Uncategorized

Bagian dari Konstruksi Bangunan yang Harus Ada pada Hunian

Written by Ackles · 1 min read >

Bisa dibilang konstruksi bangunan adalah tubuh sebuah bangunan. Bagian-bagian dari konstruksi bangunan adalah penyusun yang punya sifat, material, dan tujuan tersendiri dalam sebuah bangunan.

Bisa dibilang konstruksi bangunan adalah tubuh sebuah bangunan. Bagian-bagian dari konstruksi bangunan adalah penyusun yang punya sifat, material, dan tujuan tersendiri dalam sebuah bangunan.

Konstruksi Bangunan

Konstruksi bangunan dibedakan jadi dua kelompok. Bangunan anggota atas yang berfaedah mendukung konstruksi bangunan, andaikata dinding, ventilasi rumah, dan atap. Sedangkan anggota bawah bangunan bertugas mendukung konstruksi bangunan, contohnya pondasi rumah.

Buat anda yang berniat membangun tempat tinggal atau sekadar menaikkan pengetahuan berkenaan konstruksi bangunan, yuk ketahui terutama dahulu, anggota konstruksi bangunan apa saja sih yang mesti tersedia pada hunian!

 

1. Bagian Konstruksi Bagunan yang Pertama: Pondasi

Pondasi adalah anggota konstruksi bangunan paling dasar, fungsinya mendukung keseluruhan jasa bangunan. Jenis pondasi sendiri tersedia banyak, terasa dari pondasi cakar ayam, sumuran, hingga tiang pancang. Namun, anda mesti perhatikan dan menentukan type pondasi yang pas untuk bangunanmu. Ingat, punya pondasi yang kokoh merupakan perihal yang paling penting.

Pada dasarnya, pondasi mesti mencukupi tiga syarat, yaitu ditempatkan pada lahan yang tepat, punya risiko longsor yang kecil, dan tidak rentan pada penurunan. Bahan penyusun pondasi kebanyakan tersusun dari batu-batu bata, batu kali, atau beton.

 

2. Balok Beton

Jika pondasi berfaedah meneruskan beban bangunan ke tanah, maka balok beton bertugas meneruskan beban ke pondasi di bawahnya. Selain itu, konstruksi bangunan ini terhitung memudahkan dalam membangun dinding.

Kemampuan tanah yang tidak sama dalam mendukung bangunan mampu menyebabkan sebagian bangunan mengalami penurunan. Itulah mengapa konstruksi bangunan bersifat campuran baja dan beton ini amat diperlukan, gunanya mencegah supaya bangunan selalu sejajar.

 

3. Konstruksi Bangunan Pada Dinding Juga Penting

Dinding adalah salah satu konstruksi bangunan anggota atas, dibangun di atas balok beton. Dinding berfaedah menengahi anggota dalam dan luar hunian, serta sebagai partisi ruangan.

Jika dinding berada di tengah bangunan maka dinding terhitung berfaedah untuk mencegah beban konstruksi bangunan di atasnya. Berdasarkan bahan bakunya, dinding digolongkan ke dalam tiga jenis.

Dinding tradisional berbahan dasar kayu atau bambu, serta dinding permanen yang berbahan beton. Sedangkan dinding yang merupakan campuran keduanya disebut dinding semi-permanen.

 

4. Ventilasi Rumah Tidak Boleh Dilupakan Pada Konstruksi Bangunan

Apa itu ventilasi? Ventilasi adalah konstruksi bangunan yang berperan dalam pertukaran udara dari luar ke dalam hunian. Ventilasi tidak melulu soal jendela, pintu dan lubang dinding pun terhitung ventilasi.

Letak dan ukuran konstruksi bangunan satu ini berpengaruh besar pada kenyamanan, kesehatan, dan keamanan hunian. Tempatkan ventilasi di depan atau samping tempat tinggal kamu, lubang-lubang kecil dekat plafon terhitung mampu menyebabkan suhu hunian lebih sejuk.

5. Balok Latei

Konstruksi bangunan satu ini berada di anggota atau pintu ataupun jendela, berfaedah untuk mencegah beban bangunan anggota atas. Balok latei kurangi beban kusen jendela dalam menyangga supaya kusen tidak berisiko melengkung atau patah meski diguncang gempa.

 

6. Balok Ring

Konstruksi bangunan berbahan baku beton ini terdapat pas di atas tembok. Fungsi utamanya adalah menstabilkan posisi dinding di bawahnya, serta mengokohkan anggota atas kolom. Akhirnya, beban konstruksi anggota atas mampu diteruskan ke kolom hingga pondasi.

 

7. Kuda-Kuda

Sederhananya, kuda-kuda adalah konstruksi bangunan yang berfaedah untuk mengokohkan bagian-bagian atap bersifat usuk, reng, dan genting. Kuda-kuda kebanyakan terbuat dari kayu atau baja ringan.

 

8. Atap

Atap adalah konstruksi bangunan paling atas bersama kegunaan utama sebagai pelindung hunian dari cuaca dan problem dari luar. Atap menjamin keamanan dan keleluasaan penghuni rumah. Atap terhitung turut memperindah suatu bangunan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.