Uncategorized

Mengenal Olahan Sabut Kelapa yang Punya Banyak Manfaat

Written by Ackles · 3 min read >

Mengenal Olahan Sabut Kelapa – Halow temen-temen! Ketemu lagi yak kita di sini, sekarang kita bakalan fokus mengenal olahan sabut kelapa. Kalian tau ga si? Sabut kelapa itu punya banyak banget manfaat di kehidupan rumah tangga Indonesia.

Banyak banget deh pokoknya produk – produk rumah tangga fungsional yang berbahankan dasar serat sabut kelapa ini. Misalnya kayak keset, pot, keranjang, kasur, sapu, tali tambang dan lain sebagainya.

Emang kenapa sih kok banyak banget produk – produk yang pakai sabut kelapa ini sebagai bahan dasar? Emangnya kualitasnya tuh kayak gimana? Lebih bagus daripada bahan sintetis lainnya ya? Yok kita bareng – bareng mengenal olahan sabut kelapa yang punya banyak manfaat.

Mengenal Serat Sabut Kelapa dulu Yok, Supaya Lebih Paham

Serat atau sabut yang banyak dipakai untuk bahan dasar produk dari kelapa yaitu selimut bagian luarnya. Kelapa yang telah selesai diolah ini biasanya akan menghasilkan serat – serat kelapa atau yang banyak disebut sebagai coco fiber dan juga sisaan olahan yang berupa serbuk atau disebut cocopeat.

Produk pokok yang dihasilkan dari kelapa ini adalah sabut kelapanya atau sering disebut sebagai coco fiber. Dari bahan dasar sabut kelapa ini bisa menghasilkan banyak produk yang beragam dan bermanfaat.

Di Indonesia ini, bahan sabut kelapa udah banyak dipake buat bahan dasar pembuatan pupuk kompos organik di banyak perkebunan. Banyak mesin canggih yang mendukung untuk proses peregangan dan mengolah serat sabut kelapa.

Ketika batok kelapa diolah menjadi serat sabut kelapa, prosesnya akan menghasilkan sisaan atau limbah berupa serbuk sabut kelapa atau yang sering disebut dengan cocopeat.

Cocopeat sendiri sudah banyak dipakai untuk keperluan pupuk di banyak perkebunan, misal digunakan untuk media tanam atau juga menjadi pupuk yang menunjang pertumbuhan tanaman.

Mengenal Olahan Sabut Kelapa yang Beragam

Nah, sabut kelapa ini kan punya banyak kandungan unsur yang bermanfaat serta karakter fisik yang kuat. Maka, kita bisa menghasilkan banyak produk olahan fungsional yang bisa dibuat dengan bahan dasar sabut kelapa.

Banyak warga desa di Indonesia yang menjadi pengrajin produk olahan sabut kelapa sebagai mata pencaharian mereka sehari – hari. Kebutuhan manusia akan produk olahan sabut kelapa sendiri juga semakin meningkat seiring majunya industri.

Contoh produk yang bisa dihasilkan antara lain keset rumah, pot tanaman, sapu ijuk, tali tambang, pupuk tanaman dan cocomesh. Untuk cocomesh jaring sabut kelapa sendiri memang banyak dibutuhkan oleh para perusahaan tambang untuk mengatasi masalah kontur tanah yang rusak.

1. Mengenal Olahan Sabut Kelapa Keset

Pastinya ada banyak banget lah rumah – rumah di Indonesia yang masih pake keset rumah mereka dengan produk keset berbahan dasar serat sabut kelapa. Keset ini pasti umumnya berfungsi untuk ngebersihin telapak kaki kita kalo habis keluar rumah atau ketika basah.

Kalo dilihat dari bahan pokoknya sendiri, bahan serat sabut kelapa yang punya karakter lembut membuat kaki kita nyaman ketika memijak dan menggesekkan. Selain itu juga karna daya serap airnya tinggi maka sangat cocok ditaruh di depan pintu toilet atau kamar mandi.

Dan untuk macam – macam ragam keset dari sabut kelapa di Indonesia sendiri sudah ada banyak ragam mulai dari bentuk yang unik hingga tulisan yang kreatif.

2. Mengenal Olahan Sabut Kelapa Sapu Ijuk

Pastilah ibu – ibu rumah tangga di Indonesia sudah ga asing lagi sama produk olahan serat sabut kelapa yang satu ini. Yap bener! Sapu ijuk yang dibuat dari serat sabut kelapa ini tu udah banyak banget dipake di Indonesia sejak jaman dulu.

Apalagi manfaat pake sapu sabut  kelapa ini juga banyak banget, lebih awet dengan bahan alami, lebih bersih karna lebih padat dan juga tidak menyerap bau.

Jadi, sapu ijuk berbahan baku serat sabut kelapa ini masih tetap jadi pilihan sapu utama yang dianggap lebih efisien dan efektif. Apalagi kalo di desa – desa yang masih tradisional banget, masyarakatnya lebih seneng pake sapu ini daripada pake sapu sintetis.

Namun, di zaman kini udah banyak banget produk sapu – sapu sintetis modern atau buatan yang mulai  mengsubtitusi sapu ijuk sabut kelapa ini.

Walaupun udah ada banyak banget sapu – sapu sintetis yang mulai ngegantiin keberadaan sapu ijuk sabut kelapa ini. Masih banyak lho ibu rumah tangga di Indonesia yang lebih suka pake sapu ijuk serat sabut kelapa yang satu ini.

3. Membuat Pot Tanaman dari Sabut Kelapa

Pot tanaman dari sabut kelapa atau cocopot ini merupakan sebuah pot tanaman berbahan dasar sabut kelapa, media pot sabut kelapa ini bisa digunakan sebagai media tanam langsung. Pot tanaman dan juga sekaligus media tanam, praktis banget lahh!

Cocopot atau pot tanaman sabut kelapa sangat bagus digunakan sebagai media substitusi media tanam polibag. Pehobis tanaman pasti bakalan milih cocopot dengan bahan dasar sabut, mengingat ramah lingkungan dan praktis.

4. Membuat Tali Tambang Dari Sabut Kelapa

Kamu pernah belum main tarik tambang? Pasti pernah dong. Nah, tanpa kamu sadari tuh tali tambang yang dipake pas permainan tarik tambang itu tuh dianyam dari bahan dasar sabut kelapa.

Ga cuma talinya digunakan permainan tali tambang, tali sabut kelapa ini juga bisa jadi tali buat mengikat barang – barang berat karena sabut kelapa yang dibuat menjadi tali biasanya akan dibuat dengan proses yang memakai tali.

Tahapan pembuatan tali sabut kelapa ini biasanya memakai suatu mesin khusus untuk memintal membentuk dan menganyam tali tambang kelapa.

Sebab dalam proses pembuatannya memakai mesin yang canggih dan efisien, maka tali yang dihasilkan kuat, kokoh dan juga lebih awet. Sebab banyak sekali kegiatan yang butuh tali tambang, maka memproduksi tali dari sabut kelapa merupakan salah satu ladang bisnis yang banjir cuan.

Tali tambang yang dibuat dari serat sabut kelapa ini tuh juga udah jadi bahan dasar utama dari pembuatan cocomesh jaring sabut kelapa.

5. Pembuatan Coco Mesh atau Coco Net

Coco Mesh, kalian ini tau ga cocomesh atau jala sabut kelapa ini tuh apa? Gunanya buat apa tu? Nah kalo jaring cocomesh ini tuh salah satu produk olahan serat sabut kelapa yang berbentuk jaring – jaring (net) atau jala. Jaring – jaring ini dipintal dan dianyam dari tali tambang yang terbuat dari serat sabut kelapa pada poin sebelumnya.

Kalo penggunaannya sendiri tuh buat diletakkan ke lereng – lereng tanah rawan longsor areal bekas tambang.

Pertama, supaya mampu mencegah terjadinya erosi atau pengikisan tanah oleh air hujan atau angin. Ini dikarenakan serat sabut kelapa ini punya karakter fisik kuat dan mampu menyerap air dengan daya yang luar biasa, sehingga air tak mampu lagi mengikis tanah.

Yang kedua, cocomesh yang diterapkan menjadi media tanam reboisasi atau tanam ulang areal gersang bekas tambang. Kandungan unsur kimia yang ada dalam serat sabut kelapa ini mampu mempercepat pertumbuhan tumbuhan jadi lebih baik dan optimal lagi.

Nah, setelah mengenal olahan sabut kelapa, kamu sudah paham kan kalau sabut kelapa ini punya banyak banget manfaat. Sebenarnya masih ada banyak lagi produk -produk olahan sabut kelapa yang lain, tapi takutnya artikelnya jadi kepanjangan hehe. Jadi sampai di sini aja ya, terima kasih.

cara memasak keong sawah

Cara Memasak Keong Sawah

Ackles in Uncategorized
  ·   2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.