Uncategorized

Cara Membuat Gula Semut dan Manfaat Dari Gula Semut

Cara membuat gula semut. Banyaknya makanan yang berbahan dasar gula kelapa ini karena aroma serta rasa yang khas karamel palma sangat cocok...

Written by Ackles · 2 min read >
cara membuat gula semut

Cara membuat gula semut. Banyaknya makanan yang berbahan dasar gula kelapa ini karena aroma serta rasa yang khas karamel palma sangat cocok untuk menambah citarasa pada makanan, rasa karamel dan pasta yang ada di gula kelapa memang tidak bisa digantikan dengan jenis gula lain seperti gula tebu.

Pembuatan gula semut tidaklah mudah namun juga tidak sulit. Apalagi sekarang sudah modern, dimana kita bisa membeli alat untuk membuat gula semut. Kali ini saya akan memberikan informasi cara membuat gula semut.

 

Cara Membuat Gula Semut dari Nira

Persiapan Nira Kelapa

Proses pembuatan gula merah ini diawali dengan tahap persiapan bahan dan pembersihan nira yang akan diolah, pembersihan nira bisa dilakukan dengan cara memisahkan kotoran yang berupa manggar atau bangkai serangga dengan menggunakan alat atau kain penyaring.

Pemasakan Nira Kelapa

Setelah dilakukan penyaringan nira, langkah selanjutnya nira itu dituangkan ke dalam mesin pembuatan gula yang berbentuk wajan besar atau bejana yang khusus untuk memasak gula, kemudian nira dipanaskan dengan menggunakan api dengan suhu antara 120-130 derajat celcius.

Tapi ingat, selama penguapan ini harus kita lakukan pengadukan secara merata supaya panasnya juga bisa merata. Nah untuk mengetes apakah gulanya sudah masak atau belum itu bisa Anda lakukan dengan cara dipegang dengan tangan, kalau misalnya tidak lengket berarti gula sudah masak dan siap untuk dicetak.

Perlu Anda ketahui, kalau cara memasak apinya terlalu besar dan waktunya terlalu lama, gula yang dihasilkan justru jadi berwarna gelap dan keras, tapi juga sebaliknya, kalau misalnya terlalu singkat gula yang dihasilkan masih terlalu lembek dan kurang baik.

Setelah gula sudah masak dan siap untuk dicetak, gulanya bisa kita angkat dari wajan dan didinginkan sambil diaduk-aduk selama proses pencetakan berlangsung dan sedikit demi sedikit gula dicetak dengan cetakkan yang sudah kita siapkan. Tapi ingat, kalau tidak sambil diaduk-aduk, gulanya malah jadi mengental.

 

Pembuatan Gula Semut dari Gula Merah / Gula Aren/ Jawa

Untuk membuat Gula Semut berbahan dasar gula merah atau gula aren atau gula jawa adalah sebenarnya hanya merubah sifat fisik saja, yaitu dari cetakan menjadi kristal. bahannya adalah gula yang sudah jadi itu tadi. Berikut prinsip cara Pembuatan Gula Semut dari Gula Kelapa

  1. Untuk menghasilkan kualitas yang bagus, caranya pilih gula kelapa cetak yang bagus, tandanya gula kalau kena panas sedikit mudah meleleh, kalau yang tetap keras, hati-hati, itu biasanya sudah memakai obat kimia, nah disarankan tidak memilih yang seperti itu, karena pembuatannya kurang memuaskan.
  2. Rajang Gula Kelapa Cetak tadi denganĀ mesin Perajang Gula Semut, usahakan tipis-tipis ya hasil rajangannya. Ini dimaksud untuk memudahkan proses pengeringan dan penghancuran gula semut
  3. Oven atau keringkan Gula hasil rajangan tadi, lakukan pengovenan sampai mencapai kadar air 5%.
  4. Lakukan penepungan / perajangan hasil pengovenan gula tadi.
  5. Sortasi atau ayak hasil penepungan tadi yang kemudian menjadi Kristal butiran gula semut

 

Manfaat Dari Gula Semut

cara membuat gula semut

1. Menambah semangat.

Memiliki kandungan kalori yang rendah. Namun hal ini justru bisa memicu penambahan energimu untuk tenaga dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.

2. Mencegah anemia.

Anemia terjadi karena kurangnya kemampuan hemoglobin, yaitu suatu senyawa di dalam sel darah merah untuk mengikat oksigen di dalam darah merah. Memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga hal ini baik untuk mencegah penyakit anemia.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Gula semut memiliki kandungan senyawa yang dapat menjaga sistem daya tahan tubuhmu sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit dari luar. Dengan rutin minum air dari gula semut dan imbangi dengan olahraga.

4. Memperlancar peredaran darah.

Peredaran darah yang lancar sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh karena pasokan kebutuhan organ-organ dalam tubuh untuk darah menjadi tercukupi. Sehingga kinerja dari organ-organ tersebut menjadi maksimal. Untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh sudah banyak bahan alami yang mampu membantu.

5. Menjaga Kolestrol Tubuh

Kolesterol di dalam tubuh harus dijaga dalam jumlah yang normal. Saat kadar kolesterol naik bisa memacu berbagai komplikasi di dalam tubuh, termasuk penyakit jantung. Untuk itu menjaga kolesterol ibarat susah-susah gampang. Penderita kolesterol memang disarankan untuk menghindari makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuhnya. Memiliki kandungan niacin yang baik untuk menjaga keseimbangan kadar kolesterol di dalam tubuh saat kadar kolesterol naik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.