Uncategorized

Cara Mengolah Kulit Pisang Menjadi Keripik Renyah

Cara mengolah kulit pisang menjadi keripik yang renyah. Pisang merupakan salah satu  buah yang populer di kalangan berbagai gaya hidup dan kelompok...

Written by Ackles · 2 min read >
cara mengolah kulit pisang menjadi keripik

Cara mengolah kulit pisang menjadi keripik yang renyah. Pisang merupakan salah satu  buah yang populer di kalangan berbagai gaya hidup dan kelompok umur, dari yang muda hingga yang tua. Terkenal dengan warna kuning dan panjang, buah ini menawarkan rasa yang sangat enak dengan berbagai nutrisi dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Karena manfaat dan konsumsi pisang yang sangat besar oleh masyarakat luas, maka  banyak dibuat olahan dari buah pisang yang nantinya dapat dijadikan sebagai makanan, minuman maupun cemilan. Selama ini kebanyakan olahan pisang hanya terfokus pada pengolahan buah. Setelah  pisang dikupas dan diolah, kulitnya  menjadi sampah tak berguna yang terurai begitu saja. Oleh karena itulah lahir ide untuk membuat olahan  kulit pisang agar bermanfaat dan tidak  terbuang sia-sia.

Dianggap sebagai limbah yang tidak berguna, kulit pisang memiliki banyak manfaat untuk mengoptimalkan kulit pisang yang diolah menjadi camilan lezat berupa keripik kulit pisang. Banyak orang mengira bahwa olahan kulit pisang hanya soal rasa, padahal tidak memiliki nilai gizi. Namun ternyata hal tersebut tidak benar, karena kulit pisang banyak mengandung kandungan serat yang sangat tinggi, mengandung karbohidrat, protein, kalsium, vitamin C dan B. Jadi keripik pisang tidak hanya enak disantap, tetapi juga mengandung nutrisi yang baik. untuk tubuh.

Cara agar keripik menjadi enak dan gurih

Meski hanya terbuat dari kulit pisang, Keripik Kulit Pisang Olahan Lasio ini enak, beraroma, dan sedikit menggelitik lidah. Lasio yang juga Ketua Koperasi Agrowisata Murasa Boga Bantul (Amboy), Sidomulyo, Bambanglipuro, juga pernah membuat keripik kulit pisang dengan rasa yang berbeda. 

Meski sudah ditemukan sekitar bulan April 2013 lalu dan sudah di pasarkan, namun masih memungkinkan masyarakat untuk melihat resep pembuatan keripik pisang dari artikel yang Saya buat ini. Tidak sulit kok, hampir sama dengan cara membuat keripik lainnya. Tapi cara saya ini lebih menarik dan juga lebih simpel dari cara cara sebelumnya dari media mana saja.

Kini menggoreng keripik pisang bukan lagi pekerjaan rumah karena telah hadir vacuum fryir berkualitas yang berfungsi untuk menggoreng  sayur dan buah. tanpa mengurangi nutrisi yang ada.

Cara mengolah keripik kulit pisang

Berikut kumpulan rahasia  aneka kreasi dan variasi resep olahan kripik pisang dan/atau kripik pisang goreng garing yang enak, sajian nikmat istimewa yang termasuk buatan sendiri  (Homemade) sederhana, mudah dan praktis baik untuk dipakai sendiri maupun untuk dijual. dari berbagai perusahaan keripik dan keripik kentang kulit buah utuh untuk oleh-oleh khas daerah.

Bahan-bahan yang harus disiapkan :

  • Kulit pisang mentah
  • Air kapur sirih
  • Garam
  • Gula
  • Tepung
  • Minyak goreng

Cara mengolah kulit pisang menjadi keripik keripik, cara membuatnya :

  1. Kupas pisang. 
  2. Siapkan ikan cod dengan perbandingan 1 liter air dicampur dengan 1/2 sendok teh ikan cod putih. 
  3. Rendam kulit pisang dalam larutan air jeruk nipis selama 20 menit lalu angkat. 
  4. Siapkan larutan garam dari 1 liter air dicampur dengan 1 sendok teh garam. 
  5. Rendam kulit pisang dalam larutan garam selama 20 menit lalu angkat. 
  6. Siapkan larutan gula, perbandingannya 3 sendok gula dilarutkan dalam 1 liter air. 
  7. Rendam kulit pisang dalam larutan gula selama 20 menit lalu angkat. 
  8. Keringkan kulit pisang selama 8 jam. 
  9. Kulit pisang kering siap digoreng hingga berwarna kuning kecokelatan. 
  10. Anda bisa menggunakan adonan tepung, tambahkan kulit pisang ke dalam campuran tepung setelah langkah 4-7. 
  11. Jika keripik kulit pisang sudah menguning, angkat dan tiriskan. 
  12. Keripik Kulit Pisang siap dikemas dan disajikan bersama minuman panas.

Proses pembuatan keripik kulit pisang

Keripik kulit setelah makan  pisang, jangan dibuang kulitnya. Kulit pisang yang kaya akan vitamin B dan C serta mengandung banyak serat ini bisa kita olah menjadi cemilan yang enak yaitu keripik kulit pisang. Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah: kulit pisang  segar, larutan air jeruk nipis, larutan air garam (1 sendok teh garam dalam 1 liter air) dan larutan air gula (5 sendok teh gula dalam 1 liter air). 

Potong  kulit pisang dengan benar dan bersihkan dengan air. Rendam sekitar 20 menit dalam larutan kapur, lalu sekitar 10 menit dalam garam, dan terakhir sekitar 30 menit dalam larutan gula. Setelah direndam, potongan kulit pisang  dijemur selama sehari. Langkah terakhir adalah menggoreng hingga berwarna cokelat keemasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *