Uncategorized

Cara Memulai Bisnis Kuliner Bagi Pemula yang Menjanjikan

Bidang kuliner merupakan peluang bisnis yang menjanjikan. Meski hanya bermodal kecil, Anda bisa langsung memulai bisnis catering. Namun sebelum Anda memulai, pelajari...

Written by Ackles · 1 min read >
Cara Memulai Bisnis Kuliner

Bidang kuliner merupakan peluang bisnis yang menjanjikan. Meski hanya bermodal kecil, Anda bisa langsung memulai bisnis catering. Namun sebelum Anda memulai, pelajari beberapa tips penting tentang cara memulai bisnis kuliner dengan modal kecil itu.

Cara memulai bisnis kuliner bisa dimulai dengan langkah kecil. Jika passion Anda adalah bisnis makanan, Anda bisa langsung memulai bisnis makanan dengan modal kecil. Namun, jangan hanya membuka usaha makanan.

Berikut 4 Cara Memulai Bisnis Kuliner dengan Modal Kecil yang Bisa Anda Lakukan.

1. Cara Memulai Bisnis Kuliner dengan Kematangan Konseptual

Langkah awal memulai usaha catering dengan modal kecil adalah terlebih dahulu menyiapkan ide menu dan bagaimana usaha tersebut akan berjalan. Kapan Anda memasak, sebelum atau sesudah pesanan tiba? Ada banyak pilihan menu kuliner yang dinikmati konsumen saat ini. Apa yang ingin Anda jual? Sekarang sudah banyak minuman modern seperti boba, kopi, es krim.

Lalu pasarkan jajanan, cake atau kue kering seperti donat, makaroni, pisang coklat, martabak, roti. Kemudian berbagai jenis nasi dengan menu utama ayam dan bebek seperti suwiran ayam, ayam geprek, bebek goreng. Ada masakan Jepang seperti ramen, tempura, sushi. Makanan Korea, Makanan Cina, Makanan Timur Tengah, Makanan Thailand, Makanan India, Makanan Cepat Saji; serta menu yang sangat digemari seperti sate, seafood, bakso, sop, sop iga, mie, dan lainnya.

Baca Juga: Belajar Memulai Bisnis

Keunikan, nilai, harga harus dipikirkan sejak awal. Dalam hal ini, penting untuk melakukan observasi dan survei lapangan. Juga pertimbangkan di mana bahan baku dapat diperoleh dan di mana bahan mentah dapat disimpan. Apalagi konsep marketing yang matang juga. Apakah Anda akan terlibat dalam pemasaran online sebagai mitra GoFood, Grab Food, dan Shopee Food? Promosi seperti? Anda perlu memikirkan lokasi usaha Anda, desain booth atau gerobak usaha Anda, lemari pajangan, serta peralatan dan perlengkapan dapur. Jika Anda tidak membuka loket, bagaimana Anda mengelola nota pengiriman? Siapa kurir untuk mengantarkan pesanan ke konsumen?

2. Menyelidiki, Meneliti, dan Mengumpulkan Informasi Tentang Peluang Pasar

Sebelum memulai usaha catering, sangat penting untuk melakukan survey atau riset pasar untuk mengetahui peluang menu kuliner yang akan Anda pilih. Caranya adalah dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang kompetitor bisnis yang ada. Lihat pro dan kontra dari menu yang mereka jual, sehingga Anda bisa mengetahui peluang apa yang tersedia untuk Anda.

3. Buat Rencana Bisnis atau Business Plan yang Jelas

Rencana yang matang dan detail adalah setengah dari kesuksesan sebuah bisnis. Cara memulai bisnis makanan dengan modal kecil juga membutuhkan rencana bisnis atau business plan. Ini memungkinkan Anda memvisualisasikan kecepatan uang (arus kas). Rencana bisnis adalah simulasi bagaimana memulai bisnis makanan, arus kas, dan strategi pertumbuhan. Apalagi, pentingnya perencanaan bisnis makanan adalah jika Anda membutuhkan mitra atau investor yang dapat mempresentasikan rencana bisnis makanan dengan jelas.

Rencana Bisnis Tersebut Antara Lain Meliputi:

  • Rencana keuangan, jumlah modal kerja dan rincian penggunaan modal.
  • Tim kerja: koki, administrator, kasir, kurir, asisten, promotor pemasaran dan lain-lain. Untuk perusahaan modal kecil, tenaga kerja biasanya dimiliki oleh pemilik usaha.
  • Menu dan harga, untuk menggambarkan potensi keuntungan bisnis.
  • Strategi pemasaran.
  • Waktu pelaksanaan.

4. Pilih Lokasi Usaha yang Cocok dan Strategis

Cara memulai bisnis makanan baik dengan modal kecil maupun besar adalah dengan memiliki lokasi dan strategi bisnis yang tepat. Lokasi yang strategis membutuhkan pengamatan survei lapangan. Anda harus mengamati langsung saat sarapan, makan siang, makan malam, antara makan siang dan makan malam. Siapa dan berapa banyak orang yang melewati lokasi pengamatan Anda.

Di atas adalah 4 cara memulai bisnis makanan dengan modal kecil yang bisa Anda coba. Semoga berhasil dan semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *