Artikel

Berikut Ini Contoh Kemasan Makanan Ringan yang Menarik

Contoh kemasan makanan ringan yang menarik sudah banyak ditampilkan di media, namun tak sedikit juga dari para pelaku usaha yang hanya melihat...

Written by Ackles · 3 min read >
contoh kemasan makanan ringan yang menarik

Contoh kemasan makanan ringan yang menarik sudah banyak ditampilkan di media, namun tak sedikit juga dari para pelaku usaha yang hanya melihat tapi tidak mengetahui cara membuatnya atau bahkan tidak memperhatikan cara membuatnya.

Karena selain kita harus memperhatikan cara membuat kemasan makanan ringan yang menarik, kita juga harus memperhatikan kualitas dari makanan ringan yang ada didalamnya. Dengan begitu kemasan menarik yang kamu punya akan dapat meningkatkan penjualan.

Disini akan sama sama kita bahas mengenai contoh makanan ringan yang menarik. Silahkan disimak!

 

Makanan Ringan

makanan ringan

Makanan ringan atau yang biasa disebut dengan snack adalah makanan yang dapat disantap atau dimakan untuk menghilangkan rasa lapar seseorang sementara waktu guna memberi sedikit pasokan tenaga ke tubuh. Makanan ringan juga biasa dimakan hanya untuk dinikmati rasanya.

 

Kemasan Makanan Ringan

Kemasan makanan ringan secara umum merupakan jenis kemasan yang memang diperuntukkan untuk mengemas makanan ringan yang berfungsi untuk melindungi produk makanan tersebut agar tetap baik dikonsumsi oleh konsumen. Selain berfungsi untuk melindungi, kemasan juga dapat berfungsi untuk mempertahankan kualitas isi produk makanan ringan yang ada didalamnya.

 

Cara Membuat Kemasan Makanan Ringan yang Menarik

cara membuat kemasan makanan ringan yang menarik

1. Kreatif dan Ekonomis

Kemasan makanan ringan harus inovatif dan kreatif, serta dapat mempermudah konsumen saat membawa dan mengkonsumsinya karena saat ini kebanyakan konsumen lebih mengutamakan nilai kepraktisan. Dengan nilai praktis itu kemasan yang ditawarkan juga harus memiliki penutup yang aman.

Karena jika penutupnya tidak aman dan kuat, kemasanmu bisa saja akan mudah terbuka dan menjadikan camilan yang ada didalamnya menjadi melempem. Maka dari itu saat pengemasan juga perlu memperhatikan segel, pilihlah alat pres yang kuat dan berkualitas.

Kamu juga perlu menyesuaikan jenis alat pres dengan kemasan yang akan kamu pasarkan.

2. Warna dan Ciri Khas

Penggunaan warna yang cerah dan menarik pada kemasan produk akan membuat kemasan terlihat lebih menonjol dari sisi pewarnaan. Efek mengkilat yang dihasilkan dari warna kemasan itu juga akan memberi kesan mewah dan bermutu pada kemasan produk. Untuk lebih menarik konsumen, sebaiknya pilih kemasan yang berbeda dan unik.

Jika perlu, jadikan kemasan produk menjadi salah satu ciri khas dari produk yang dijual. Bentuk kemasan yang unik dan berbeda dapat membuat pelanggan jadi selalu ingat, bahkan dapat menjadikan produk tersebut menjadi ikon dari produk sejenisnya.

3. Informatif

Kemasan makanan ringa yang dipakai harus mengandung informasi yang jelas supaya dapat menjadi perhatian para konsumen saat membeli produk makanan ringan. Karena informasi pada kemasan dapat memberikan informasi penting dari produk tersebut.

Informasi yang diberikan biasanya berupa cara penggunaan, manfaat, data legalitas, dan tanggal baik digunakan (expired)

4. Ukuran

Sesuaikan ukuran kemasan dengan ukuran produk yang dijual. Hindari kemasan yang terlalu besar atau terlalu kecil agar produk tidak rusak, dan sesuaikan juga dengan kebutuhan konsumen.

