Dunia ternak, Hewan

Jenis Jenis Rumput Pakan Ternak yang Bernutrisi Tinggi

Jenis jenis rumput pakan ternak – Rumput adalah salah satu sumber pakan ternak yang banyak digunakan. Pakan ternak berupa rumput umumnya berasal...

Written by Ackles · 1 min read >
jenis jenis rumput pakan ternak

Jenis jenis rumput pakan ternak – Rumput adalah salah satu sumber pakan ternak yang banyak digunakan. Pakan ternak berupa rumput umumnya berasal dari rumput liar yang ada di pinggir sungai, hutan, maupun sawah.

Dikutip dari laman Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (29/9/2022), diperkirakan terdapat sekitar 10.000 spesies rumput di dunia.

Dari jumlah itu, kisaran biomassa yang dihasilkan sangat beragam, demikian juga kandungan nutrisinya. Rumput adalah makanan pokok ternak ruminansia seperti sapi, kambing dan domba.

Rumput dengan kandungan serat kasarnya sangat berperan dalam menjaga kesehatan dan fungsi rumen. Keberadaan serat dalam hijauan pakan (selulosa dan hemiselulosa) menjadi sumber energi bagi mikroba rumen.

Demikian halnya dengan mineral serta protein (terutama dari legum) merupakan sumber nitrogen bagi bakteri dan protein produk. Oleh karena itu, keberhasilan usaha ternak sapi, kambing, dan domba sangat bergantung pada ketersediaan pakan hijauan.

Untuk mendapatkan produktivitas ternak yang tinggi, diperlukan hijauan pakan dengan jumlah yang cukup dan nutrisi yang baik. Tanaman pakan juga dapat digolongkan sebagai sumber serat kasar, sumber energi, dan sumber protein.

Yang tergolong sumber serat dan energi adalah rumput (famili Graminae) seperti rumput alam, rumput gajah, king grass, daun jagung, dan lain-lain.

Adapun yang tergolong sumber protein adalah kacang-kacangan (famili Leguminosae) seperti gamal (Glirisidae), indigofera, turi, lamtoro, stylo, daun kacang tanah, dan lain-lain. Dalam komponen pakan ternak ruminansia, hijauan selalu mendapat porsi terbanyak yang diberikan, yaitu 60 sampai 100 persen.

Di antara semua jenis hijauan tersebut, ada yang mengandung nutrisi tinggi, mudah dibudidayakan, serta memiliki biomassa tinggi. Berikut beberapa jenis rumput yang bisa dijadikan pakan ternak bergizi.

Jenis Jenis Rumput Pakan Ternak

jenis jenis rumput pakan ternak

1. Rumput Gajah

Jenis rumput ini mengandung 10% protein kasar dan 31% serat kasar. Rumput gajah sangat disukai para peternak karena hasil produksinya yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis rumput hijauan pakan ternak lain.

Rumput ini juga memiliki usia panen yang relatif cepat dan proses penanaman yang mudah, sehingga banyak peternak yang memilih untuk budidaya rumput gajah ini untuk dijadikan pakan ternak.

2. Rumput Odot

Rumput ini mengandung sekitar 12% protein kasar, sehingga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein ternak. Nutrisi yang terkandung dalam rumput ini lebih tinggi dibandingkan dengan rumput gajah. Rumput odot pada musim penghujan lebih disukai hewan karena terasa lebih lunak dan memiliki palatabilitas yang baik.

3. Rumput Setaria

Rumput Setaria mengandung sekitar 27% serat kasar dan 8% protein kasar. Usia panen pertama kali jenis rumput ini sekitar 60-90 hari. Namun, sayangnya jenis rumput ini tidak tahan terhadap genangan dan akan mati apabila tempat tumbuhnya digenangi oleh air.

4. Rumput Pakchong

Jenis rumput yang berasal dari Thailand ini mengandung sekitar 16,45% protein kasar. Rumput Pakchong juga memiliki umur yang panjang, yaitu mencapai sembilan tahun dan sudah bisa dipanen pada usia 40-50 hari.

5. Rumput Kolonjono

Jenis rumput ini mengandung 35% serat kasar dan 7% protein kasar. Rumput Kolonjono dapat tumbuh dengan baik jika ditanam bersama tanaman legum, penanamannya pun sama dengan jenis Rumput Hijauan Pakan Ternak lain.

Anda juga bisa menggunakan mesin pencacah rumput untuk mempermudah anda, anda bisa mendapatkan mesin pencacah rumput dengan harga terjangkau hanya di rumah mesin.

Dari pembahasan jenis jenis rumput pakan ternak di atas, bisa disimpulkan bahwa pakan hijauan sangat baik untuk kebutuhan serat kasar dan protein kasar bagi hewan ternak. Maka dari itu akan sangat berguna jika para peternak berbudidaya jenis-jenis rumput di atas.

Selain dari rumput hijau pakan ternak, hewan ternak juga membutuhkan pakan tambahan seperti konsentrat untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *