Bisnis

Standar Pintu Eemergency yang Baik

Pintu besi emergency atau pintu emergency adalah salah satu persayaratan yang harus dipenuhi ketika membangun sebuah bangunan dengan tingkat pengunjung yang tinggi....

Written by Ackles · 1 min read >
Pintu besi emergency

Pintu besi emergency atau pintu emergency adalah salah satu persayaratan yang harus dipenuhi ketika membangun sebuah bangunan dengan tingkat pengunjung yang tinggi. Seperti di dalam apartment, bank, rumah sakit, gedung perkantoran, mall dan lain sebagainya.

Pintu ini sendiri sangat penting keberadaannya untuk mempermudah pengunjung di dalam bangunan tersebut mengevakuasi dirinya ketika menghadapi situasi darurat.

Adapun selain pintu darurat dalam Peraturan Menteri RI Nomor 36, Tahun 2005, pasal 59 disebutkan kalau sebuah bangunan wajib memiliki fasilitas evakuasi lain seperti alarm penanda kebakaran, sistem peringatan melalui audio, jalur evakuasi, hingga tangga darurat.

Pintu emergency sendiri standarnya sudah diatur dalam Peraturan Menteri PUPR Nomor 14, Tahun 2017 yang isinya sebagai berikut :

  • Pintu emergency harus memiliki desain yang memungkinkan pintu tersebut dapat berayun dari posisi manapun untuk terbuka lebar. Ini membuat orang yang berada dalam keadaan darurat dapat membuka pintu darurat tersebut. Baik dari dalam maupun dari luar untuk menyelamatkan diri.
  • Pintu emergency haruslah terbuat dari material yang tahan api setidaknya selama 2 jam. Alasan utamanya tentu saja sebagai pelindung bagi orang-orang yang menggunakan pintu darurat saat kondisi kebakaran terjadi.
  • Pintu emergency harus memiliki setidaknya paling sedikit 3 buah engsel. Tuas pembuka pintu serta alat yang membuat pintu dapat menutup pintu secara otomatis.
  • Pintu emergency harus memiliki kaca yang tahan terhadap api di mana terletak di setengah atas pada daun pintu.
  • Terpasang tanda dan tulisan bahwa pintu emergency harus ditutup kembali.
  • Pintu besi emergency harus dicat berwarna merah.

Di samping itu, material pintu pun harus yang kuat dan tahan lama seperti pintu besi (steel door). Meski demikian, pintu harus mudah dibuka oleh siapapun dalam kondisi yang dibutuhkan (emergency).

Ada pula ketentuan yang menyebutkan bahwa untuk jarak antar satu pintu emergency dengan pintu emergency yang lainnya adalah maksimal 35 meter.

Kebutuhan untuk pintu besi emergency dapat terpenuhi dengan menghubungi Selaras Lawang Sewu, supplier dan ahli pintu dan jendela terbaik dan berpengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.