Uncategorized

Apa Saja Jenis Madu yang Boleh Diberikan untuk Bayi?

Written by Ackles · 1 min read >

Madu ternyata berfaedah antara lain untuk perkembangan tubuh bayi dan balita. Selain mampu melancarkan pencernaan, menghindari kejang (kolik) pada bayi, menangani rutinitas mengompol, tidur tak nyenyak, batuk, gangguan pernafasan, menyuburkan rambut, sembelit, dan lainnya.

Tak kalah penting, madu berfaedah untuk tingkatkan kecerdasan. Pakar obat tradisional (alm) Prof Hembing Wijayakusuma dulu mengutarakan “bahwa aneka zat yang terdapat dalam madu berkhasiat bagi perkembangan otak anak, terutama zat gulanya yang terlampau dibutuhkan otak untuk melakukan fungsinya secara optimal. Itu sebab, anak boleh diberi madu sejak masih di dalam kandungan.

Namun, sesungguhnya tersedia kontroversi dalam bantuan madu untuk bayi dan balita. “Dari penelitian modern, madu yang asli, yakni yang diperas berasal dari sarang tawon, ternyata ditemui tersedia kaki-kaki tawonnya terhitung yang membawa kuman,” ujar Dr. H. Adi Tagor, SpA, DPH, berasal dari RS Pondok Indah, Jakarta.
Tawon tentunya tidak hanya hinggap pada bunga selanjutnya kembali ke sarangnya; kadang ia pun mampir ke tempat-tempat lain layaknya mengacak-acak sampah dan lainnya.

“Nah, tersedia yang namanya clostridium botulinum. Spora berasal dari clostridium botulinum ini mampu tumbuh dalam tubuh anak dan sebabkan botulism. Gejalanya: anak mengalami panas, kembung, dan kejang. Penyakit ini mampu sebabkan kematian,” papar Adi.

Itulah mengapa, madu yang boleh diberikan untuk bayi dan balita hanya yang refined dan purified with nomor additive (sudah dibersihkan dan dimurnikan). “Jadi, tak boleh madu asli yang masih tersedia lilin-lilin atau sarang tawonnya, dikarenakan ditakutkan tersedia bahaya mikrobiologinya, yakni spora berasal dari clostridium botulinum tadi.”

Untuk bayi, selain kudu diberi madu yang steril, terhitung tidak boleh diberi madu palsu dikarenakan mampu menimbulkan beragam reaksi. Jika pun Anda ingin menambahkan madu asli, menurut (alm) Hembing, boleh saja, ” sepanjang disterilkan dulu, yakni dimasak panas sehingga kumannya mati.”

Madu refined dan purrfied, tutur Adi, di Amerika dan Eropa umumnya disebut honey jam, jadi dalam wujud selai. Ada terhitung merk khusus yang tenar dan di Indonesia mampu ditemui di outlet atau supermarket khusus area orang asing berbelanja. Untuk madu-madu lokal terhitung tersedia yang udah dimurnikan dan dijual di apotik-apotik.

Dengan demikian, kudu tersedia kerja sama antara Depkes, Ditjen POM (Pengawasan Obat dan Makanan), dan Lembaga Konsumen Indonesia dalam perihal bantuan tentang madu bagi bayi dan balita.

“Merek-merek madu apa saja yang safe dikonsumsi, sehingga orangtua tak kebingungan dan tak gelisah akan kemurniannya yang tak dipalsukan, dan juga kebebasannya berasal dari hama dan zat-zat tambahan lain yang tak baik untuk anak. Dengan demikian, anak terlindungi dan para dokter anak pun mampu menjawab madu apa saja yang safe dikonsumsi,” mengetahui Adi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *