Cleaning Service

Mengetahui Cara Cuci Karpet Masjid yang Baik dan Benar

Cara Cuci Karpet Masjid: Karpet masjid adalah salah satu perlengkapan yang banyak dibutuhkan untuk kenyamanan tempat ibadah. Adanya karpet masjid ini membuat...

Written by Beend · 1 min read >
Cara Cuci Karpet Masjid

Cara Cuci Karpet Masjid: Karpet masjid adalah salah satu perlengkapan yang banyak dibutuhkan untuk kenyamanan tempat ibadah. Adanya karpet masjid ini membuat orang yang sedang beribadah bisa lebih merasa nyaman tanpa ada gatal. Sebagai alas untuk shalat, maka karpet masjid harus selalu dijaga kebersihannya. Cara cuci karpet masjid harus dilakukan dengan cara yang tepat.

Akan tetapi, permasalahannya karpet di masjid mudah sekali terkena kotoran. Sebab, setiap hari selalu diinjak banyak orang yang beribadah dan melakukan acara keagamaan. Selain itu kotoran juga bisa disebabkan oleh debu yang masuk dari pintu atau jendela masjid yang terbuka. Tak heran jika banyak kotoran yang menempel pada karpet.

baca juga : cuci karpet masjid bandung

Cara Cuci Karpet Masjid

 

Salah satu perawatan karpet masjid yang paling tepat yaitu dengan cara dibersihkan dan dicuci. Lalu bagaimanakah cara mencuci karpet masjid yang baik dan benar? Berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Bersihkan Memakai Vacuum Cleaner

Untuk cara membersihkan karpet masjid untuk menghilangkan debu-debunya paling efektif yaitu dengan menggunakan vacuum cleaner. Sebelum karpet disiram air, sebaiknya debu terlebih dahulu dibersihkan, sehingga pembersihannya bisa menjadi lebih mudah.

 

  1. Gantungkan Karpet Pada Jemuran Khusus

Supaya bisa lebih memudahkan pekerjaan anda, sebaiknya karpet terlebih dahulu  digantungkan pada tempat jemuran khusus. Jangan mencuci karpet langsung di atas lantai, sebab ini bisa mempersulit anda.

 

  1. Semprot dengan Air Dengan Tekanan Tinggi

Cara cuci karpet masjid agar bisa menjadi semakin mudah, sebaiknya memakai air yang memiliki tekanan tinggi. Jika hanya disiram dengan gayung saja kotorannya tidak akan hilang.

Jika disemprot dengan air yang bertekanan tinggi, debu yang masuk ke dalam karpet bisa keluar dan hanyut terbawa air. Semprotkan air dengan cara merata pada semua permukaan karpet dari bagian atas hingga ke bagian bawahnya.

baca juga: jasa cuci karpet masjid bandung

Gunakan sabun khusus untuk karpet, lalu gosoklah menggunakan sikat yang halus. Untuk penjemurannya karpet bisa diangin-anginkan saja.

Karpet yang baru saja dicuci pada umumnya mempunyai bau yang tidak sedap. Selain menggunakan pewangi, anda dapat menggunakan bahan alami agar baunya yang tidak sedap bisa hilang.

Baking soda merupakan bahan alami yang paling tepat untuk anda pakai sebagai penetralisir bau.  Sebarkan baking sodanya dan bersihkan lagi dengan menggunakan vaccum cleaner.