Uncategorized

Cara Membuat Briket Arang Dari Briket Serbuk Kayu

Serbuk gergaji adalah limbah yang diperoleh dari hasil gergajian yang dilakukan di tukang kayu yang biasanya dihasilkan  penghalusan dari kayu maupun proses...

Written by Ackles · 2 min read >
cara membuat briket dari serbuk kayu

Serbuk gergaji adalah limbah yang diperoleh dari hasil gergajian yang dilakukan di tukang kayu yang biasanya dihasilkan  penghalusan dari kayu maupun proses penggergajian kayu yang menggunakan alat penghalus kayu. Nah serbuk kayu yang berupa limbah dari penghalusan kayu mempunyai berbagai manfaat. Manfaat – manfaat itu antara lain :

  1. Sebagai Bahan Campuran Pembuatan Meubel

Beberapa pabrik meubel yang besar tidak menggunakan bahan kayu yang utuh untuk membuat meubel, karena untuk menekan harga produksi. Oleh karena itu produk-produk meubel, seperti meja belajar dan lemari kecil dijual dengan harga yang relatif murah.

Kelemahan produk meubel yang bahannya dicampur dengan serbuk gergaji kayu adalah :

  • Mudah keropos dan lapuk,
  • Tidak akan bertahan lama, dan
  • Sering menimbulkan kotoran di lantai karena rapuh dan sudah keropos.
  1. Bahan Pembuatan Batako

Teknologi saat ini menggunakan serbuk gergaji kayu sebagai salah satu bahan yang dicampurkan ke dalam adonan pembuatan batako sehingga dapat menekan biaya produksi, dam kualitasnya tidak akan kalah dari jenis yang tidak menggunakan serbuk kayu gergaji.

  1. Media Tanam

Media tanam yang terbuat menggunkan serbuk kayu biasanya dapat menyerap unsur hara dan air dengan optimal, sehingga kesuburan tumbuhan yang ditanam terjaga dan baik. Media tanam dari serbuk kayu bisa ditaruh ke dalam pot kecil ataupun polybag.

  1. Mengolah Dan Pembuatan Kertas

Dalam kehidupan sehari-hari kita sangat sering menggunakan kertas. Nah pada tau nggak bahan pembuatan kertas itu apa? Yak tepat sekali benar. Bahan dasarnya adalah kulit kayu. Lalu hubungannya dengan serbuk kayu dan juga serbuk gergaji? Ternyata bisa sama gengss. Serbuk kayu dan juga serbuk gergaji dapat dimanfaatkan untuk pembuatan kertas.

Selain kertas putih yang biasa kita gunakan, limbah serbuk kayu dan juga serbuk gergaji dimanfaatkan untuk diolah sebagai kertas daur ulang, biasanya kertas tersebut berwarna coklat dan juga teksturnya kasar. Pada umumnya kertas yang daur ulang ini sering dimanfaatkan pada kegiatan yang sifatnya estetika dan berhubungan langsung dengan kesenian dan kerajinan tangan.

Sudah tau manfaat dari serbuk kayu?? Salah satu manfaatnya adalah sebagai bahan briket. Kita akan membahas tentang Briketdan Cara Pembuatannya nih. Sudah penasaran briket itu apa?? Oke langsung disimak..

Briket merupakan sesuatu benda yang berbentuk blok, dapat dibakar atau menjadi bahan bakar untuk pembakaran. Briket yang paling banyak digunakan atau dipakai adalah briket arang, briket batu bara,briket biomassa, danbriket gambut. Atau fungsinya hampir sama dengan parafin.

Nah sudah tau kan briket itu apa?? Itu masih umumnya. Sekarang kita akan membahas cara membuatnya.

Briket dapat dibuat dari serbuk kayu, yang sudah rapuh karena berbagai faktor seperti dimakan rayap dan karena usia. Cara membuat briket ini juga terbilang mudah. Dan juga briket serbuk kayu yang dibuat dari limbah gergaji kayu, harganya sangat murah dibandingkan briket batubara.

Alat dan Bahan Membuat Briket dari Serbuk Kayu

Alat

Alat – alat yang akan digunakan untuk pembuatan briket adalah :

  • Ayakan yang ukuran lolosnya 70 mesh dan 50 mesh,
  • Oven
  • Cetakan briket

Bahan

Bahan – bahan yang akan digunakan untuk pembuatan briket adalah :

  • Kayu yang telah diolah menjadi serbuk kayu dengan mesin penghancur kayu
  • Lem kanji
  • Tempurung atau batok kelapa

Cara Pembuatan Briket dari Serbuk Kayu

  1. Proses pengarangan dilakukan untuk membuat batok atau tempurung kelapa menjadi arang dengan cara pengarangan manual yaitu dibakar.
  2. Hancurkan kayu yang masih utuh dengan menggunakan mesin penghancur kayu untuk diambil serbuknya.
  3. Proses selanjutnya adalah pengayakan. Arang serbuk kayu dan tempurung atau batok kelapa diayak untuk menghasilkan bahan yang halus, dan lembut. Ukuran untuk mengayak arang batok kelapa atau batok kelapa adalah 50 mesh dan untuk arang kelapa diayak dengan ukuran lubang kelolosannya adalah 70 mesh.
  4. Campurkan Batok kelapa dan arang serbuk gergaji yang telah disaring yang perbandingan dari arang tempurung kelapa 10 % dan arang serbuk gergaji 90 %. Ketika ingin mencampurkan, tambah bahan tadi dengan lem kanji sebanyak 2,5 % dari seluruh campuran arang serbuk gergaji dan tempurung kelapa.
  5. Setelah bahan-bahan tersebut tercampur, lanhkah selanjutnya adalah memasukkan campuran bahan – bahan tersebut ke dalam cetakan briket dan setelah itu ditempa.

Keuntungan akan didapatkan jika mampu mengolah serbuk kayu ini menjadi briket. Dan bisa melebarkan sayap anda dalam berbisnis, mengembangkan bisnis pembuatan briket serbuk kayu ini menjadi usaha yang besar.

Nah itulah tadi beberapa Cara Membuat Briket Dari Serbuk Kayu yang dapat Joann share di artikel kali ini. Semoga dapat bermanfaat buat kalian yang ingin mencoba peruntungan atau yang hanya ingin membuatnya tanpa harus membeli, bisa hemat.

 

Baca juga: Alat Pembuat Briket

cara memasak keong sawah

Cara Memasak Keong Sawah

Ackles in Uncategorized
  ·   2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.