Uncategorized

Tips Memilih Pinjaman Online dengan Benar

Jika ingin melakukan pinjaman online, ada beberapa tips untuk memilihnya supaya calon peminjam tidak terjerumus oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Adanya...

Written by Ackles · 1 min read >
pinjaman online

Jika ingin melakukan pinjaman online, ada beberapa tips untuk memilihnya supaya calon peminjam tidak terjerumus oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Adanya pinjaman berbasis online, sangat membantu beberapa kalangan yang sedang membutuhkan dana secara cepat dan mudah.

Namun sayangnya, masih banyak yang salah memilih dan akhirnya terjerat oleh pihak peminjam yang bermasalah. Sudah banyak kasus serupa ditemukan di lingkungan sekitar. Untuk itu, berikut tips supaya tidak salah dan terhindar dari kasus yang serupa:

1.Melakukan Pengecekan Legalitas Pinjol di OJK

Salah satu tips untuk terhindar dari hal diatas, calon peminjam perlu memastikan legalitas dari pinjaman online tersebut di OJK. Apakah sudah terdaftar dan memiliki izin resmi dari pihak OJK apa belum. Jika sudah terdaftar, sudah dipastikan bahwa telah aman.

Ini juga guna menghindari dari besaran bunga dan penipuan yang dilakukan oleh pinjaman yang ilegal. Cara mengeceknya cukup melalui situs resmi OJK dan dapat menghubungi melalui telepon atau WhatsApp

2. Memeriksa Kembali Persyaratan dan Ketentuan yang Berlaku

Hal kedua yang perlu diperhatikan yakni syarat dan ketentuan yang diberikan oleh pihak peminjam tersebut. Pastikan calon peminjam telah memahami kedua hal tersebut dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai terjadi kesalahpahaman yang bisa menimbulkan masalah di kemudian hari.

Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya serta pahami satu persatu isi perjanjian, risiko dan lainnya. Jika dirasa kurang jelas akan informasinya, silakan tanya pada pihak pemberi pinjaman.

3. Mempertimbangkan Kemampuan Membayar Cicilan

Sebelum calon peminjam ingin melakukan pinjaman, pertimbangkan kembali apakah sanggup untuk melunasi tagihan tersebut. Sebaiknya, pinjaman yang diambil tidak lebih dari 30% dari pendapatan yang diterima setiap bulannya.

Ditambah dengan adanya bunga, tentunya tagihan juga bertambah. Jangan sampai telah meminjam, dan akhirnya tidak sanggup melunasinya sehingga tunggakan menjadi menumpuk. Pikirkan dengan matang dan cari solusi amannya.

4. Memperhatikan Besaran Bunga yang dibebankan

Tips lainnya yaitu memperhatikan setiap bunga yang akan dibebankan oleh calon peminjam. Tentunya pihak pemberi pinjaman memiliki besaran bunga yang berbeda-beda. Carilah pinjaman dengan biaya bunga yang rendah atau minim.

Semakin besar bunga, maka akan semakin besar pula tagihan yang harus dibayarkan. Untuk itu, calon peminjam perlu cermati satu persatu. Jangan hanya tergiur akan syarat dan pencairan dana yang mudah.

Itulah beberapa tips memilih dan menggunakan pinjaman online dengan benar. Ingat, jangan asal memilih dan tergiur akan pencairan yang mudah. Tetap perlu mempertimbangkan beberapa hal diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.