Bisnis

Cara Send Money Praktis Untuk Orang yang Baru Pertama Kali Bertransaksi

Bagi seseorang yang belum pernah melakukan send money, pasti kebingungan jika harus mengirimkan uang kepada orang lain.

Written by Ackles · 2 min read >
Cara Send Money Praktis Untuk Orang yang Baru Pertama Kali Bertransaksi

Bagi seseorang yang belum pernah melakukan send money, pasti kebingungan jika harus mengirimkan uang kepada orang lain. Padahal ada banyak cara kirim uang praktis dan mudah yang cocok untuk pemula. Sekarang sudah tidak ada alasan tidak bisa transfer uang karena gaptek.

Send Money?

Cara Send Money Praktis Untuk Orang yang Baru Pertama Kali Bertransaksi

Send money berasal dari bahasa Inggris yang artinya “mengirim uang” atau “transfer uang”. Ada banyak cara dan media pengiriman yang bisa digunakan. Beberapa diantaranya melalui aplikasi e-wallet, setor tunai bank, lewat ATM, dengan wessel, aplikasi e-commerce, M-banking, E-banking, dan lain-lain.

Mengirim uang biasanya dilakukan untuk bermacam-macam kepentingan. Seperti bisnis, urusan pribadi, komunitas atau organisasi, ataupun kepentingan lainnya. Sepertinya kini kegiatan transfer uang bukan lagi menjadi kepentingan, namun sebuah kebutuhan rutin bagi sebagian besar masyarakat.

Karena kebutuhan itulah, sekarang banyak developer yang menciptakan aplikasi jasa dan layanan send money praktis. Layanan tersebut bisa diakses dimanapun dan kapanpun melalui smartphone. Tidak hanya transfer uang di dalam negeri, tetapi juga ke bank luar negeri.

Beberapa Pilihan Cara Kirim Uang yang Praktis Untuk Pemula

Di jaman modern ini, tidak menutup kemungkinan ada orang yang belum bisa melakukan transaksi uang. Biasanya dari kalangan orang tua yang gaptek/gagap teknologi. Lalu bagaimana cara send money yang mudah? Simak berikut ini:

1. Send Money Melalui Minimarket

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menggunakan jasa transaksi uang di minimarket semacam Alfamart dan Indomart. Nama layanan ini disebut “True Money”. Caranya. pengirim cukup datang ke minimarket terdekat, dengan membawa uang tunai, identitas diri, dan nomor rekening tujuan.

Sesampainya di sana, sampaikan maksud dan tujuan ingin mentransfer uang ke nomor rekening yang dimaksud. Karyawan minimarket akan memproses transaksi. Bukti transfer biasanya berupa struk atau dikirim melalui SMS ke nomor ponsel. Cara ini terbilang cukup mudah untuk pemula.

2. Send Money Melalui Orang yang Membuka Jasa Transfer

Pernahkah mendengar istilah BRILink? Layanan send money ini merupakan jasa pengiriman uang yang diberikan oleh seseorang agen BRI. Biasanya ada di gerai-gerai toko ataupun di rumahan. Setiap agen akan memberikan papan keterangan di depan rumahnya, tanda bahwa ini menerima jasa transfer.

Caranya, carilah agen link terdekat, lalu datanglah ke rumah/tokonya dengan membawa uang tunai dan nomor rekening tujuan. Transaksi ini akan dikenai biaya transfer sebesar Rp5.000 untuk sesama atau beda bank. Beberapa jasa menarif lebih dari itu, sekitar Rp10.000 untuk transaksi ke bank yang berbeda.

3. Meminta Tolong Orang Lain

Cara selanjutnya yaitu meminta tolong kepada orang lain yang pernah melakukan transfer uang. Pengirim bisa meminta bantuan keluarga, saudara, ataupun orang terpercaya. Sampai sekarang cara ini masih dilakukan oleh para orangtua yang belum pernah melakukan send money.

Pastikan meminta bantuan kepada orang terpercaya saja untuk melakukan transaksi. Jangan meminta tolong secara sembarangan ke orang yang tidak dikenal, agar terhindar dari penipuan. Jangan sampai karena kecerobohan tersebut, membuat uang jadi lengkap.

4. Send Money Lewat OVO

Cara satu ini bisa digunakan untuk orang yang belum pernah melakukan transfer uang, tetapi tidak gagap teknologi. Biasanya dari kalangan remaja yang masih belajar send money. Aplikasi OVO sejauh ini menjadi salah satu jasa yang cukup mudah dioperasikan, karena tampilan di dalamnya sangat sederhana.

OVO dapat diakses kapanpun dan dimanapun menggunakan smartphone, asalkan memiliki koneksi internet. Cara ini juga menjadi salah satu cara transfer uang tanpa butuh rekening baik pengirim atau penerima. Transaksi dilakukan antar sesama akun e-wallet dengan sistem penambahan saldo.

5. Send Money Melalui Aplikasi E-Commerce

Sama halnya dengan cara sebelumnya, send money lewat aplikasi e-commerce diperuntukkan bagi orang yang bisa mengoperasikan smartphone. Cara satu ini terbilang mudah dan dapat menjadi pilihan alternatif bagi para pemula yang ingin transfer uang.

Mengirim uang menggunakan aplikasi e-commerce bisa ke penerima yang memiliki rekening, ataupun tidak. Jika penerima tidak mempunyai rekening bank, tujuan transaksi biasanya ke akun dompet digital ataupun akun aplikasi e-commerce penerima.

6. Melalui ATM Meminta Bantuan Satpam Penjaga

Cara transfer untuk pemula selanjutnya yaitu melalui ATM. Pengirim bisa meminta bantuan penjaga untuk bertransaksi. Setiap bank pasti memiliki satpam penjaga untuk membantu dan mengarahkan para nasabah jika membutuhkan bantuan, terkait urusai di bank.

Pengirim dapat memanfaatkan salah satu fasilitas bank ini untuk mentransfer uang. Maka, sebaiknya mencari ATM yang berlokasi di bank saja, karena pasti ada satpamnya. Jangan meminta bantuan kepada orang yang tidak dikenal, agar tidak menjadi korban penipuan.

Contoh Mengirim Uang Pakai ATM

Mungkin tidak semua orang dekat dengan bank yang memiliki ATM di dalamnya, sehingga tidak bisa meminta bantuan satpam penjaga. Maka langkah-langkah mengirim uang melalui ATM berikut ini bisa dijadikan pedoman:

  • Pergi ke ATM terdekat.
  • Masukkan kartu ATM ke lubang yang tersedia.
  • Pilih bahasa (Indonesia)
  • Masukkan nomor PIN ATM.
  • Pilih transaksi “Transfer”.
  • Masukkan kode bank dan nomor rekening tujuan.
  • Ketik nominal uang yang ingin ditransfer.
  • Ikuti petunjuk selanjutnya sampai transaksi berhasil.
  • Tunggu sampai ada keterangan transaksi berhasil.
  • Terakhir, tunggu bukti transfer.
  • Jangan lupa ambil kembali kartu ATM nya.

Itulah cara sekaligus tips melakukan send money untuk para pemula. Beberapa cara di atas bisa menjadi alternatif pilihan yang mudah dan dijamin aman untuk transaksi online maupun offline. Belajar bertransaksi kini menjadi salah satu kebutuhan untuk kepentingan lain di masa mendatang.

KSB Karawang Barat

Bagaimana Cara Mengelola Gudang?

Ackles in Bisnis, Jasa
  ·   1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *