Bisnis

6 Tips Ampuh Lolos Interview Kerja Yang Dapat Kamu Coba

Satu dari banyaknya tahapan penting saat melamar pekerjaan adalah dengan menjalani tes interview. Interview menjadi salah satu hal yang paling di tunggu...

Written by Ackles · 2 min read >
tips ampuh lolos interview kerja

Satu dari banyaknya tahapan penting saat melamar pekerjaan adalah dengan menjalani tes interview. Interview menjadi salah satu hal yang paling di tunggu oleh para pencari kerja. Karena dengan mendapat panggilan interview tersebut, pelamar kerja telah berhasil melewati fase sebelumnya yaitu screening CV.

Namun, dibalik kebahagiaan tersebut terdapat juga kekhawatiran yang cukup mengganggu. Kekhawatiran tersebut adalah bagaimana caranya agar interview dapat berjalan lancar dan dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Untuk dapat lolos ke tahap berikutnya, seorang pelamar kerja wajib menjelaskan dirinya dengan baik saat melakukan interview baik dengan HRD perusahaan maupun dengan user. 

6 tips ampuh lolos interview kerja yang dapat kamu coba.

1. Pelajari perusahaan dan lowongan yang mengundang interview

Hal pertama yang wajib kamu lakukan dalam tips ampuh lolos interview kerja adalah memahami posisi dan latar belakang perusahaan yang mengundang kamu interview. Kamu dapat melakukannya hanya dengan melakukan riset kecil kecilan terlebih dahulu terkait perusahaan dan posisi yang kamu lamar sebelum hari wawancara.

Penting juga untuk kamu mengenali industri dan profil perusahaan yang dapat kamu ketahui melalui situs resmi perusahaan. Untuk lowongan pekerjaannya sendiri, kamu dapat mempelajari lowongan serupa agar kamu dapat gambaran lebih jelas terkait kompetensi yang diinginkan perusahaan.

2. Persiapkan jawaban guna menjawab pertanyaan umum

Pada biasanya, dikala interview kerja HRD hendak melontarkan sebagian pertanyaan bersifat universal terpaut kandidat. Sebagian pertanyaan universal yang umumnya dilontarkan antara lain:

“ Apa saja kekurangan serta kelebihan diri Kamu?”

“ Gimana Kamu mengalami kesusahan menyesuaikan diri di lingkup kerja?”

Jadi, yakinkan Kamu telah mempersiapkan jawaban yang cocok? Salah satu cara buat berlatih dari pertanyaan tersebut yaitu dengan menulis jawaban di selembar kertas, setelahnya kamu dapat mencoba melafalkannya dengan bermacam intonasi supaya tidak terdengar kaku. Persiapan ini bisa membuat kamu lebih yakin dan percaya diri.

3. Gunakan Bahasa Tubuh yang sopan Dan Gaya bicara yang baik

Style bicara, pemilihan kata, serta bahasa tubuh ialah aspek yang kerap dibiarkan oleh kandidat dikala menempuh interview kerja. Sementara itu, hal- hal tersebut bisa menggambarkan kecakapan pelamar dalam berbicara dengan rekan kerja di kantor. Jauhi memakai style berdialog yang tidak sopan serta memakai nada tinggi kala menanggapi sebuah pernyataa

Sesuaikan pula gaya bahasa dengan konteks interview yang berlangsung. Karena setiap perusahaan memiliki kultur yang berbeda beda.Sebagian besar industri mempunyai kultur yang sangat resmi. Namun di beberapa, industri seperti startup, kamu dapat menggunakan gaya bahasa yang  cenderung lebih santai.

4. Siapkan pertanyaan balik untuk ditanyakan ke rekruter

Tidak hanya sekedar untuk memahami kandidat, sesi interview kerja juga terkadang menjadi sebagai sesi kesempatan kandidat guna menggali serta mengenali lebih dalam terkait industri serta lowongan kerja yang dilamar.

Tak heran saat interview berlangsung, kandidat akan diberikan kesempatan bertanya, yakinkan Kamu menampilkan antusiasme untuk bergabung dengan industri dengan melontarkan pertanyaan- pertanyaan bermutu terkait industri maupun skup pekerjaan.

Tidak mengajukan pertanyaan dalam sesi kesempatan bertanya dapat membuat kamu memiliki kesan pasif dan tidak tertarik untuk bergabung ke perusahaan tersebut. Jadi, jangan ragu untuk menanyakan apapun yang ingin kamu tanyakan, sebab perihal tersebut bisa jadi poin plus buat Kamu dikala interview kerja.

5. Siapkan dengan baik semua dokumen dibutuhkan saat interview

Saat ini, dokumen digital memang sangat umum digunakan, namun hal tersebut juga bukan berarti kamu tidak membutuhkan dokumen cetak. Kamu juga perlu membawa salinan dokumen yang jadi ketentuan lamaran semacam CV, pesan pengantar, rekomendasi kerja, serta sebagainya dikala tiba ke interview kerja secara langsung.

Bila Kamu merupakan seorang lulusan baru tanpa pengalaman, yakinkan pula bawa fotokopi ijazah, transkrip nilai, serta sertifikat yang sekiranya relevan dengan lowongan yang dilamar. Bila telah mempunyai sebagian pengalaman, persiapkan pula dokumen pendukung semacam portofolio, sertifikat, ataupun pesan saran.

 

KSB Karawang Barat

Bagaimana Cara Mengelola Gudang?

Ackles in Bisnis, Jasa
  ·   1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *