Otomotif

AC Mobil Tidak Dingin Bisa Jadi Tanda Freon Perlu Ditambah

Written by Beend · 55 sec read >

AC mobil merupakan salah satu faktor yang dapat menunjang kenyamanan para penggunanya. Namun seiring berjalannya waktu kondisi AC mobil akan berkurang performanya. Hal tersebut mengakibatkan AC mobil tidak dingin dan membuat perjalanan menjadi tidak senyaman biasanya. Kondisi tersebut bisa saja tanda jika jumlah Freon pada AC mobil sudah mulai berkurang.

Freon sendiri merupakan sebuah senyawa kimia yang dapat berubah bentuk dari bentuk cair menjadi bentuk gas dalam system AC mobil. Freon juga dapat membuat suhu berubah-ubah, sehingga ketika dihembuskan AC akan mengeluarkan udara dingin yang menyejukkan. Sebenarnya Freon pada system AC mobil tidak akan berkurang. Namun jika terjadi kebocoran maka jumlah Freon pada system AC mobil bisa berkurang atau bahkan habis.

Bila jumlah Freon berkurang, maka AC mobil tidak akan terlalu dingin atau bisa saja tidak dingin sama sekali. Namun bukan hanya hal tersebut saja yang menjadi tanda jika Freon pada mobil mulai berkurang. Ciri lain yang bisa dirasakan saatu jumlah Freon mulai berkurang adalah udara yang dihembuskan oleh AC mobil terasa bau apek. Bau apek tersebut berasal dari evaporator kotor dan lembab. Karena kondisi tersebutlah membuat embusan udara dari AC mobil jadi bau apek dan tidak segar.

Akan lebih parah jika komponen evaporator sudah dalam kondisi yang sangat kotor. Pasalnya kondisi tersebut akan membuat bau menjadi lebih menyengat dan membuat tidak nyaman. Jika sudah seperti itu maka anda harus menghubungi service AC mobil yang terpercaya untuk segera mengatasinya. Freon yang baru diganti bisa menghilangkan bau apek pada AC. Oleh sebab itu jangan lupa untuk mengecek jumlah Freon pada AC.