anda harus selalu ramah dan santun kepada para konsumen Anda. Cara ini tentuya sangat efektif untuk menarik hati para konsumen.

Jika Anda memiliki karyawan yang bertugas melayani konsumen, berikan training atau pelatihan kepada mereka bagaimana cara melayani konsumen dengan baik. Hal ini sangat penting mengingat hati konsumen harus dikuasai terlebih dahulu agar mereka menjadi pelanggan setia Anda.

10. Meningkatkan Kerja Sama Untuk Memperluas Jangkauan Produk Anda

Kerja sama yang luas bisa memberikan keuntungan yang besar bagi bisnis makanan Anda. Berikut banyak sekali jenis kerja sama yang bisa Anda terapkan seperti :

  • Bekerja sama dengan instansi pemerintah pariwisata
  • Bekerja sama dengan agen pariwisata
  • Bekerja sama dengan para ahli marketing
  • Menjadi kerja sama dengan perusahaan Expor Import
  • Dan lain sebagainya

Perusahaan besar merupakan perusahaan yang mempunya mitra bisnis yang luas. Jadi mulai dari sekarang jika Anda inin mendapatkan pelanggan yang banyak,  makan Anda dapat melakukan kerja sama untuk meningkatkan promosi Anda.

Kesimpulan :

Itulah tadi beberapa trik jualan makanan biar laris yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan konsumen yang banyak. Lakukanlah mengguakan cara terbaik menurut Anda, riset dengan teliti dan catat semua kegiatan Anda dengan teratur. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk menjadi lebih maju kedepannya. Salam dan sukses selalu.

cara memasak keong sawah

Cara Memasak Keong Sawah

Ackles in Uncategorized
  ·   2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.