Uncategorized

Resep Kerupuk Kulit Sapi yang Mudah dan Praktis

Selain kerajinan tangan, kulit sapi dapat dimanfaatkan menjadi kerupuk kulit sapi. Ini merupakan salah satu resep kerupuk kulit sapi dan bagaimanakah Anda membuat...

Written by Ackles · 1 min read >
resep kerupuk kulit sapi

Selain kerajinan tangan, kulit sapi dapat dimanfaatkan menjadi kerupuk kulit sapi. Ini merupakan salah satu resep kerupuk kulit sapi dan bagaimanakah Anda membuat kerupuk kulit sapi ini. Salah satu produk olahan kulit sapi adalah kerupuk rambak yang dapat diolah menjadi produk olahan seperti kerupuk rambak goreng dan kerupuk rambak kulit bumbu. Kerupuk kulit (kerupuk rambak) adalah makanan yang terbuat dari kulit sapi muda. Pembuatan cookies ini cukup sulit dan membutuhkan pekerja yang tidak sedikit. Kamu membutuhkan bahan dan alat untuk membuat kerupuk kulit sapi.

Di Sumatera, kerupuk jangek atau kerupuk kulit sapi juga menjadi salah satu jajanan favorit atau bisa dijadikan lauk saat makan nasi padang, sate padang, dll. Olahan kue kering khas Sumatera, teksturnya renyah, asin dan harganya cukup mahal. Jika Anda ingin mencoba kerupuk kulit atau kue jangek ini, berikut cara membuatnya.

Resep kerupuk kulit sapi (kerupuk rambak) serta alat dan bahan yang harus di siapkan

Bahan-bahan yang harus di siapkan :

  • 1 kg kulit sapi
  • 25 gr bawang putih
  • 50 gr garam
  • 25 gr gula
  • Air kapur secukupnya
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat kerupuk kulit sapi :

  1. Rendam kulit sapi dalam air kapur selama 8 jam dan bersihka rambut yang ada pada kulit sapi  dengan pisau.
  2. Keringkan kulit sapi, setelah itu potong sesuai ukuran.
  3. Haluskan bawang putih, garam dan gula. Rebus potongan kulit dan tambahkan bumbu halus. Biarkan hingga kulit matang, angkat dan tiriskan. Kering kering .
  4. Kerupuk rambak mentah bisa langsung digoreng dengan minyak panas dengan api kecil hingga mekar.
  5. Goreng kembali kerupuk rambak dalam minyak mendidih dengan api besar hingga matang dan mengembang. Aduk dan sajikan.

Pada dasarnya ketika kita membuat kerupuk itu, ketika pada saat penngorengan kerupuk mentahnya itu selalu menggunakan mesin vacuum frying. Hasilnya lebih bagus serta kandungan vitaminnya tidak berkurang sedikit pun. Suhu yang ada pada mesin ini bisa kita atur sendiri.

Manfaat dari kerupuk rambak kulit sapi bagi kesehatan

Kalian percaya atau tidak, jika mengonsumsi kerupuk kulit sapi itu sebetulnya baik untuk kesehatan? Fakta tentang kerupuk kulit bahwa kerupuk kulit sapi baik untuk kesehatan. Fakta ini tidak banyak diketahui oleh banyak orang loh. Sebab, masih ada anggapan jika mengonsumsi kerupuk justru bisa mengakibatkan kesehatan kita terganggu, yaitu seperti sakit tenggorokan.

Padahal pembuatan atau cara membuat kerupuk kulit ini benar-benar diolah dengan tepat, kita pun juga mengkonsumsinya tidak secara berlebihan, maka masih ada banyak manfaat lagi, baik untuk kesehatan yang terdapat pada kerupuk kulit sapi atau pun yang lainnya.

Dibawah ini merupakan manfaat kerupuk kulit untuk kesehatan tubuh :

  • Mengatasi perih pada lambung yang di akibatkan dari penyakit maag
  • Menyehatkan tulang kita karena adanya kandungan kalsium dan fosfor tinggi
  • Memperkuat gigi agar bisa mengunyah makanan yang keras tanpa takut giginya patah.
  • Bantu meningkatkan energi di karenakan adanya kandungan protein dan karbohidrat dalam kulit sapi.
  • Menghilangkan rasa pedas dari makanan yang dikonsumsi.
  • Cocok dijadikan makanan pendamping untuk yang lagi program diet.
  • Melancarkan sisitem pencernaan dalam tubuh.

Demikian cara membuat kerupuk kulit sapi dan juga manfaat kerupuk kulit sapi untuk kesehatan. Bagi kalian yang sedang mencari uang tambahan, mejual kerupuk kulit sapi merupakan sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Dan, jika kalian tidak bisa membuat kerupuk kulit, tetapi kalian ingin mencoba peluang bisnis ini. Kalian dapat memulainya dengan mencoba berbisnis aneka kerupuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *