Uncategorized

Cara Bikin Minyak Kelapa Asli yang Sebelumnya Anda Belum Ketahui

Cara bikin minyak kelapa asli – Cara bikin minyak kelapa asli. Kelangkaan minyak goreng dan kenaikan harga yang tajam di pasaran telah...

Written by Ackles · 1 min read >
Cara bikin minyak kelapa asli

Cara bikin minyak kelapa asli – Cara bikin minyak kelapa asli. Kelangkaan minyak goreng dan kenaikan harga yang tajam di pasaran telah mempengaruhi kehidupan banyak orang. Minyak goreng merupakan salah satu komoditas penting dalam rumah tangga dan bisnis.

Dalam keadaan seperti ini, kita memang bisa mencari solusi. Salah satu opsinya adalah mengganti penggunaan minyak goreng dengan minyak kelapa asli saat memasak atau menggoreng. Minyak kelapa juga dapat dengan mudah disiapkan dengan cara tradisional.

Membuat minyak kelapa sendiri juga jauh lebih sehat karena sudah pasti tidak ada bahan pengawet. Selain untuk memasak, minyak kelapa juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Tentunya sebelum memulai bikin minyak kelapa asli ini, bahan utamanya yaitu Anda harus memiliki alat mesin vco terlebih dahulu, tidak usah khawatir Anda bisa membeli mesin vco itu yang sangat mudah untuk digunakan dan juga hasil yang memuaskan.

Cara Bikin Minyak Kelapa Asli

Cara bikin minyak kelapa asli

Perlu dipahami bahwa tidak semua minyak kelapa diciptakan sama. Ada beberapa cara alami untuk menghasilkan lebih banyak minyak daripada metode lainnya.

Padahal, dari 3 buah kelapa kira-kira kita bisa ? secangkir minyak kelapa. Di bawah ini adalah langkah-langkah pembuatan minyak kelapa murni.

1. Kupas kulitnya

Pegang kelapa dengan kuat di telapak tangan Anda, lalu dorong bagian belakang pisau ke dalamnya hingga pecah. Agar lebih mudah, Anda bisa membungkus kelapa dengan kain.

Jika menggunakan palu, ketuk-ketuk beberapa buah kelapa secara perlahan sampai kulit coklatnya retak. Kemudian dengan hati-hati kupas sisa kulitnya. Air kelapa bisa diminum.

2. Parut Daging Kelapa

Langkah pembuatan minyak kelapa selanjutnya adalah memarut daging kelapa dengan tangan menggunakan sisi parutan yang sudah halus. Selain itu, Anda juga bisa memarut kelapa menggunakan food processor atau blender.

3. Rendam dan Saring

Tambahkan sekitar 1-3 gelas air ke kelapa parut, gunakan cairan sebagai bantuan ekstra untuk memeras santan.

Peras santan dari serpihan kelapa dengan tangan. Anda juga bisa memelintirnya dengan keju. Kemudian saring santan melalui saringan untuk menghilangkan residu sebanyak mungkin.

4. Panaskan

Cara membuat minyak kelapa selanjutnya adalah dengan memasukkan santan ke dalam panci besar dan biarkan hingga panas. Namun, jangan sampai santannya mendidih. Cukup panaskan dan matikan, adonan jangan diaduk.

5. Dinginkan

Lalu biarkan santan dingin. Namun, Anda bisa membiarkannya hangat hingga mencapai suhu kamar. Juga, Anda dapat meninggalkannya di lemari es untuk sementara waktu.

6. Skim

Setelah dingin, Anda akan melihat lapisan lemak kelapa di atas air kelapa. Gunakan sendok untuk menghilangkan lemak di atasnya dan menambahkannya ke dalam wajan. Anda bisa menggunakan panci stainless steel untuk menaruh lemak.

7. Rebus

Aduk sedikit saja selama proses. Didihkan puding kelapa, lalu kecilkan api menjadi sedang dan masak selama kurang lebih 45 menit, tergantung sisa puding. Ini mengubah penampilan jus kelapa. Anda akan melihat bercak bening atau berminyak dan lendir kental berwarna abu-abu atau coklat. Minyak terpisah dari limbah yang dimasak. Terakhir, Anda bisa menggunakan sendok dan memisahkan keduanya.

8. Saring dan Dinginkan

Saring minyak melalui saringan atau kain katun tipis. Biarkan hingga benar-benar dingin dan gunakan untuk melembabkan rambut atau kulit Anda atau gunakan sebagai exfoliant.

Agar lebih praktis dan lebih baik dalam membikin minyak kelapa asli, Anda harus mempunyai mesin vco yang ini. Nah, itulah cara bikin minyak kelapa asli yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *