Uncategorized

Skill Kuliah Jurusan Teknik Industri

Written by Ackles · 2 min read >

Sebagai tidak benar satu cabang di rumpun ilmu teknik, jurusan Teknik Industri dikenal cukup populer di pada calon mahasiswa. Kepopuleran ini lantaran mahasiswa sanggup lebih fleksibel dan tidak melulu studi soal teknik. Lalu apa yang dipelajari dan apa saja ya yang harus dikuasai untuk jadi lulusan Teknik Industri yang berkualitas?

Prodi Teknik Industri di Indonesia sendiri berawal di th. 1950-an melalui inisiatif para insinyur dari jurusan Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB).

Para insinyur ini terasa bahwa mereka tidak sanggup cuma sekadar menekuni bidang pengoperasian atau perawatan mesin saja, sebab pada waktu itu mereka telah dituntut untuk laksanakan pengorganisasian sistem memproses secara keseluruhan.

Akhirnya, pada tanggal 1 Januari 1971 terbentuklah Program Studi Teknik Industri di ITB yang merupakan pengembangan dari Teknik Mesin.

Prodi Teknik Industri mempunyai tujuan menghasilkan sarjana yang sanggup merancang, menerapkan, mengevaluasi, dan memperbaiki sistem terintegrasi dari manusia, mesin/peralatan, informasi, material dan energi.

Mahasiswa dan lulusan Teknik Industri pasti telah mengenal slogan ini: EFEKTIVITAS, EFISIENSI, dan PRODUKTIVITAS.

Ya, sebab secara sederhana, Teknik Industri memang mempunyai tujuan menciptakan sistem yang lebih baik dengan mengurangi waste, dan juga tingkatkan kualitas sumber energi (optimalisasi).

Dari sekian luasnya bidang keilmuan yang dipelajari, apa saja ya yang harus amat dikuasai mahasiswa agar sanggup jadi lulusan Teknik Industri yang berkualitas?

Di bawah ini, ITEBA punyai rangkumannya!

 

Kuasai Sistem Manufaktur

Di jurusan Teknik Industri, mahasiswa dilatih mobilisasi sistem memproses yang lebih optimal, efisien dan efektif. Tujuannya agar produktivitas didalam sebuah perusahaan terus meningkat. Sistem memproses ini dikenal juga dengan sistem manufaktur.

Sistem manufaktur merupakan suatu sistem yang terdiri dari kumpulan peralatan dan SDM yang terintegrasi, yang berfungsi mobilisasi satu atau lebih sistem atau operasi perakitan yang diawali dari bahan baku ataupun suatu bagian.

Peralatan yang terintegrasi terdiri dari mesin dan perkakas produksi, penanganan material dan posisi kerja dan juga posisi peralatan, dan sistem komputer. Sedangkan sumber energi manusia dibutuhkan baik secara berkesinambungan maupun secara periodik untuk menjaga sistem tetap berjalan.

Sistem manufaktur atau memproses yang terintegrasi tidak cuma dibutuhkan di pabrik, loh. Sistem ini juga dibutuhkan di dunia perbankan, rumah sakit, dan lain sebagainya.

 

Kuasai Sistem Industri & Ekonomi Teknik

Sistem Industri mempelajari bagaimana cara tingkatkan keahlian atau kelebihan sebuah sistem yang terdiri dari tenaga kerja, bahan baku, energi, informasi, teknologi, infastruktur yang terjalin dengan masyarakat, komunitas bisnis dan pemerintah.

Beberapa perkuliahan yang dapat kamu temui adalah riset operasi, sistem logistik, statistika industri, logika pemograman dan sistem basis data.

Dengan menguasai sistem industri, kamu diinginkan juga sanggup memecahkan kasus rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi. Terutama dengan perhatikan faktor-faktor ekonomi, kesegaran dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan (environmental consideration).

Sedangkan, Ekonomi Teknik adalah disiplin ilmu yang mengenai dengan aspek-aspek ekonomi didalam teknik. Terdiri dari evaluasi sistematis dari biaya-biaya dan manfaat-manfaat usulan proyek-proyek teknik.

Pada bidang Ekonomi Teknik, mahasiswa mempelajari sebuah metode analisis untuk menyebabkan ketetapan teknikal (engineering) berdasarkan pertimbangan ekonomi.

 

Kuasai Ilmu Manajemen & Bisnis

Di pada beraneka prodi yang tersedia di Fakultas Teknik, jurusan Teknik Industri kerap mendapat cap sebagai jurusan tehnik yang paling ‘tidak teknik’.

Hal ini lantaran didalam jurusan Teknik Industri, mahasiswa tidak cuma menekuni bidang keteknikan dan permesinan saja. Mahasiswa juga dapat mempelajari seluk beluk manajemen dan bisnis.

Maka dari itu, seorang lulusan Teknik Industri harus menguasai ilmu manajemen dan bisnis, apalagi sampai keuangan.

Mulai dari merancang ide, buat persiapan desain dan fasilitas produksi, dan rekayakasa kualitasnya, perlu sekali untuk menguasai tahapan sampai product diluncurkan dan dipasarkan.

Dalam ilmu Manajemen Industri kamu dapat terjalin dengan manajemen sumber energi manusia didalam seluruh sistem industri.

Jadi, mahasiswa dapat studi bagaimana gunakan dan mengoptimalkan SDM di sebuah perusahaan. Hal ini dilaksanakan agar perusahaan sanggup tingkatkan nilai sistem usaha.

 

Prospek Kerja Sarjana Teknik Industri

Bicara mengenai prospek pekerjaan, sebab yang dipejari didalam jurusan ini sanggup dibilang adalah paket lengkap, maka sarjana Teknik Industri punyai peluang bekerja di beraneka bidang dan industri.

Tidak cuma pada bidang memproses dan manufaktur, sarjana Teknik Industri juga berkesempatan membangun karier di bidang sistem informasi, pemasaran, logistik, SDM, perbankan.

cara memasak keong sawah

Cara Memasak Keong Sawah

Ackles in Uncategorized
  ·   2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.