5. Special pack

Tak lengkap rasanya jika menjual produk dengan kemasan yang menarik tanpa memberikan promosi apapun. Cobalah untuk jeli melihat keadaan dan momen acara besar yang sedang terjadi. Misalnya saat momen hari raya, tak ada salahnya untuk memberikan special pack dengan warna, desain, sampai penawaran promo yang menarik

6. Penyesuaian Target

Cara atau tips mengemas snack dengan menarik perlu memeriksa target pasar, karena dengan kemasan yang menarik dan mewah tampilannya tentu memiliki harga tinggi yang akan memberatkan harga jual pada konsumen. Dengan begitu hal ini harus dipertimbangkan dengan target pasar yang akan dibidik.

 

Contoh Kemasan Makanan Ringan yang Menarik

contoh kemasan makanan ringan

1. Kemasan Makanan Ringan Keripik Buah

Bagian akhir pada proses produksi keripik buah adalah dengan menggunakan mesin vacuum frying pada proses pembuatannya, yaitu penggorengan. Pada proses pembuatan ini terbilang cukup menarik karena menggunakan mesin. Selain ini mesin vacuum frying ini juga memegang peranan penting untuk membuat keripik buah.

Namun bagian pengemasanlah yang memegang peranan terpenting dalam penyampaian produk ke konsumen. Agar produk keripik dapat terkemas lebih rapi dan aman, maka produsen memerlukan bantuan alat kemas yang bisa mengkoordinir hal tersebut yaitu menggunakan continuous sealer.

Dengan proses produksi yang menggunakan lebih dari satu mesin itu sudah dapat dikatakan menarik.

2. Kemasan Makanan Ringan Sereal

Pengemasan pada makanan ringan sereal dapat dibilang menarik karena pada pengemasannya perlu memperhatikan banyak hal. Seperti :

  • Kita harus memperhatikan udara yang ada pada kemasan, mengingat udara dapat menjadi media perkembangan bakteri.
  • Menyegel kemasan dengan benar, untuk memberikan pertahanan yang baik karena produk pasti bisa terlindungi secara maksimal.
  • Pemilihan plastik yang benar, karena bahan plastik memiliki bahan dasar yang berbeda beda. Jadi kamu harus benar benar memperhatikan saat akan memilihnya demi keamanan dan ketahanan produkmu

 

Itulah contoh kemasan snack yang dapat saya bagikan, melihat dari proses produksi dan pengemasannya.

 

Peranan Kemasan Makanan Ringan yang Menarik untuk Penjualan

Setelah membahas mengenai contoh kemasan makanan ringan yang menarik, lalu apa sih peranan atau pengaruh penggunaannya untuk penjualan produk itu sendiri? Berikut peranannya :

1. Pendekatan Antara Gaya Hidup dan Minat

Di zaman milenial kebutuhan gaya hidup konsumen semakin meningkat. Para produsen harus memperhatikan hal tersebut dan lebih cermat akan gaya hidup para target market produk makanan ringan. Dengan mengikuti perkembangan zaman dan memanfaatkannya produsen bisa mengambil peluang yang ada.

2. Pendekatan Personal

Makanan ringan zaman dulu bisa bertahan sampai saat ini tidak hanya karena loyalitas para konsumen. Namun kemasan makanan ringan yang menarik perlu dilakukan pembaharuan supaya dapat semakin dekat dengan pembeli baru. Hasilnya, citra produk dapat meningkat dan mampu menarik lebih banyak konsumen.

3. Sebagai Alat Pemasaran

Kemasan makanan ringan yang menarik dapat dijadikan salah satu pemasaran yang efektif. Produk pun akan lebih mudah bersaing dengan kompetitor dan lebih dikenali banyak orang.

 

Penutup

Sejatinya kemasan ada untuk memberi wadah atau tempat bagi produk yang telah selesai pada proses produksinya. Namun pembuatan kemasan tidak bisa jika hanya berpatokan pada kalimat untuk memberi wadah atau tempat, karena pada kemasan harus memperhatikan kualitas dan kuantitas supaya kemasanmu juga dapat meningkatkan penjualan.

Pentingnya penggunaan tiang lampu jalan

Ackles in Artikel
  ·   1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.