Berita, Bisnis, Kuliner

Peluang dan Kendala Usaha Jualan Bakso agar Laris dan Sukses

Bakso merupakan makanan masyarakat Indonesia, memiliki rasa yang enak. Masyarakat Indonesia sangat menyukai makanan bakso ini. Bakso dikenal dengan bentuknya yang bulat...

Written by Ackles · 3 min read >
peluang bisnis dagang bakso

Bakso merupakan makanan masyarakat Indonesia, memiliki rasa yang enak. Masyarakat Indonesia sangat menyukai makanan bakso ini. Bakso dikenal dengan bentuknya yang bulat yang dibuat menggunakan mesin pembuat bakso dari daging. Bakso sendiri dikenal memiliki rasa yang nikmat dan lezat. Cara penyajiannya selalu dihidangkan besama tahu, gorengan, mie maupun siomay dengan siraman kuah panas pada mangkok yang ditaburi dengan daun seledri ataupun bawang goreng sebagai pelengkapnya.

Untuk menambah kenikmatan ketika menyantapnya, banyak orang sering menambahkan cabai, kecap maupun saus untuk menguatkan rasa dari bakso tersebut. Membayangkan rasanya saja, tentu membuat Anda saat ini menginginkan semangkuk bakso yang masih panas. Banyaknya pecinta bakso di tanah air ini membuat celah dari bisnis bakso semakin menghasilkan peluang bisnis jualan bakso yang terbilang besar.

Bisnis bakso tak pernah mati serta selalu tumbuh dan berkembang menjadi suatu bisnis yang besar bahkan banyak sekali pelakunya. Prospek bisnis bakso di tahun 2015 masih sangat cemerlang dan berpotensi bagus bagi siapa saja yang ingin menggeluti bisnis tersebut. Sebagai contohnya, coba Anda perhatikan sekeliling rumah atau jalanan yang ramai dengan lalu lintas kendaraan. Tentu bukan masalah yang sulit untuk menemukan para pelaku bisnis bakso yang menawarkan baksonya kepada pelanggan. Karena bisnis bakso sangat tinggi peminatnya, tentu untuk menggeluti bisnis bakso ini tak akan khawatir jika basko yang dijual akan tidak laku.

 

usaha jualan bakso

Jika Anda tertarik untuk menjual bakso sehingga banyak disukai orang tentu Anda juga harus menonjolkan bakso dengan cita rasa yang khas serta menawarkan harga yang cukup terjangkau. Proses pembuatan bakso juga tak terlalu sulit, karena bahan baku mudah ditemukan serta membuka warung bakso saja sudah banyak pelanggan yang meliriknya. Di Indonesia sendiri telah tersedia banyak jenis bakso yang dijual di pasaran. Yang paling umum ialah jenis bakso daging dengan serat halus, bakso urat dengan serat daging yang kasar, serta bakso isi telur.

Peluang Bisnis Usaha Bakso

Berikut merupakan beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan sebelum memulai bisnis jualan bakso:

Penggunaan Bahan Baku

Dalam memulai bisnis jualan bakso ini, tentunya perlu melakukan produksi bakso sendiri. Selain untuk menghemat modal, kualitas dan rasa bakso juga dapat disesuaikan dengan keinginan para konsumen. Bakso yang dibuat sendiri tentu manjadi ciri khas dari sebuah warung bakso Anda yang tentunya berbeda dan tak dapat ditemukan pada warung bakso lainnya.

Menyediakan bakso dengan bebagai variasi adalah salah satu cara agar pembeli tidak bosan tetapi ada pula pelaku bisnis bakso yang hanya menjual satu jenis bakso saja. Tujuannya yaitu untuk menciptakan ciri khas tesendiri. Jadi, saat ada seorang konsumen yang telah makan bakso Anda, maka akan mengingatnya dengan sangat mudah.

Peralatan Usaha

usaha jualan bakso

Peralatan yang dibutuhkan saat menggeluti bisnis bakso ini seperti, mesin pembuat bakso agar proses pembulatan bakso dapat selesai dengan cepat,gerobak atau etalase yang digunakan untuk menyimpan bakso mentah dan juga bahan lainnya, peralatan untuk memasak contohnya tabung gas, kompor, panci besar, sendok sayur besar dan juga peralatan yang digunakan untuk memakan seperti mangkuk, sendok dan garpu, dan juga gelas. Jangan lupa untuk menyediakan meja, kursi yang akan digunakan sebagai tempat makan bakso bagi pelanggan dengan nyaman.

Lokasi Usaha

Usaha bakso sangat mudah dijumpai di berbagai tempat, oleh karena itu Anda bisa menjual bakso di sekitar rumah, di lingkungan kompleks, di pasar, di pusat kota, di tempat wisata, di perempatan jalan, di sekolah, di kampus dan masih banyak lagi tempat lainnya yang tentunya dengan syarat banyak dilalui ataupun dikunjungi oleh masyarakat umum. Mengingat ketatnya persaingan usaha jualan bakso ini, Anda juga harus pintar-pintar memilih lokasi bisnis yang strategis yang ramai dijangkau oleh banyak orang.

usaha jualan bakso

Pemasaran Bisnis

Menjalankan sebuah bisnis bakso tentu membutuhkan strategi pemasaran atau promosi yang berguna agar menambah serta meningkatkan jumlah penghasilan yang lebih. Cara pemasaran berguna untuk kemajuan maupun kesuksesan bisnis bakso Anda. Langkah pemasaran ini dapat dilakukan dengan cara memasang spanduk di tempat usaha. Biaya yang digunakan untuk membuat spanduk biasanya dihitung berdasarkan ukuran spanduk yang akan dibuat. Selain cara pemasangan spanduk, Anda juga dapat membuat brosur dengan isi yang menarik kemudian disebarluaskan ke tempat yang ramai yang banyak orang, seperti di perempatan jalan, di kampus, di sekolah, di pusat perbelanjaan dan masih banyak lagi. Selain menggunakan cara tersebut, Anda juga dapat memanfaatkan situs media soial seperti facebook atau twitter, bahkan instagram. Atau bisa juga lewat whats app ataupun we chat dan masih banyak lagi.

Karyawan

Menjalankan sebuah usaha bakso tentu membutuhkan bantuan orang lain atau karyawan, jika hanya melakukan bisnis dengan sendiri tentu Anda akan sangat kewalahan. Jika usaha Anda berkembang menjadi lebih ramai dengan banyaknya pelanggan, tentu merekrut karyawan menjadi pilihan yang tepat dengan tujuan membantu menjalankan operasional bisnis yang Anda lakukan. Sebaiknya pilihlah karyawan yang memiliki minat kerja yang tinggi dengan lebih cekatan dalam melayani pelanggan dengan pelayanan yang baik / ramah. Bagaimanapun juga karyawan adalah faktor utama penentu keberhasilan dari bisnis bakso yang Anda jalankan.

 

Harga Bakso

Dalam semangkuk bakso ini memiliki berbagai variasi harga yang berbeda-beda dari harga yang murah sampai ke harga yang mahal. Untuk kisaran harga bakso biasanya di patok dengan harga Rp5.000 – Rp 20.000. Semakin beragam isi atau jenis bakso yang ditawarkan, tentunya akan makin besar pula keuntungan yang dapat Anda peroleh. Beberapa bakso yang memiliki brand terkenal bahkan dapat mematok semangkuk bakso dengan harga sekitar belasan ribu rupiah.

Kendala Usaha

Bisnis bakso merupakan salah satu jenis bisnis makanan yang rentan terhadap isu. Banyak perbincangan di masyarakat yang sering mengetahui penjual bakso yang produksinya menggunakan daging tikus, daging babi atau bahkan menggunakan bahan pengeyal dan pengawet bakso menggunakan formalin dan boraks. Jika tidak diatasi secara cepat, tentu isu yang beredar ini dapat mengakibatkan menurunnya omset penjualan yang bisa menyebabkan kerugian pada bisnis bakso Anda ini. Cara antisipasinya dapat dilakukan dengan cara memberikan berbagai informasi dan memperlihatkan cara produksi bakso milik Anda. Atau bisa juga menambahkan label dalam bakso Anda dengan 100 % daging sapi asli, atau halal dan masih banyak lagi.

Membuat Ikan Mas Arsik

Membuat Ikan Mas Arsik

Ackles in Kuliner
  ·   2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.