Kuliner

Cara Membersihkan Mesin Pembuat Es Dari Kerak Es Dan Debu

Mesin pembuat es adalah salah satu jenis mesin yang bisa digunakan untuk membuat es dalam jumlah besar. Alat atau mesin pembuat es...

Written by Beend · 1 min read >

Mesin pembuat es adalah salah satu jenis mesin yang bisa digunakan untuk membuat es dalam jumlah besar. Alat atau mesin pembuat es sendiri biasanya banyak digunakan untuk keperluan komersial seperti untuk berjualan minuman dan sejenisnya. Selain itu, mesin pembuat es sudah cukup mudah untuk dibeli dan didapatkan di berbagai toko mesin pengolah makanan.

Mesin pembuat es biasanya merupakan salah satu home appliance yang sering digunakan namun jarang dibersihkan secara rutin. Padahal, dengan melakukan perawatan dan dibersihkan secara rutin, mesin pembuat es akan lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Disamping itu, mesin pembuat es yang jarang dibersihkan juga mempengaruhi rasa dan kualitas dari es yang dihasilkan dari mesin tersebut.

Membersihkan mesin sangat penting dilakukan karena bekas air yang digunakan akan meninggalkan kerak es yang mengandung debu dan kotoran. Kerak es yang mengandung debu dan kotoran tersebut nantinya bisa saja terlarut pada es dalam proses pembuatan es selanjutnya. Hal tersebut tentu saja mempengaruhi kualitas dan rasa dari es yang dihasilkan dari mesin pembuat es tersebut.

Karena hal-hal tersebut, mesin pembuat es harus selalu dibersihkan dan dirawat secara rutin agar tetap aman dan juga awet. Berikut adalah cara untuk membersihkan mesin pembuat es dari kerak es dan debu agar tetap terjaga kualitasnya:

Matikan mesin pembuat es

Pertama yang harus dilakukan sebelum memulai untuk membersihkan mesin pembuat es adalah matikan terlebih dahulu mesinnya. Ini berguna untuk mencegah agar listrik tidak mengalir di mesin pembuat es ketika dibersihkan nantinya. Kemudian, matikan juga aliran air yang mengarah ke mesin pembuat es agar air tidak menetes ke dalam mesin nantinya.

Kosongkan isi mesin

Kedua, setelah memutus aliran listrik dan aliran air ke mesin pembuat es, selanjutnya adalah kosongkan isi mesin. Kosongkan dan buang semua sisa air serta es yang ada di dalam mesin pembuat es hingga tidak ada sisa.

Pisahkan bagian-bagian mesin

Ketiga, setelah mesin pembuat es dikosongkan dari sisa es dan air, lalu kemudian bongkar mesin pembuat es. Bongkar dan pisahkan masing-masing bagian mesin pembuat es sesuai dengan instruksi manual yang ada di mesin pembuat es tersebut.

Bersihkan setiap bagian secara menyeluruh

Keempat, setelah memisahkan bagian-bagian dari mesin pembuat es, selanjutnya bersihkan setiap bagian tersebut secara menyeluruh. Untuk membersihkan bagian yang terdapat kerak es, gunakan lap yang dibasahi dengan air hangat dan gosokkan dengan lembut agar mencair. Di bagian lain cukup digosokkan dengan lembut agar debu dan kotoran di mesin bisa terangkat.

Bilas dengan air bersih

Kelima, setelah dibersihkan setiap bagian tersebut, maka selanjutnya adalah bilas bagian yang sudah dibersihkan dengan air bersih. Bilaslah semua bagian hingga semua sisa kotoran dan debu serta sisa pembersihan bisa hilang dari mesin pembuat es.

Pasang kembali dan lap dengan kain lembut

Keenam, setelah dibilas dengan air bersih dan semua kotoran hilang, pasang kembali semua bagian mesin yang telah dipisahkan. Kemudian, setelah mesin terpasang kembali, lap semua bagian permukaan mesin pembuat es dengan menggunakan kain yang lembut. Setelahnya, biarkan mesin pembuat es tersebut kering secara menyeluruh.

Nyalakan kembali mesin pembuat es

Ketujuh, setelah mesin pembuat es sudah dibersihkan dan sudah benar-benar kering, pasang kembali aliran listrik dan airnya. Lalu setelah aliran listrik dan aliran air ke mesin terpasang, nyalakan kembali mesin pembuat es tersebut.

Buat setumpuk es lalu buang

Terakhir, sebelum digunakan untuk membuat es untuk keperluan konsumsi, buatlah setumpuk es terlebih dahulu. Saat setumpuk es tersebut jadi, buanglah seluruh es yang baru dibuat tersebut dan mesin pembuat es bisa digunakan lagi setelahnya.