Kuliner

Resep Rendang Daging Sapi Spesial yang Mudah dan Simple!

Sudah bertahun-tahun rendang daging melesat menjadi populer di seluruh dunia. Daging sapi yang diselimuti dengan bumbu berwarna gelap ini tak bisa luput...

Written by Ackles · 2 min read >
cara membuat rendang daging sapi sederhana

Sudah bertahun-tahun rendang daging melesat menjadi populer di seluruh dunia. Daging sapi yang diselimuti dengan bumbu berwarna gelap ini tak bisa luput dari pandangan para pencinta kuliner di seluruh dunia. Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai resep rendang daging sapi spesial.

Alasan rendang ini menjadi populer sebenarnya sederhana yaitu karena presentasinya yang begitu tradisional ini. Padahal dari resep rendang daging sapi ini, ada kenikmatan berjuta rasa dan bisa bertanding dengan masakan paling rumit sekalipun. Baik itu dari Indonesia sendiri atau bahkan malah dari mancanegara sekalipun.

Kerja keras serta kolaborasi menjadi kunci sukses rendang dan wajib diikuti oleh ribuan hidangan tradisional Indonesia lain. Semua ini berawal dari bertahun-tahun orang Minang dengan penuh dedikasi dan penuh cinta memasak rendang untuk makanan sehari-hari.

Sampai akhirnya terkenal di perantauan, masakan ini digemari juga oleh seluruh rakyat negeri ini. Sisanya, dengan diplomasi kuliner tanpa berhenti dari para pengelana serta pelaku kuliner profesional, alhasil cara memasak rendang tiba di mancanegara.

Di era teknologi seperti sekarang ini, rendang disambut seperto pahlawan oleh para pengguna sosmed serta para penulis maupun fotografer. Singkat kata, lengkap sudah semua hal yang menjadikan rendang ini mendunia karena rekam jejak digitalnya.

Malah semua kini sudah menjadi tahu kalau rendang tak hanya dari daging sapi saja. Ada juga yang menggunakan kerang, jengkol, dan banyak bahan lainnya. Untuk yang rendang sapi, kamu wajib mencoba resepnyanya berikut ini, ya.

Resep Rendang Daging Sapi Spesial yang Mudah dan Simple

 

resep rendang daging sapi spesial

 

Bahan-bahan :

600 gr daging sapi sengkel, dipotong-potong

5 siung bawang putih

7 siung bawang merah

5 butir kemiri

8 cabai keriting merah

2 cabai merah

3 cm jahe

80 ml minyak kelapa

2 batang serai, (potong lalu geprek)

1 lengkuas, (iris dan geprek)

5 lembar daun jeruk purut

2 lembar daun kunyit

1 lembar daun pandan

3 lembar daun salam

500 ml air

500 ml santan kental

Bumbu rempah kering:

Ketumbar bubuk 1 sdm

Lada putih bubuk 2 sdt

Jinten bubuk 2 sdt

Kayu manis bubuk ¼ sdt

Pala bubuk 1 sdt

Bunga lawang bubuk 1 sdt

Kapulaga bubuk 1 sdt

Cengkeh bubuk 1 sdt

Cabai bubuk 1 sdt

Bumbu tambahan:

½ sdm garam

2 sdt gula

1 sdt kaldu jamur

Cara memasak:

1. Pertama, haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai keriting merah, kemiri, serta jahe dengan menggunakan minyak kelapa.

2. Setelah itu, campurkan daging dengan rempah kering kemudian ratakan sembari diuleni agar bumbunya lebih meresap, lalu tambahkan garam.

3. Kemudian, tumis bumbu halus, tambahkan juga serai, lengkuas, daun salam, daun jeruk purut, daun kunyit, serta daun pandan.

4. Berikutnya, masukkan daging yang telah dimarinasi hingga tersangrai dengan baik kemudian masukkan santan dan air lalu diaduk sampai rata.

5. Masukkan juga garam, gula, serta kaldu jamur, dan masak sampai mendidih dengan menggunakan api sedang saja.

6. Kemudian, gunakan api kecil serta tutup panci sembari sesekali diaduk dan tunggu sampai meresap.

7. Langkah selanjutnya, ketika air hampir habis, masak rendang dengan menggunakan api kecil sembari terus diaduk sampai kering.

8. Matikan kompor ketika bumbu telah menempel pada daging

9. Rendang daging sapi spesial siap untuk disajikan.

Cara Membuat Rendang Sapi Kering 

resep rendang daging sapi spesial

Berikutnya yaitu cara membuat rendang daging sapi kering, caranya lansung simak saja di bawah ini!

Bahan:

1 kg daging sapi pilih bagian paha

2500 ml santan

3 batang serai geprek

8 lembar daun jeruk

5 lembar daun salam

Bumbu halus:

250 gr cabai keriting merah dan rawit

250 gr bawang merah

8 siung bawang putih

Jintan 1 sdt

Adas 1 sdt

Pala 1 butir

5 butir cengkeh

3 butir kemiri

1 sdt merica

4 sdm ketumbar

Jahe 1 ruas

Lengkuas 1 ruas

Kunyit 1 ruas

Garam dan gula secukupnya

Cara membuat :

1. Langkah pertama, potong-potong daging sebanyak 1 kg kira-kira menjadi 20 potong. Kalau kamu menggunakan daging sapi frozen, untuk memontongnya kamu bisa dengan menggunakan mesin pemotong tulang dan daging beku supaya lebih mudah dan cepat.

2. Berikutnya, masukkan santan ke dalam wajan, tambahkan juga serai, daun jeruk, daun salam serta bumbu halus. Masak di atas api kecil sembari terus kamu aduk perlahan.

Cara mengaduknya yaitu seperti orang menimba. Santan kamu aduk pada bagian permukaannya saja, kamu ambil sedikit demi sedikit dengan menggunakan sendok sayur. Timba-timba santan sampai mendidih selama sekitar 15 menit.

3. Setelah itu, masukkan daging, aduk-aduk hingga mendidih, kecilkan apinya. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Masak hingga santannya mengental, aduk agar tidak gosong.

4. Teruskan memasak dengan menggunakan api kecil hingga rendang mengering serta berminyak.

Demikian artikel mengenai resep rendang daging sapi spesial, semoga bisa bermanfaat dan kamu bisa mencoba resep rendang daging sapi spesial ini d

Membuat Ikan Mas Arsik

Membuat Ikan Mas Arsik

Ackles in Kuliner
  ·   2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.