Teknologi

Tips menentukan kamera CCTV Outdoor terbaik

CCTV outdoor merupakan perangkat kamera pengawas yang dibuat dan didesain khusus untuk pemakain luar ruangan. Oleh karena itu, harga kamera pengintai outdoor...

Written by Beend · 2 min read >
cctv outdoor

CCTV outdoor merupakan perangkat kamera pengawas yang dibuat dan didesain khusus untuk pemakain luar ruangan. Oleh karena itu, harga kamera pengintai outdoor ini biasanya lebih mahal daripada indoor. Karena, jenis kamera pengintai untuk luar ruangan harus kokoh dan kuat dari terpaan angin, debu, air hujan dan lainnya.

cctv outdoor terbaik berkualitas

Walaupun demikian, kepemilikan kamera pengintai outdoor ini merupakan suatu keharusan. Terlebih bagi anda yang ingin keamanan maksimal di rumah, kantor, gudang ataupun gedung-gedung lainnya. Karena dengan adanya kamera pengawas ini penjahat, maling ataupun orang iseng akan berpikir matang-matang jika ingin melakukan tindak kejahatan.

Fungsi dan Manfaat CCTV Outdoor Sehari-hari

CCTV pemakain luar ruangan ini memiliki fungsi yang sama dengan versi indoornya yaitu merekam keadaan sekitar sebagai bentuk pengawasan dari berbagai kemungkinan terburuk. Namun, manfaat yang dapat dirasakan dengan menggunakan CCTV outdoor ini justru lebih baik, seperti:

  1. Memiliki kualitas kamera yang lebih baik daripada versi indoor sehingga hasil gambar video lebih baik dan jernih.
  2. Daya tahan lebih baik karena dilapisi dengan pelindung IP67 yang tahan terhadap air. Bahkan anda bisa menemukan kamera pengintai yang tahan terhadap debu, air, bahkan ledakan.
  3. Beberapa CCTV ini dilengkapi dengan berbagai sensor seperti infrared, night vision dan motion sensor sehingga performa kinerjanya menjadi lebih baik.

Tentunya masih banyak lagi manfaat dari pemakaian produk pengawasan ber teknologi digital tersebut. Namun, dengan menggunakan CCTV ini anda pasti merasakan 3 manfaat diatas.

Kiat dan Cara Memilih CCTV Outdoor Terbaik

1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan, Jumlah dan Penempatan

Kiat awal dalam memilih CCTV outdoor adalah menentukan tempat yang akan dipasang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Selain itu, anda bisa memperkirakan berapa banyak kamera pengintai yang ingin dipasang dari kebutuhan ini.

Karena jumlah penggunaan kamera pengawas outdoor berbeda jika diperuntukkan di rumah, gudan ataupun kantor. Untuk rumah, mungkin 1-3 CCTV ini bisa dipasang seperti di bagian teras, garasi, halaman belakang. Namun, hal ini harus disesuaikan dengan model rumah masing-masing.

Penggunaan kamera pengawas satu ini akan semakin banyak jika digunakan untuk perkantoran, mall, gedung besar serta gudang. Karena terdapat banyak area parkir, lobi dan terus utama dan lainnya yang perlu dipantau secara terus menerus.

Nah, dengan mengetahui kebutuhan dan penempatannya anda bisa menentukan jumlah CCTV yang dibutuhkan. Setelah itu, anda bisa mempertimbangkan hal-hal lainnya.

2. Bandingkan dengan Keuangan yang Ada

Jumlah serta merek dan jenis CCTV outdoor yang akan dibeli haruslah disesuaikan dengan keuangan yang ada. Karenanya anda bisa memilih berbagai kamera pengawas outdoor ini berdasarkan harga serta spesifikasi yang diinginkan.

Jangan sampai anda berhutang untuk membeli peralatan ini, terkecuali anda bisa memastikan dengan baik waktu pelunasannya. Namun, jika perkiraan waktu untuk membayarnya lama maka lebih baik menggunakna CCTV dengan merek serta spesifikasi yang lebih rendah atau paket cctv murah mengingat harganya kompetitip pastinya.

3. Sesuaikan dengan Jenis dan Merek CCTV

Kiat memilih CCTV outdoor lainnya adalah dengan memilih jenis dan merek kamera pengawas tersebut. Setiap kamera pengawas outdoor memiliki seri dan fitur yang berbeda-beda.

Jenis kamera pengintai outdoor yang bisa anda pilih adalah wireless atau memakai kabel koaksial. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, jika anda ingin praktis, kualitas baik dan kemudahan konektifitas dengan perangkat lainnya maka pilihlah wireless. Tapi, jika anda menginginkan pengamanan penuh untuk waktu yang lama maka pilihlah yang memakai kabel.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah harga yang ditawarkan. Karena secara umum semakin bagus merek dan fitur yang diberikan maka semakin mahal pula harganya.

Namun, anda bisa melakukan perbandingan untuk setiap merek yang ada dipasaran. Beberapa merek CCTV yang mudah ditemukan adalah Hikvision, Dahua, Samsung, Sony dll. Anda bisa membandingkan setiap merek beserta dengan keuangan serta paket yang disediakan oleh produsen.

4. Perawatan dan Garansi

Cara memilih CCTV outdoor lainnya adalah dengan memperhatikan garansi yang diberikan. Karena dengan adanya garansi tersebut, anda bisa melakukan klaim serta perbaikan ketika terjadi suatu masalah pada kamera pengawas tersebut. Selain itu, pemberian garansi juga menunjukkan bahwa perusahaan CCTV tersebut memiliki kredibilitas yang baik.

Hal lain yang patut anda pertimbangkan adalah perawatan. Beberapa perusahaan kamera pengawas juga menyediakan jasa perawatan secara berkala. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut agar kamera pengintai yang terpasang selalu berada pada kondisi yang optimal. Tetapi apabila anda menggunakan layanan jasa CCTV profesional tentunya perawatan ini menjadi efektif dan fleksibel bagi anda yang memiliki keterbatasan waktu untuk merawatnya

5. Perangkat Tambahan CCTV Outdoor

Cara memilih CCTV outdoor berikutnya adalah melihat butuh berapa banyak perangkat tambahan yang ada. Karena beberapa kamera pengintai hanya perlu media penyimpanan MicroSD, tidak memakai kabel, serta bisa dihubungkan dengan smartphone. Namun, penggunaan CCTV satu ini cocok untuk di rumah atau toko kecil.

Namun, untuk perkantoran dan gedung besar penggunaan kamera pengawas lengkap dengan DVR, kabel, HD, adaptor dan peralatan lainnya lebih direkomendasikan. Namun, anda harus memiliki ruangan khusus untuk hal tersebut.

Itulah 5 tips dan cara memilih CCTV outdoor yang bisa anda gunakan ketika akan mencari kamera pengawas tersebut. Dengan mengetahui hal tersebut anda bisa memilih kamera pengintai terbaik sesuai dengan kebutuhan serta keuangan masing-masing.

(Source) sumber : https://www.tokocctvlive.com/blog/jasa-cctv-sukamandi-ciasem/