Uncategorized

Cara Menanam dan Merawat Anggrek di Sabut Kelapa

Cara Menanam Anggrek di Sabut Kelapa – Banyak media tanam yang bisa dipakai untuk menanam tanaman bunga anggrek. Selain menggunakan arang, kamu...

Written by Ackles · 2 min read >
Cara Menanam Anggrek di Sabut kelapa

Cara Menanam Anggrek di Sabut Kelapa – Banyak media tanam yang bisa dipakai untuk menanam tanaman bunga anggrek. Selain menggunakan arang, kamu juga bisa memakai sabut kelapa yang mudah ditemukan di negara kita tercinta ini, Indonesia.

Dalam proses menanam dan mengolah sabut kelapa sampai bisa menjadi media tanam bibit anggrek tidaklah sulit. Dikarenakan media tanam sabut kelapa yang sudah tua memang bagus untuk tumbuh-kembang anggrek.

Sabut kelapa bisa menjadi pilihan para pecinta tanaman bunga anggrek bagi yang kurang menyukai media tanam menggunakan tanah. Untuk penanaman anggrek di sabut kelapa tidak memerlukan tanah dan bisa di gantung ataupun di taruh di rak tanaman anggrek.

Jika dibandingkan dengan media tanaman pot, maka kesan alami lebih bisa diperoleh pada media tanam sabut kelapa ini. Untuk cara menanam anggrek dengan sabut kelapa, bisa kamu simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Cara Menanam Anggrek di Sabut Kelapa

Cara Menanam Anggrek di Sabut Kelapa agar Bunga Cepat Mekar

1. Persiapan Sabut Kelapa

Sabut kelapa menjadi pilihan yang bagus untuk menanam anggrek supaya hasil bunga anggrek lebih indah. Namun, sebelum menanam Anda harus mempersiapkan dan mengolah sabut kelapa untuk media tanam anggrek dengan benar. Berikut langkah-langkahnya!

  1. Gunakanlah sabut kelapa yang umurnya sudah tua atau sudah berwarna coklat!
  2. Setelah mendapatkan sabut kelapa yang tua, maka rendam selama 6 jam hal ini bertujuan untuk menghilangkan zat tanin yang terkandung pada sabut kelapa!
  3. Selanjutnya rendam lagi menggunakan fungisida, hal ini bertujuan untuk mencegah adanya jamur yang nantinya muncul di media tanam sabut kelapa!
  4. Kemudian baru angkat sabut kelapa, keringan, dan iris menjadi beberapa bagian, secara vertikal!

2. Memilih Bibit Anggrek

Sekarang Anda sudah memiliki media tanam sabut kelapa, tinggal memilih bibit anggrek yang bagus untuk ditanam di sabut kelapa. Ciri-ciri bibit anggrek yang cocok untuk ditanam di media sabut kelapa:

  1. Bibit anggrek yang sehat dengan daun yang segar.
  2. Pada bagian batangnya tidak ada yang cacat.
  3. Batang anggreknya kokoh.
  4. Bibit anggrek masih muda, jangan menggunakan bibit anggrek yang sudah tua atau sudah berbunga.

Cara Menanam Anggrek di Sabut Kelapa

Media tanam sabut kelapa dan bibit anggrek yang bagus sudah Anda miliki. Tinggal melakukan cara menanam bunga anggrek di media tanam sabut kelapa. Berikut langkah-langkahnya!

  1. lilitkanlah sabut kelapa yang sudah dipotong, sepotong demi sepotong ke bibit anggrek yang sudah kami pilih sampai ketebalan media sudah dirasa cukup!
  2. Kuatkan media tanam sabut kelapa yang sudah digabungkan dengan bibit anggrek dengan pengikat dari tali rafia ataupun besi bendrat atau bisa juga menggunakan rajutan sabut kelapa!
  3. Taruhlah bibit anggrek yang ditanam menggunakan sabut kelapa itu di tempat yang terkena sinar matahari atau cahaya.
  4. Siramlah secara rutin dan berilah pupuk secukupnya!

3. Perawatan Tanaman Anggrek di Media Sabut Kelapa

Setelah berhasil menanam bunga anggrek di sabut kelapa. Berikut cara merawat tanaman anggrek dengan benar!

  1. Penyiraman dilakukan pada pagi dan sore hari, menyesuaikan dengan kondisi cuaca serta lingkungan saat itu1
  2. Pemupukan dilakukan pada 30 HST, bisa gunakan puput NPW Slow Release langsung ke media tanam dan pupuk Gromore diberikan 3 minggu sekali dengan dosis 5 gram per liter saja!
  3. Jika tanaman anggrek terkena hama atau penyakit maka pakailah fungisida sebulan sekali dengan dosis 5 gram per liter!
  4. Media tanam sabut kelapa wajib untuk diganti 6 bulan sekali supaya tanaman anggrek bisa tumbuh secara maksimal.

Cara menanam anggrek dengan sabut kelapa memang sangat mudah sekali untuk dipraktekkan dan jangan lupa untuk tekun merawatnya supaya kebun anggrek tumbuh bagus dan lebih terkesan menyejukkan.

Nah, adapun produk olahan dari sabut kelapa yang bisa Anda temukan di Rumah Sabut, misalnya saja Cocomesh atau bahan jaring yang terbat dari sabut kelapa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.