Uncategorized

Resep Kue Talam Tepung Beras yang Mudah Untuk Dicoba!

Resep kue talam tepung beras – Resep kue talam tepung beras. Jajanan kue talam tepung beras pandan semakin sulit ditemukan. Padahal, jajanan ini...

Written by Ackles · 2 min read >
Resep Kue Talam Tepung Beras

Resep kue talam tepung beras – Resep kue talam tepung beras. Jajanan kue talam tepung beras pandan semakin sulit ditemukan. Padahal, jajanan ini merupakan salah satu jajanan lokal yang paling digemari.

Keistimewaan kue ini terletak pada teksturnya yang empuk dan lembut serta aroma santannya yang harum dan membuat asinnya nikmat.

Tidak ada alasan untuk meragukan rasa talamkaku, rasa manis dan asinnya langsung meledak begitu Anda memakannya. Demi nostalgia, yuk coba bikin resep kue tepung beras pandan dari saya.

Tentunya sebelum membuat kue talam tepung beras ini, Anda harus menyiapkan alat terlenbih dahlu yaitu mesin penepung, agar hasilnya lebih bagus Anda bisa menggunakan mesin penepung, mesin ini sangat mudah untuk digunakan dan dipakai.

Resep Kue Talam Tepung Beras Pandan

Bahan-Bahan

Lapisan Hijau:

  • Tepung beras – 150 gram
  • Santan – 400 ml
  • Gula pasir – 80 gram
  • Garam – 1/2 sdt
  • Pasta panda – 2 tetes
  • Daun pandan – 1 daun
  • Jumlah minyak yang tepat

Lapisan Putih:

  • Tepung beras – 50 gram
  • Santan – 200 ml
  • Garam – 1/4 sdt
  • Daun pandan – 1 daun.

Langkah-Langkah

Cara Membuat Lapisan Hijau:

  1. Siapkan panci untuk merebus santan, gula pasir, daun pandan, garam dan pasta pandan hingga mendidih. Matikan api dan sisihkan.
  2. Tuang santan yang sudah matang ke dalam 150g tepung beras, aduk hingga adonan kalis dan tidak menggumpal. menyisihkan
  3. Untuk mengukus, pertama-tama panaskan panci. Tunggu hingga air di dalam panci mendidih, siapkan loyang kue, olesi loyang tipis-tipis dengan minyak goreng.
  4. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga 3/4 penuh dan kukus dalam panci selama 20 menit.
  5. Sambil menunggu lapisan hijau selesai dibuat lapisan putih dari cetakan kue.

Cara Membuat Lapisan Putih:

  1. Rebus santan, garam dan daun pandan sampai airnya panas. Matikan api dan sisihkan.
  2. Tuang santan yang sudah matang ke dalam 50g tepung beras, aduk hingga adonan kalis dan tidak menggumpal.
  3. Buka kukusan, tuang adonan putih ke atas lapisan hijau sampai penuh.
  4. Kukus kembali loyang kue selama 15 menit hingga matang dan mengeras, lalu matikan api dan keluarkan dari oven. Tunggu kue dingin lalu keluarkan kue dari cetakan.
  5. Kue thalami tepung beras pandan yang lembut, manis dan lezat siap disantap.

Resep Kue Talam Tepung Beras Gula Merah

Resep Kue Talam Tepung Beras

Jika Anda suka ngemil, Anda pasti tahu apa itu kue talam tepung beras gula merah, dengan rasanya yang lezat, otentik, dan teksturnya yang kenyal.

Nah, dengan resep ini, Anda bisa membuat kue talam tepung beras gula merah tanpa tepung tapioka atau telur. Pastinya lebih murah.

Membuat kue tepung beras gula merah dengan resep ini juga sangat mudah dan tidak memakan banyak waktu. Bahkan pemula pun bisa melakukannya. Simak resep kue tepung gula merah murah tanpa tapioka dan telur sekarang juga. Ringkasan.

Bahan-Bahan Lapisan Gula Merah:

  • 150 gram tepung beras
  • 400 ml santan kental sedang
  • 150 gram gula merah/gula aren, sisir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan

Bahan-bahan Lapisan Putih:

  • 50 gram tepung beras
  • 200 ml santan kental sedang
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan

Cara Membuat:

  1. Siapkan panci, masukkan santan, gula merah sisir, garam dan daun pandan. Campur dengan baik. Masak hingga gula merah larut, tapi jangan sampai mendidih. Setelah gula merah larut, matikan api dan biarkan dingin atau hangat.
  2. Masukkan tepung beras ke dalam wadah. Tuang larutan gula merah yang sudah disaring. Aduk rata sampai tidak ada gumpalan.
  3. Pindahkan kue bolu coklat ke dalam gelas ukur agar lebih mudah menuangkan adonan ke dalam cetakan.
  4. Siapkan loyang lembaran dan tuang bolu coklat, sampai loyangnya tiga perempat penuh.
  5. Siapkan vaporizer dengan cara dipanaskan terlebih dahulu. Tempatkan cetakan di kukusan dan kukus dengan api sedang selama 20 menit.
  6. Sementara itu, siapkan adonan putihnya. Siapkan wajan, masukkan santan, garam dan daun pandan. Masak, aduk terus, sampai panas.
  7. Siapkan wadah, masukkan tepung beras dan tuang santan yang sudah disaring. Aduk rata hingga tepung beras bebas dari gumpalan.
  8. Setelah 20 menit berlalu dan permukaan lembaran gula merah belum bersih, tuang lapisan putih ke dalam setiap cetakan hingga terisi penuh.
  9. Kukus lagi kerak gula merah selama 15 menit hingga matang dengan api sedang. Angkat dan keluarkan dari cetakan setelah dingin.
  10. Kini kue tepung beras gula merah siap disajikan dan disantap.

Agar lebih praktis dan lebih baik dalam proses pembuatan kue talam ini, Anda harus mempunyai mesin penepung yang ini. Nah, itulah resep kue talam tepung beras yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Ekspor Olahan Sabut Kelapa

Ekspor Olahan Sabut Kelapa

Ackles in Uncategorized
  ·   1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *