Uncategorized

Cara Untuk Menyimpan Sayuran Di Kulkas Agar Awet

Untuk menghemat banyak waktu, banyak yang memilih untuk membeli sayuran di supermarket dalam jumlah yang banyak sekaligus. Maka dari itu agar kondisi...

Written by Ackles · 2 min read >
cara menyimpan sayuran di kulkas agar awet

Untuk menghemat banyak waktu, banyak yang memilih untuk membeli sayuran di supermarket dalam jumlah yang banyak sekaligus. Maka dari itu agar kondisi dari sayuran yang di beli tetap baik dan segar anda harus mencoba menerapkan cara menyimpan sayuran di kulkas agar awet.

Pada umumnya sayuran mempunyai kadar air yang terbilang cukup tinggi di dalamnya. Oleh karena itu jika anda menyimpan sayuran terlalu lama hal ini akan membuat sayuran mudah utuk rusak dan membusuk.

Maka dari itu untuk menghindari hal tersebut, berikut ini ada beberapa cara untuk menyimpan sayuran di dalam kulkas yang perlu untuk anda ketahui. Hal ini cukup penting untuk membuat sayuran di rumah menjadi lebih tahan lama dan kualitsanya pun terjaga.

 

Cara Menyimpan Sayuran Di Kulkas Agar Awet

cara menyimpan sayuran di kulkas agar awet

1. Sortir Terlebih Dahulu Sayuran Sebelum Di Simpan

Cara menyimpan sayuran di kulkas yang pertama yaitu, sortir terlebih dahulu bahan bahan makanan yang anda beli. Bahkan sayuran yang anda beli dari supermarket pun pasti mempunyai bagian bagian yang sudah menguning dan juga kecoklatan. Buanglah bagian sayuran yang ini agar kerusakan yang terjadi pada sayuran tak menjalar ke area area yang lainnya, serta potonglah area akar sayuran.

2. Cuci Dan Keringkan Sayuran Terlebih Dahulu Sebelum Di Simpan

Setelah anda membeli sayuran, langsung cucilah sampai bersih pada setiap bagiannya menggunakan air yang mengalir dan juga sabun anti bakteri. Agar seluruh kotoran dan bakteri yang terdapat pada sayuran terlepas dari permukaan sayur.

Bakteri dan juga kotoran merupakan salah satu faktor yang dapat membuat proses pembusukan pada sayuran. Setelah anda mencuci sayurannya lalu lap dan keringkan sayuran terlebih dahulu sebelum anda memasukkanya ke dalam kulkas.

3. Bungkus Sayuran Dengan Menggunakan Dengan Menggunakan Kertas Atau Plastik Berlubang

Cara untuk menyimpan sayuran di dalam kulkas yang selanjutnya adalah, jangan anda masukkan sayuran ke dalam wadah yang kedap udara atau di vacuum sealer. Hal ini di sebabkan karena sayuran tetap perlu akan oksigen untuk tetap bisa bertahan hidup. Sebaiknya anda menggunakan kertas atau bisa juga dengan plastik berlubang untuk membungkus sayuran.

4. Pisahkan Terlebih Dahulu Antara Sayuran Dan Buah Buahan

Cara menyimpan sayuran yang selanjutnya adalah dengan cara memisahkan antara sayuran dan buah pada saat akan menyimpan di dalam kulkas. Buah buahan bisa menghasilkan sebuah zat yang di sebut zat etilen yang dapat mempercepat kematangan pada bahan makanan yang segar.

Dan pada akhirnya hal ini dapat menyebabkan proses pembusukan menjadi lebih cepat terhadap sayuran. Jika anda ingin sayuran dapat bertahan selama tiga hari tanpa adanya pembusukan anda dapat menyimpannya pada rak khusus.

5. Usahakanlah Untuk Menyimpan Sayuran Dalam Kondisi Yang Utuh

Hal ini sangatlah penting, sebaiknya anda menyimpan sayuran pada kondisi yang utuh. Jangan anda potong terlebih dahulu, karena ini akan membuat sayuran menjadi lebih mudah kering dan cepat membusuk. Anda hanya perlu memotong bagian akar dari sayuran saja agar sayuran tetap bersih.

6. Cek Suhu Yang Ada Di Dalam Kulkas Secara Teratur

Cara menyimpan sayuran agar tahan lama yang selanjutnya adalah dengan selalu mengecek suhu yang ada di dalam kulkas secara teratur. Suhu yang baik di gunakan untuk menyimpan sayuran adalah 1 sampai 4 derajat celcius. Jika suhu pada kulkas lebih tinggi bakteri akan lebih mudah untuk berkembang dan membuat aroma serta cita rasa pada sayuran menjadi kurnag sedap.

7. Periksalah Kondisi Dan Kualitas Pada Sayuran Secara Berkala

Ketika anda menyimpan sayuran pada lemari es, anda tidak bisa membiarkan sayuran tersebut selama berhari hari lamanya. Sayuran sebaiknya anda simpan tidak melebihi dari tiga hari untuk tetap menjaga kesegarannya.

Jika anda ingin untuk menyimpannya lebih dari tiga hari, pastikan untuk anda selalu mengeceknya setiap hari. Dan segera buanglah bagian yang mulai layu, menguning, atau bahkan sudah sampai membusuk. Agar tak sampai mengontaminasi sayuran sayuran yang lainnya.

8. Tatalah Syuran Sesuai Dengan Jenisnya Di Dalam Rak

Pada umumnya kulkas mempunyai 3 sampai 4 rak untuk penyimpanan, jadi anda dapat menggunakannya dengan baik dan menyusun sayuran sesuai dengan jenisnya. Seperti contohnya, meletakkan sayuran yang berdaun hijau, seperti kanggkung, sawi, dan bayam pada rak yang di bawah.

Suhu di sana cendering lebih stabil sehingga aman untuk sayur sayur yang rentan cepat busuk. Lalu pada rak yang tengah simpan sayuran dengan kadar air yang rendah, seperti contohnya wortel, buncis, kol, dan juga kacang panjang.

Kemudian pada rak yang paling atas simpan sayuran dengan kadar air yang tinggi. Seperti contohnya mentimun, cabai, terong, dan juga paprika. Tips untuk menyimpan sayuran ini akan dapat memudahkan anda saat akan mengecek kondisi di kulkas nantinya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.