Uncategorized

Mengenal Lebih Dalam Tentang Geocomposite dan Kegunaannya

Pembangunan jalan adalah proses konstruksi yang sangat diprioritaskan untuk semua masyarakat karena jalanan adalah faktor terpenting dalam keberlangsungannya hamper semua bidang yang...

Written by Ackles · 2 min read >

Pembangunan jalan adalah proses konstruksi yang sangat diprioritaskan untuk semua masyarakat karena jalanan adalah faktor terpenting dalam keberlangsungannya hamper semua bidang yang bersangkutan dengan kehidupan, dapat berjalan dengan lancar melalui jalur darat dengan lancer dan selamat. Ambulan adalah salah satu kendaraan yang memerlukan akses jalan yang bagus agar pasien yang dibawa tidak terguncang karena lubang atau jalanan yang bergelombang dan ambulan dapat melaju dengan kecepatan yang konstan tanpa takut melewati jalanan yang rusak. Oleh sebab itu, Ketika sedang proses konstruksi infrastruktur, diperlukannya analisis kontur dan tekstur tanah untuk mengetahui apakah tanah yang akan dijadikan fondasi adalah unsur yang kuat dan kokoh.

Bila tanah yang akan digunakan untuk pembangunan tidak memungkinkan untuk secara mentah dibangun di permukaannya dapat ditambahkan produk geosynthetics untuk memberikan perkuatan pada tanah agar menjadi solid sebagai salah satu solusinya. Produk yang dapat meningkatkan tingkat ketahanan tanah dalam hal ketahanan atas gaya tarik dan tekanan untuk tanah dapat menjadi medium yang mampu dilalui para pengguna jalan.

Sebagai supplier produk geosynthetics, PT. Pandu Equator Prima menyediakan berbagai macam produk yang dapat memecahkan solusi untuk tanah yang lunak agar dapat digunakan menjadi fondasi yang kokoh. Produk yang ditanam di dalam tanah untuk menambahkan kekuatan dan kualitas tanah timbunan supaya menjadi konstruksi yang stabil dan solid.

Apa Itu Geocomposite?

Geocomposite itu sendiri adalah gabungan dan kombinasi antara dua atau lebih material geosynthetics untuk menghasilkan material dengan fitur dan fungsi sesuai dengan kebutuhan dengan keunggulan dari material-material yang digabungkan. Geocomposite terbuat dari material geotextile composite yang jenisnya paling banyak digunakan. Material non-woven geotextile diperkuat dengan benang polyester yang dijahit secara dua arah menggunakan mesin berteknologi tinggi. Selain itu, geocomposite juga memiliki gabugan dengan woven geotextile yang juga dijahit menjadi satu.

Geocomposite jenis Geogrid Composite adalah perpaduan dari material geotextile non-woven dan geogrid di mana geotextile berfungsi sebagai filter dan drainase sementara geogrid sebagai reinforcement yang digunakan untuk perkuatan tanah lereng dan timbunan.

Geocomposite jenis Geonet Composite adalah perpaduan dari geotextile non-woven dan geonet di mana salah satu sisi atau kedua sisi geonet dilapisi dengan geotextile sehingga fungsi pemisah dan filtrasi menjadi lebih baik. Geocomposite ini dikenal juga sebagai geocomposite drainase karena cairan akan masuk melalui pori-pori geotextile dan kemudian akan mengalir secara horizontal ke dalam geonet menuju collecting drain.

Geocomposite memiliki berbagai fungsi dalam pengaplikasiannya dalam konstruksi. Pada konstruksi pembuatan jalan, Non-Woven Geocomposite berfungsi sebagai separator dan perkuatan yang memisahkan antara lapisan tanah asli dengan timbunan di atasnya untuk menaikkan kekuatan perkerasan pada timbunan yang meniban geocomposite.

Dalam konstruksi jalanan, Ketika ban kendaraan memberikan beban kepada perkerasan, beban tersebut akan ditahan Sebagian oleh perkerasan dan sebagain akan disalurkan kepada subgrade. Apabila Geocomposite tidak digunakan dalam lapisan bawah perkerasan maka beban akan secara langsung disalurkan ke subgrade yang mengakibatkan masuknya material perkerasan ke dalam lapisan tanah. Dalam jangka Panjang akan merusak lapisan perkerasan, mengakibatkan infrastruktur jalan rusak.

Non-Woven Geocomposite juga dapat digunakan pada konstruksi bendungan ataupun tanggul untuk memperkuat struktur penahan dari longsor. Pada konstruksi timbunan tanah, Non-Woven Geocomposite memiliki fungsi utama yaitu sebagai separator tanah asli dan tanah timbunan. Geocomposite juga berfungsi sebagai perkuatan yang mampu meratakan beban tanah timbunan pada saat disalurkan ke tanah asli yang memperkecil potensi penurunan tanah yang dapat berdampak pada kerusakan tanah timbunan.

Baca Juga: Sekilas Mengenai Aplikasi dan Fungsi Geotextile

Aplikasi Geocomposite

Ada banyak cara pemakaian geocomposite berdasarkan pada konstruksi infrastruktur apa yang sedang membutuhkan, berikut adalah pengaplikasian geocomposite di berbagai konstruksi:

  • Konstruksi jalan
  • Konstruksi jalan kereta api
  • Timbunan tanah
  • Longsoran atau slope protection
  • Bendungan
  • Reklamasi
  • Break water
  • Revetment dan riprap pantai
  • Dinding penahan tanah
  • Perkuatan dibawah pondasi

Fungsi Geocomposite

Dengan berbagai fungsi yang dapat diperoleh dari penggunaan geocomposite, berikut adalah keunggulan-keunggulan geocomposite yang diperoleh saat menggunakannya:

  • Mempunyai kekuatan tarik untuk arah panjang dan lebar
  • Penetrasi air tinggi
  • Filtrasi yang baik
  • Elastik, Efisien dan efektif

Sebagai kesimpulan, geocomposite adalah salah satu dari sekian banyak material geosynthetics yang dapat digunakan untuk memperbaiki dan mengokohkan fondasi tanah yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur. PT. Pandu Equator Prima menerima konsultasi tentang produk geosynthetics yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan dan permintaan konsumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *