Kuliner

Membuat Ikan Mas Arsik

Membuat ikan mas arsik, arsik adalah pakan yang terbuat dari ikan mas rebus. Dengan nama panjang Dekke Na Niarsik yang berarti ikan...

Written by Ackles · 2 min read >
Membuat Ikan Mas Arsik

Membuat ikan mas arsik, arsik adalah pakan yang terbuat dari ikan mas rebus. Dengan nama panjang Dekke Na Niarsik yang berarti ikan rebus kering, merupakan salah satu makanan tradisional masyarakat Batak.

Membuat Ikan Mas Arsik

Ikan mas arsik persiapan ikan arsik hidangan ini lebih dikenal dengan ikan arsik, merupakan simbol dari anugerah kehidupan dalam kehidupan, kehidupan orang Batak. Indonesia adalah negara dengan beragam suku dan kepercayaan.

Salah satu budaya khas yang dimiliki setiap suku dan suku adalah makanan. Makanan ini dikaitkan dengan tradisi tradisional tertentu, baik untuk upacara keagamaan, pernikahan, ritual penyembuhan. Bumbu arsik merupakan salah satu makanan tradisional suku Batak di Sumatera Utara dan cukup yang terkenal yaitu bumbu arsik.

Bumbu arsik terbuat dari beberapa jenis rempah-rempah yang dipadukan sehingga menghasilkan cita rasa yang kompleks dan khas. Rasa yang dihasilkan merupakan perpaduan rasa segar dan gurih serta aroma yang nikmat, sedangkan bumbu khas untuk Vita Datau, Masakan Arsik adalah Messakh Andaliman, kulit luarnya. Buah dari klan Zanthoxylum.

Presiden Akademi Gastronomi Indonesia, Na Niarsik merupakan makanan yang merupakan bagian dari adat Batak dan memiliki sejarah kelahiran dan perkawinan dan kematian. Na Niarsik penting dalam upacara adat Batak yang berkaitan dengan lingkaran kehidupan. Mesin parut kelapa.

Angka ganjil memiliki makna tersendiri dalam acara penyerahan ikan tradisional dimana jumlah ikan berarti “Satu baris untuk pasangan yang baru lahir. Tiga baris untuk pasangan yang baru saja memiliki anak. “Lima baris untuk pasangan yang baru saja memiliki cucu. Tujuh baris adalah untuk para pemimpin bangsa Batak itu kebiasaan,” kata Vita.

Konon cara memasak ikan mas arsik ini tidak dilakukan sembarangan. Hanya hula hoop atau kerabat di pihak perempuan yang diperbolehkan, baik orang tua kandung, saudara perempuan atau komunitas klan di pihak perempuan. Dalam hal ini, pilihan antara ikan mas atau dekke juga sangat istimewa, yang terbaik adalah ikan gurame merah,” lanjutnya.

 

Manfaat Memakan Ikan Arsik

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan omega-3 pada ikan mas memiliki manfaat dalam mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Anti-inflamasi

Seperti dilansir Organicfacts.net, asam lemak omega-3 tidak hanya baik untuk jantung, tetapi juga dapat mencegah peradangan. Saat tubuh sedang sakit, makan ikan mas bisa menjadi obat alami.

3. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Sejak awal kebanyakan orang tua sering mengingatkan anaknya untuk banyak makan ikan agar pintar. Itu benar lho, karena ikan bagus untuk meningkatkan kemampuan kognitif. Minyak ikan mas mengandung DHA dan asam lemak omega-3, yang dapat membantu meningkatkan daya ingat.

4. Mencegah Penuaan Dini

Ikan mas juga mampu menjaga kesehatan kulit. Bagi Anda yang ingin tampil awet muda, coba tambahkan ikan mas ke dalam menu harian Anda. Minyak ikan dapat bekerja dalam upaya mencegah penuaan dini. Namun, Anda tetap perlu menyeimbangkannya dengan nutrisi lain.

5. Baik untuk Diet

Bagi Anda yang sedang diet, ikan mas bisa menjadi salah satu pilihan menu yang tepat. Kandungan vitamin dan nutrisi pada ikan mas dapat menekan lemak jahat dalam tubuh. Kandungan kalorinya cukup kecil, sehingga cocok untuk diet.

6. Meningkatkan Imun

Padahal konten ini penting. Jika tubuh kekurangan zat ini, sistem kekebalan tubuh bisa terpengaruh. Nah, ikan mas kaya akan zinc yang bisa merangsang sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.

7. Memperkuat Tulang dan Gigi

Ikan mas kaya akan fosfor, elemen penting untuk kepadatan mineral tulang dan gigi. Dengan mengonsumsi banyak makanan yang mengandung fosfor, Anda dapat membantu mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis dan email gigi yang melemah atau rusak.

 

Cara Membuat Ikan Arsik

Bahan :

  • 1 kg ikan mas
  • 150 gr daun bawang lokio, potong akarnya
  • 150 gr kacang panjang, potong-potong
  • 3 buah kecombrang, belah jadi 4 bagian
  • 2 sdt gula pasir air secukupnya

Bumbu Halus :

  • 8 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • 10 buah cabai rawit
  • 5 buah cabai kriting
  • 8 butir kemiri
  • 2 ruas jahe
  • 1 batang serai, ambil putihnya dan iris tipis
  • garam secukupnya

Bumbu Utuh :

  • 5 batang serai, memarkan
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • 3 potong asam gelugur
  • 5 buah asam cekala/patikala
  • 2 sdm andaliman, memarkan

Proses Pembuatan :

  1. Bersihkan sisik ikan, buang isi perut dan potong menjadi dua, cuci bersih dan bumbui dengan lemon dan garam.
  2. Haluskan bumbu dan oleskan ke seluruh tubuh ikan.
  3. Siapkan pot, taruh serai, lengkuas, asam gelurat, asam cekala, bunga kecombrang dan andaliman di dasar pot.
  4. Letakkan ikan gurame emas di atasnya, tuang sisa bumbu hingga halus.
  5. Tuang air sampai ikan terendam, tutup panci dan masak dengan api sedang-tinggi sampai empuk. Jika air sudah berkurang setengahnya dan bumbunya sudah terasa matang, masukkan daun bawang dan masak kembali hingga airnya hampir habis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.