Jasa

Perbedaan Landing Page dan Homepage

Perbedaan landing page dan homepage belum banyak diketahui. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Hampir semua website memiliki homepage. Namun, tidak banyak website yang memiliki landing page. Padahal landing page sangat...

Written by Ackles · 1 min read >
perbedaan landing page dan home page

Perbedaan landing page dan homepage belum banyak diketahui. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Hampir semua website memiliki homepage. Namun, tidak banyak website yang memiliki landing page.

Padahal landing page sangat berpengaruh untuk meningkatkan penjualan bisnis anda. Apabila website bisnis anda belum memiliki landing page maka anda dapat mempercayakannya pada jasa pembuatan landing page yang pasti dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan anda.

Lalu, apa yang membedakan keduanya? Simak artikel ini sampai selesai ya, karena kami akan menjelaskan perbedaan mendasar anatara landing page dan homepage.

 

Perbedaan Landing Page dan Homepage

Singkatnya, dilihat dari tujuannya homepage website adalah memperkenalkan bisnis sedangkan tujuan landing page adalah conversion. Untuk lebih detailnya simak di bawah ini.

1. Tujuan

Perbedaan pertama dan utama dari landing page dan homepage adalah tujuan. Tujuan dari sebuah landing page adalah mengonversi pengunjung ke penawaran yang dibuat oleh website tersebut. Konversi tersebut bisa bermacam-macam, mulai dari subscribe hingga melakukan pembelian.

Sebagai contoh, kamu membuat landing page yang berisi tulisan “Subscribe Now!”, maka, dapat dikatakan bahwa tujuan landing page tersebut adalah mendorong pengunjung agar men-subscribe informasi dari website-mu.

Sementara itu, tujuan dari sebuah homepage bisa saja berbeda bagi setiap pengunjung. Ada pengunjung yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang perusahaanmu, berbagi pengalaman, hingga membeli produk yang kamu tawarkan.

2. Target audiens

Selain tujuan, perbedaan landing page dan homepage lainnya adalah target audiens. Biasanya, seseorang akan mengunjungi landing page setelah mengklik iklan di situs lain atau Google.

Oleh karena itu, pengunjung landing page dapat dikatakan memiliki tujuan khusus. Mereka tertarik dengan iklan yang menampilkan website-mu dan memiliki suatu tujuan yang jelas mengapa mereka mengunjungi landing page.

Berbeda dengan pengunjung homepage yang tujuannya lebih luas. Mereka bisa saja tidak memiliki satu tujuan khusus saat mengunjungi website-mu.

3. Konten

Konten sebuah landing page biasanya berfokus pada promosi, penawaran, atau informasi produk yang kamu tawarkan. Maka konten tersebut harus sesuai dengan apa yang ditampilkan di iklan atau search engine result page (SERP).

Hal itu disebabkan karena pengunjung sudah memiliki tujuan khusus seperti apa yang dilihatnya di iklan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konten di landing page lebih spesifik daripada homepage.

Sementara itu, homepage memiliki konten yang beragam. Apa yang tercantum di homepage lebih luas daripada landing page.

4. Link

Perbedaan selanjutnya adalah link. Landing page hanya memiliki satu tujuan utama, yaitu mengonversi pengunjung untuk melakukan berbagai hal yang kamu harapkan.

Hindari menampilkan berbagai link yang justru bisa mengubah pikiran pengunjung. Sebagai contoh, anda memiliki tampilan dan copywriting yang menarik dalam landing page website anda. Kemudian, anda menambahkan link media sosial di sana.

Pengunjung bisa saja memilih untuk mengklik link tersebut dan batal men-subscribe situsmu. Tujuan landing page pun tidak tercapai. Sementara itu, sebuah homepage umumnya memiliki banyak link yang dapat mengarahkan pengunjung sesuai tujuannya masing-masing.

Pengunjung yang ingin sign up bisa mengklik link ‘Sign Up’. Pengunjung yang ingin melihat informasi diskon bisa mengklik link ‘Sale’, dan sebagainya.

5. Call-to-action (CTA)

Kebalikan dari poin sebelumnya, sebuah landing page perlu memiliki call-to-action (CTA) yang jelas. CTA adalah elemen yang tidak boleh ketinggalan dalam landing page. 

Dengan adanya CTA, pengunjung bisa terkonversi sesuai harapan. Inilah perbedaan antara landing page dan homepage. Homepage tidak memerlukan CTA apa pun.

keuntungan mempunyai landing page

Keuntungan Mempunyai Landing Page

Ackles in Jasa
  ·   2 min read
karakteristik landing page

Ketahui Karakteristik Landing Page

Ackles in Jasa
  ·   2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *