Artikel, Berita, kesehatan, Kuliner, Teknologi

Beberapa Manfaat Buah Kelapa bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Kelapa – Es kelapa merupakan termasuk salah satu sajian yang menjadi favorit untuk sajian berbuka puasa. Rasanya yang segar akan...

Written by Ackles · 2 min read >
manfaat buah kelapa

Manfaat Buah Kelapa – Es kelapa merupakan termasuk salah satu sajian yang menjadi favorit untuk sajian berbuka puasa. Rasanya yang segar akan membuat Anda terhidrasi kembali sesudah seharian berpuasa. Akan tetapi, dalam es kelapa, daging buah kelapa juga adalah sumber nutrisi yang sangat baik jika untuk berbuka puasa. Manfaat daging kelapa pastinya juga tidak kalah baik untuk kesehatan tubuh.

Selain menyegarkan ketika disajikan untuk hidangan makanan atau minuman untuk berbuka puasa, daging buah kelapa juga mempunyai banyak manfaat yang mungkin belum Anda ketahui. Bila Anda ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat daging kelapa, simak dibawah ini!

Manfaat Buah Kelapa

Bila dikonsumsi secara rutin untuk hidangan berbuka puasa, daging buah kelapa bisa mendatangkan manfaat baik untuk tubuh, sebagai berikut:

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Serat pada daging buah kelapa tidak hanya bermanfaat untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama, akan tetapi juga bisa melancarkan pencernaan. Selain hal itu, lemak yang terkandung dalam daging buah kelapa juga ikut andil untuk menjaga kesehatan usus, caranya yaitu dengan membantu penyerapan vitamin A, D, E, dan K, dan mencegah pertumbuhan jamur penyebab infeksi di saluran pencernaan.

Tidak berhenti sampai di situ saja, senyawa MCT (medium-chain triglyceride) dalam daging buah kelapa juga disebut-sebut memiliki manfaat untuk menguatkan bakteri baik dalam sistem pencernaan. Perlu diketahui jika keberadaan bakteri baik ini sangat penting karena untuk melindungi pencernaan dari peradangan serta sindrom metabolik. Itulah sebabnya mengapa mengonsumsi daging buah kelapa untuk berbuka puasa sangatlah direkomendasikan jika dilakukan secara rutin.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat daging kelapa lainnya yaitu datang dari senyawa mangan serta antioksidan. Senyawa ini diyakini bisa mengurangi peradangan, dan juga bisa menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, senyawa MCT yang terkandung dalam daging buah kelapa juga berperan untuk anti jamur, antivirus, serta penghalang timbulnya tumor.

Akan tetapi, masih membutuhkan lebih banyak penelitian tentang manfaat daging buah kelapa untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Meski dengan seperti itu, daging buah kelapa tetap mempunyai banyak manfaat baik serta bagus dikonsumsi untuk hidangan berbuka puasa.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat daging buah kelapa lainnya yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena senyawa MCT serta serat dalam daging buah kelapa, bisa membuat Anda terasa kenyang lebih lama, sehingga Anda jadi tidak ingin makan lebih banyak. Manfaat ini tentu baik untuk orang yang sedang melakukan program diet atau ingin menjaga berat badan selama bulan puasa berlangsung.

4. Mendukung Fungsi Otak

Lagi-lagi, senyawa MCT pada daging buah kelapa ini juga mempunyai manfaat yang luar biasa. Kali ini, manfaat senyawa tersebut ialah bisa membantu menunjang fungsi otak, sehingga baik di konsumsi oleh penderita gangguan memori dan fungsi otak, misalnya seperti penyakit Alzheimer. Hal ini karena senyawa MCT bisa menjadi bahan bakar alternatif glukosa pada dalam tubuh.

manfaat buah kelapa

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Lemak yang terkandung pada daging buah kelapa bisa meningkatkan kadar kolesterol yang baik (HDL) dalam tubuh, sekaligus untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL). Secara tidak langsung, manfaat kelapa ini bisa membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Selain hal itu, daging buah kelapa juga mempunyai rantai lemak yang pendek, maka tidak bisa menaikkan kadar kolesterol dalam tubuh.

6. Kaya Akan Mineral

Daging buah kelapa mengandung berbagai macam mineral yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Kandungan mineral dalam daging buah kelapa juga dapat membantu kamu memenuhi kebutuhan mineral harian. Beberapa macam jenis mineral yang terkandung di dalam daging buah kelapa ialah mangan, tembaga, serta potasium.

7. Mengontrol Kadar Gula Darah

Meskipun masih perlu membutuhkan penelitian lebih lanjut, manfaat daging kelapa lainnya yaitu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Akan tetapi, manfaat ini baru dapat terlihat bila Anda mengimbanginya dengan menjalani pola hidup sehat lainnya, misalnya seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, olahraga teratur, istirahat yang cukup, serta rutin untuk memeriksakan kesehatan.

Demikian artikel tentang Manfaat Buah Kelapa, namun tidak hanya itu saja sebenarnya manfaat dari buah kelapa. Biasanya dibuat masyarakat khususnya ibu-ibu dibuat menjadi santan kelapa. Jika Anda ingin membuat santan kelapa dengan mudah dapat menggunakan Mesin Parut Kelapa Mini Kecil supaya bisa dilakukan dengan cepat.

keuntungan berjualan melalui web e commerce

Inilah Konsep Dasar Landing Page

Ackles in Jasa, Teknologi
  ·   1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *