Uncategorized

Manfaat Daur Ulang Botol Plastik Serta Cara Daur Ulangnya

Manfaat daur ulang botol plastik banyak sekali yang dapat kita peroleh dengan melakukan daur ulang. Salah satu manfaat daur ulang botol plastik...

Written by Ackles · 3 min read >
manfaat daur ulang botol plastik

Manfaat daur ulang botol plastik banyak sekali yang dapat kita peroleh dengan melakukan daur ulang. Salah satu manfaat daur ulang botol plastik tersebut yaitu dapat mengurangi pencemaran lingkungan. Barang-barang bekas dapat dimanfaatkan untuk kalian daur ulang dan diolah menjadi barang yang berguna.

Kalian dapat memanfaatkan barang bekas di sekitar kalian untuk membuka lapangan kerja baru dan menjaga kelestarian juga kebersihan lingkungan disekitar. Selain itu kalian dapat menjadi seorang pengusaha.

Bahan-bahan yang dapat kalian gunakan untuk melakukan daur ulang antara lain yaitu botol plastik, plastik bekas, kertas bekas, dan lain sebagainya. Maka dari itu, kalian disarankan untuk memisahkan antara sampah yang dapat diuraikan dan sampah yang tidak dapat diuraikan oleh bakteri. Sampah yang tidak dapat diuraikan dapat dipakai untuk bahan daur ulang, contohnya plastik.

Cara Daur Ulang Botol Plastik

cara daur ulang botol pastik

Di era sekarang yang serba modern ini banyak sekali terjadi pencemaran lingkungan. Salah satunya yaitu akibat sampah plastik. Maka dari itu, kita harus selalu menerapkan prinsip reduce, reuse, dan recycle.

Plastik tersusun atas senyawa polimer organik yang bersifat sintetis dan juga ada yang bersifat alami. Plastik memiliki berbagai macam jenis diantaranya yaitu polyester, polyethylene, polivinil klorida, dan lain sebagainya.

Kantong plastik banyak dipakai dalam hal jual beli barang. Selain itu, plastik juga dapat dipalai untuk bahan baku botol minuman, botol detergen, ember, dan lain sebagainya. Dengan begitu kalian dapat memanfaatkannya untuk membuat kerajinan, souvenir, tas, dan lainnya.

Plastik termasuk dalam sampah anorganik yang tidak dapat terdegradasi  secara alami. Maka dari itu, saat ini solusi yang tepat untuk mengatasi sampah tersebut yaitu dengan memanfaatkannya untuk didaur ulang menjadi barang yang bermanfaat.

Salah satu contohnya yaitu dengan membuat botol plastik sebagai pot atau menggunakan barang yang berbahan plastik untuk membuat kerajinan tas, kipas, dan lain sebagainya. Terdapat 3 langkah cara daur ulang plastik ini, yaitu sebagai berikut:

1. Pemisahan Limbah

Langkah pertama yang dilakukan yaitu pemisahan limbah dengan kotoran, zat kimia, limbah organik, dan lainnya. Plastik dipisahkan berdasarkan jenisnya.

Pemisahan ini dilakukan secara manual agar supaya tidak menekan biaya. Selain itu, pemisahan secara manual ini juga efektif karena tidak membutuhkan peralatan yang canggih.

2. Pencucian Sampah Plastik

Langkah kedua yaitu sampah plastik yang telah dipisahkan dicuci dengan air hingga bersih agar supaya sisa-sisa bahan kimia yang menempel pada plastik tersebut hilang.

3. Pemotongan Plastik

Langkah ketiga yaitu melakukan pemotongan plastik dengan tujuan agar supaya lebih mudah dalam melakukan pemotongan dengan menggunakan mesin. Kelebihan daur ulang plastik ini yaitu membantu menghemat energi yang digunakan untuk memproduksi produk yang baru, meminimalisir penggunaan bahan baku segar, mencegah polusi air dan udara serta dapat meminimalisir sampah yang masuk ke tempat pembuangan.

Manfaat Daur Ulang Botol Plastik

Banyak sekali manfaat daur ulang yang dapat kalian ambil dengan melakukan daur ulang barang bekas tersebut. Contohnya yaitu sebagai berikut:

1. Membuka Lapangan Kerja Baru

Seiring dengan perkembangan zaman, kini kemajuan teknologi sangat pesat. Saat ini peluang untuk mendapatkan pekerjaan pun sangatlah tidak mudah.

Hal ini karena semakin banyaknya persaingan antar para pencari kerja. Jumlah pencari kerja lebih banyak daripada jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia.

Kini kalian harus lebih berani untuk menampilkan ketrampilan kalian untuk menjadi seorang pengusaha. Kalian pasti akan bangga jika kalian bisa menjadi bos dan membantu mereka para pencari kerja sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran juga membantu mencegah adanya pencemaran lingkungan dengan melakukan daur ulang barang bekas.

2. Meningkatkan Pendapatan Masyarakat

Dengan dibukanya peluang usaha maka dapat sedikit membantu masyarakat dalam meningkatkan pendapatannya. Hal ini dikarenakan daur ulang barang bekas dapat bernilai ekonomi dan juga dapat diperjualbelikan. Secara otomatis kalian akan menghasilkan uang dan meningkatkan pendapatan kalian.

3. Mencegah dan Mengatasi Pencemaran Lingkungan

Daur ulang menjadi salah satu alternatif yang dapat dipakai untuk mencegah juga mengatasi pencemaran lingkungan. Dengan adanya daur ulang kita bisa memanfaatkan botol plastik, bungkus plastik dari detergen, makanan ringan, dan lainnya untuk dibuat kerajinan yang bernilai ekonomis.

4. Mencegah Timbulnya Penyakit

Tumpukan sampah dapat mengakibatkan sumber penyakit. Maka dari itu, kalian harus pandai memilah-milah sampah. Alangkah baiknya jika dibuat tong sampah yang berbeda untuk memisahkan sampah agar supaya dapat dilakukan daur ulang botol bekas dan barang bekas lainnya.

5. Meningkatkan Daya Kreativitas dan Keterampilan Masyarakat

Melakukan daur ulang barang bekas dapat mengasah ketrampilan dan jiwa seni kalian sehingga barang yang kalian buat dapat menarik perhatian konsumen. Selain kalian terampil dalam mendaur ulang, alangkah baiknya jika kalian juga kreatif dalam memasarkan dan membangun relasi.

6. Membantu Menciptakan Lingkungan yang Bersih, Asri, dan Sehat

Lingkungan yang bersih dan juga sehat dapat membantu kita mencegah terkena serangan berbagai penyakit. Cara melakukannya yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya dan memisahkan antara sampah yang organik dengan yang anorganik serta melakukan 3R yaitu reduce, reuse, dan recycle.

7. Membantu Menghemat Energi

Proses produksi dari bahan daur ulang membutuhkan energi yang lebih sedikit dibandingkan menggunakan bahan mentah. Hal ini sangat berpengaruh untuk mereka para pengusaha saat memproduksi produk baru. Selain itu, kalian juga dapat menghemat biaya yang harus dikeluarkan.

8. Membantu Menekan dan Mengurangi Polusi Dilingkungan Sekitar

Pada umumnya sampah botol plastik hanya dibakar agar supaya lingkungan kalian bersih. Akan tetapi, tahukah kalian jika pembakaran tersebut dapat menyebabkan polusi.

Maka dari itu, kalian harus bijak dalam memilih. Hal ini karena dengan memisahkan sampah organik dengan sampah anorganik kalian dapat menggunakannya untuk dilakukan daur ulang.

Itulah pembahasan saya mengenai manfaat daur ulang botol plastik. Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat daur ulang botol plastik serta cara daur ulangnya, kalian juga bisa mengetahui tentang cara membuat tempat pensil dari botol bekas yang ada di link ini. Semoga artikel ini dapat membantu dan juga bermanfaat.

cara memasak keong sawah

Cara Memasak Keong Sawah

Ackles in Uncategorized
  ·   2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.