Uncategorized

Cara Membuat Manisan Kelapa Parut di Rumah

Manisan kelapa parut. Apakah kalian tahu apa itu manisan kelapa parut? Manisan kelapa parut adalah jajanan khas Indonesia. Jajanan ini berbahan dasar...

Written by Ackles · 1 min read >
manisan kelapa parut

Manisan kelapa parut. Apakah kalian tahu apa itu manisan kelapa parut? Manisan kelapa parut adalah jajanan khas Indonesia. Jajanan ini berbahan dasar buah kelapa dan melewati beberapa proses pembuatan.

Jajanan ini termasuk jajan tradisional karena sudah ada sejak zaman dulu, namun pada saat ini hampir jarang ditemukan lagi. Sesuai dengan namanya, manisan kelapa memiliki ciri khas rasa yang manis, legit, dan sedikit gurih.

Ciri khas rasa yang dimiliki membuat jajan satu ini tetap banyak digemari dan dicari orang banyak. Jika dilihat dari beberapa survei, manisan kelapa berasal dari daerah Pontianak.

Baca juga : Resep Olahan Singkong Parut di Indonesia

 

 

Cara Membuat Manisan Kelapa Parut

manisan kelapa parutAda banyak resep manisan kelapa dari berbagai daerah. Namun perlu kalian ketahui, untuk membuat manisan kelapa parut memang tidak susah tetapi juga tidak mudah. Kalian bisa membuat manisan kelapa yang unik dengan cara mempelajari dahulu bagaimana membuat manisan kelapa dengan benar.

Perlu diingat, jangan sampai salah mengolah, karena hasilnya akan hambar dan tidak sedap. Manisan kelapa yang enak memiliki aroma dan rasa manis yang mampu menggugah selera kita. Untuk membuat manisan kelapa parut yang berkualitas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Jenis kelapa yang diolah sangat mempengaruhi kualitas rasa manis dari manisan kelapa. Bukan hanya itu, cara membuat dan cara menyajikannya juga akan berpengaruh untuk hasil akhirnya. Tidak perlu takut untuk mencoba membuat manisan kelapa.

Karena jika sudah paham tentang bagaimana cara membuat hidangan ini, manisan kelapa akan menjadi suguhan yang menarik dan istimewa. Bukan hanya memiliki wujud menarik dan ciri khas rasa yang istimewa, manisan kelapa juga memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa menjadi sajian yang mudah dibuat di rumah. Dengan hanya membutuhkan lima bahan dan beberapa tahap pembuatan, kalian bisa merasakan jajan yang istimewa ini.

Untuk buah kelapa yang sudah tua bisa diolah menjadi santan, kopra, kelapa parut dan olahan lainnya. Manisan kelapa memiliki beberapa jenis yang berbeda, namun cara membuatnya tidak jauh berbeda. Perbedaannya hanya terletak pada penirisan dan penjemurannya saja.

Berikut adalah cara membuat manisan kelapa parut :

Bahan-Bahan :

  • 2 buah kelapa segar
  • 150 gr gula pasir
  • 100 ml air
  • 1 lembar daun pandan
  • 1 sdt pewarna makanan sesuai selera

Cara Membuat Manisan Kelapa Parut :

  1. Bersihkan buah kelapa dari serabut dan kulit coklatnya.
  2. Ambil daging buah kelapa dan serut dengan pengupas kulit kentang atau dengan bantuan alat lainnya.
  3. Siapkan panci dan didihkan air. Masukkan 1 lembar daun pandan dan gula, lalu aduk hingga mengental.
  4. Beri pewarna makanan sesuai dengan selera, lalu masukkan kelapa dan aduk terus hingga kering.
  5. Jangan lupa gunakan api yang sedang cenderung kecil.
  6. Jika sudah kering, angkat lalu sisihkan dalam wadah. Angin anginkan manisan kelapa.
  7. Tunggu sampai dingin dan masukkan ke dalam toples atau wadah lainnya.
  8. Manisan kelapa siap dinikmati.

Kalian bisa menambahkan pemanis buatan sebagai campuran manisan kelapa ini. Tetapi untuk menghasilkan manisan kelapa yang berkualitas dan aman dikonsumsi, jangan menggunakan pemanis buatan terlalu banyak.

Jangan lupa untuk menggunakan kelapa yang segar dan gula yang murni. Karena bahan dasar pembuatan manisan kelapa sangat berpengaruh untuk hasil akhirnya.

Jangan takut untuk mencoba, karena kalau bukan kita sebagai generasi muda, siapa yang akan melestarikan jajanan tradisional seperti manisan kelapa ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.