Bisnis

Cara Mudah Cek Kesehatan Keuangan

Mengapa kita harus cek kesehatan keuangan kita? Adakah cara yang bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana? Cek kesehatan keuangan ini menjadi penting...

Written by Ackles · 1 min read >

Mengapa kita harus cek kesehatan keuangan kita? Adakah cara yang bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana?

Cek kesehatan keuangan ini menjadi penting ketika Anda akan mengambil keputusan keuangan yang besar. Yuk kita cari tahu caranya di artikel ini.

Pentingnya Cek Kesehatan Keuangan (Financial Check Up)

Mengelola keuangan pribadi, tentu memiliki tantangannya sendiri. Ada beberapa orang yang merasa sudah mahir dalam mengelola keuangannya tetapi masih ada juga orang yang merasa keuangannya selalu kurang atau boros.

Bagaimana caranya mengelola keuangan yang baik? Cara mengelola keuangan yang baik dapat Anda lihat pada gambar dibawah ini, bagaimana caranya mendapatkan arus kas yang baik.

Dari gambar di atas, dapat kita lihat bahwa jika kita hanya mengandalkan gaji saja, tentu akan sulit untuk memenuhi segala kebutuhan hidup kita sehari-hari.

Tidak asing juga jika kita menjumpai beberapa rekan kita yang akhirnya memutuskan untuk mengambil utang demi menyambung kehidupannya di bulan tersebut.

Apakah hal tersebut wajar atau ideal? Tentu saja tidak ideal.

Anda sudah harus mulai mengelola uang Anda dengan baik supaya Anda tidak bertemu dengan masalah-masalah keuangan yang dapat menjadi pemicu masalah kehidupan Anda.

Jika Anda sudah memahami bahwa hanya dengan mengandalkan gaji saja, Anda akan menemui kesulitan baik untuk memenuhi kebutuhan Anda dan untuk mencapai kebebasan finansial.

Jika dilihat dari gambar di atas, ketika Anda menambahkan hasil investasi dan pendapatan pasif, tentu akan lebih memudahkan Anda dalam memenuhi kebutuhan Anda.

Anda pun tidak akan menemui utang atau bahkan masalah keuangan lainnya. Permasalahannya adalah berapa sih yang harus Anda investasikan dari gaji yang Anda dapatkan setiap bulannya?

Jangan sampai Anda menabung atau berinvestasi tetapi Anda masih sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup bulanan Anda. Sehingga, ketika akhir bulan datang, Anda pun masih menjumpai utang.

Ketika Anda sudah mengecek kesehatan keuangan Anda, Anda pun akan semakin mudah untuk mengetahui berapa sih besaran uang yang harus Anda mulai investasikan.

Anda pun tidak akan menemui kembali yang namanya utang di akhir bulan. Selain itu, dengan Anda mengecek kesehatan keuangan Anda, tentu akan mempermudah Anda mengetahui bagian mana saja yang menjadi penyebab utama boros Anda.

Anda pun akan tahu berapa banyak yang seharusnya bisa Anda hemat dengan jelas.

Anda pun semakin mengerti dengan kondisi keuangan Anda, apa saja yang harus Anda lakukan untuk mengambil keputusan yang tepat dalam keuangan Anda.

Cek kesehatan keuangan ini memang sangat penting untuk Anda, terlebih lagi saat Anda akan mengambil keputusan keuangan yang besar, seperti membeli rumah, mobil, berbisnis dan lain sebagainya.

Cara Mengecek Kesehatan Keuangan
Sekarang Anda sudah mengetahui bahwa kesehatan keuangan memanglah penting. Dimana Anda bisa mengecek kesehatan keuangan Anda? Anda bisa mengecek kesehatan keuangan Anda di Aplikasi Finansialku.

Jika Anda belum memiliki Aplikasi Finansialku, Anda dapat mendapatkannya secara gratis pada link di bawah ini. Selain itu, Aplikasi Finansialku kini sudah tersedia di Google Play Store dan App Store.

Sekarang Anda sudah memiliki Aplikasi Finansialku, saatnya saya akan membantu Anda untuk mengecek kesehatan keuangan Anda. Hal pertama yang Anda lakukan adalah log in dan sign up dan ikuti langkah-langkahnya.

Ketika Anda sudah log ini dan sign up, selanjutnya Anda tinggal klik fitur Financial Check Up seperti gambar di bawah ini:

Anda klik Financial Health Check Up, yang selanjutnya Anda akan diarahkan ke menu yang harus Anda isi sendiri.

Setelah mengisi semua formulir yang tersSama seperti sebelumnya, hanya ada dua indikator yaitu tidak ideal dan ideal. Jika Anda ingin mengetahui kelengkapan dari cek kesehatan keuangan Anda, Anda dapat klik kirim hasil ke email.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.