Bisnis

Cara Pengalihan Hak Cipta Secara Online Dengan Mudah

Hak cipta yang diberikan secara otomatis juga bisa dialihkan pada orang lain jika dirasa diperlukan. Akan tetapi, ada beberapa cara pengalihan hak...

Written by Ackles · 1 min read >
cara pengalihan hak cipta

Hak cipta yang diberikan secara otomatis juga bisa dialihkan pada orang lain jika dirasa diperlukan. Akan tetapi, ada beberapa cara pengalihan hak cipta yang perlu Anda ketahui caranya seperti dalam artikel ini. 

Cara Pengalihan Hak Cipta

Pengalihan hak cipta merupakan cara yang dilakukan oleh pencipta karya aslinya untuk memberikan hak eksklusif tersebut pada orang lain. Cara tersebut bisa dilakukan secara online dengan lebih mudah melalui beberapa tahap berikut:

1. Daftar akun

Pertama yang perlu diketahui adalah bahwa untuk bisa mengalihkan hak cipta, Anda harus melakukan pendaftaran akun pada situs resmi DJKI atau Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Nantinya setelah masuk pada laman tersebut, Anda bisa mengisi data diri sesuai yang dibutuhkan. 

Nantinya Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi melalui email sebagai tanda bahwa akun tersebut sudah diaktifkan. Lalu Anda sudah bisa login dengan username dan password akun yang sudah dibuat sebelumnya. 

2. Mengupload berkas

Selanjutnya adalah dengan mengupload berkas yang berisi data atau identitas yang dibutuhkan, misalnya seperti surat pengalihan hak cipta, surat pernyataan, NPWP perorangan, scan KTP pencipta dan pemohon hingga contoh karyanya. 

3. Melakukan pembayaran

Untuk mengurus hak cipta membutuhkan beberapa biaya. Besarnya biaya tersebut akan bergantung pada jenis karya Anda. Mengenai detail pembayarannya akan dijelaskan pada situs resmi DJKI. 

4. Persetujuan dan verifikasi

Jika pembayarannya sudah selesai dilakukan, maka cara pengalihan hak cipta yang selanjutnya adalah dengan DJKI akan melakukan verifikasi pada jenis karya yang sudah didaftarkan. Nantinya jika lolos, maka karya tersebut akan disetujui. 

5. Sertifikat terbit

Kemudian jika sudah disetujui, maka nantinya akan muncul status diterima pada bagian daftar ciptaan sehingga Anda bisa mengunduh sertifikat yang sudah terbit tersebut. Namun perlu diketahui bahwa tahapan tersebut membutuhkan waktu lama dikarenakan proses verifikasinya cukup panjang. 

Perlu diketahui bahwa selain adanya pengalihan hak cipta, hak cipta juga bisa menjadi permasalahan yang mana Anda membutuhkan penyelesaian sengketa hak cipta baik melalui pengadilan ataupun non pengadilan. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.