Kuliner

Cara Membersihkan Chest Freezer Dengan Mudah Dan Cepat

Chest Freezer adalah salah satu jenis mesin pendingin makanan yang biasanya kita temui di berbagai toko dan minimarket. Mesin pendingin ini biasa...

Written by Beend · 1 min read >

Chest Freezer adalah salah satu jenis mesin pendingin makanan yang biasanya kita temui di berbagai toko dan minimarket. Mesin pendingin ini biasa digunakan oleh toko, minimarket, dan swalayan untuk memajang es krim atau pengawet ikan dan daging segar. Sebagai mesin pendingin yang banyak ditemui di berbagai toko, chest freezer banyak dijual di berbagai toko mesin pengolah makanan.

Sebagaimana umumnya mesin, termasuk mesin pendingin, chest freezer perlu dibersihkan secara teratur dan berkala untuk menjaga kualitasnya. Namun, umumnya orang-orang hanya membersihkannya dengan cara mencairkan es yang ada pada bagian dalam chest freezer. Padahal seharusnya, untuk membersihkan chest freezer secara optimal harus juga dibersihkan secara menyeluruh bagian dalam mesin pendinginnya.

Mencairkan es pada chest freezer lalu membuangnya sebelum digunakan kembali memang salah satu hal yang penting dalam proses membersihkan mesin. Tetapi, hal tersebut bukan satu-satunya hal yang dilakukan untuk membersihkan mesin chest freezer agar tetap bersih dan awet. Agar mesin chest freezer bisa tetap terjaga kualitasnya serta tahan lama, berikut adalah cara yang harus dilakukan:

Cabut colokan pada chest freezer

Pertama yang harus dilakukan sebelum memulai membersihkan mesin chest freezer adalah cabutlah dulu colokan listrik pada mesin. Walaupun pada mesin chest freezer terdapat tombol on/off sebaiknya tetap cabut sambungan listrik yang ada pada mesin. Mencabut aliran listrik pada chest freezer berguna untuk mencegah kemungkinan sengatan listrik dan cedera saat membersihkan mesin.

Keluarkan bahan makanan dari mesin

Kedua, setelah mencabut aliran listrik pada mesin chest freezer maka keluarkan semua makanan dari mesin dan pindahkan. Saat mengeluarkan dan memindahkan bahan makanan dari mesin chest freezer pisahkan makanan berdasarkan tanggal kadaluarsanya agar mudah ditata ulang. Lalu setelahnya, simpan masing-masing jenis bahan makanan tersebut ke freezer lainnya atau ke dalam tas penyimpanan tertutup untuk sementara.

Cairkan es yang ada di dalam mesin

Ketiga, setelah semua bahan makanan dipindahkan ke tempat lain, selanjutnya adalah cairkan es yang ada di dalam mesin. Pencairan es bisa dilakukan dengan mendiamkan mesin untuk waktu beberapa jam dengan membiarkan penutup pada chest freezer tetap terbuka. Untuk mempercepat proses pencairan dengan menaruh wadah berukuran besar berisi air panas di dalam chest freezer kemudian tutup penutupnya.

Mulailah membersihkan mesin chest freezer

Keempat, setelah semua es yang ada di mesin telah mencair, buang airnya dengan melalui saluran drainase dan mulailah membersihkan mesin. Ketika membersihkan mesin, gunakan jenis pembersih yang lembut seperti sabun cuci piring ditambah baking soda dan larutkan dalam air hangat. Basahi kain yang lembut dengan menggunakan campuran tersebut dan gosokkan pada seluruh bagian dalam mesin chest freezer hingga bersih.

Bilas lalu keringkan bagian dalam mesin

Kelima, setelah seluruh bagian dalam mesin chest freezer dibersihkan, bilaslah dengan menggunakan air bersih untuk menghilangkan sisa pembersihan sebelumnya. Setelahnya, buang lagi air bilasan yang ada di dalam mesin chest freezer melalui saluran drainase mesin tersebut. Lalu, keringkan mesin dengan membiarkannya kering dengan sendirinya atau keringkan dengan melapnya menggunakan kain kering yang bersih.

Nyalakan mesin dan tata kembali isian chest freezer

Terakhir, setelah mesin dibersihkan dan dikeringkan, selanjutnya nyalakan mesin chest freezer dengan mencolokkan pada aliran listrik. Setelah itu, nyalakan mesin chest freezer agar kembali dingin dan tata kembali bahan makanan yang dipindahkan sebelumnya ke dalam mesin.